Cityawesome.com – Destinasi Wisata Sejarah Terpopuler Di Indonesia. Berwisata memang identik dengan liburan dan kesenangan. Namun jika di gali lebih jauh lagi, berwisata tidak hanya untuk sekedar liburan melainkan bisa mendapatkan pengetahuan tambahan.

Untuk kamu yang belum tahu, ternyata di Indonesia banyak lho destinasi wisata bersejarah yang bisa memberikanmu ilmu pengetahuan baru. Tentunya juga dengan pengalaman liburan yang pastinya mengasyikan.

Terutama untuk generasi milenial, penting banget buat kamu mengenal dan belajar tentang sejarah yang ada di Indonesia. Lalu apa saja destinasi wisata bersejarah yang ada di Indonesia yang wajib banget kamu kunjungi? Cityawesome sudah merangkumnya untuk kamu.

Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata sejarah yang ada di Indonesia. Pastikan kamu sudah berkunjung kesalah satunya ya.

1. Candi Borobudur

Candi borobudur memang tidak pernah tertinggal sebagai destinasi bersejarah yang ada di Indonesia bahkan dunia. Di bangun pada era Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra pada tahun 825 M. Candi borobudur memiliki tinggi 42 meter yang terdiri dari 10 tingkat.

Destinasi Wisata Sejarah 1. Candi Borobudur

Gunadharma selaku arsitek dari Candi Borobudur berhasil membuat 2672 panel relief yang menghiasi seluruh permukaan candi bercorak budha terbesar itu. Di area candi juga biasanya terdapat pemandu tur yang siap menceritakan kisah yang mereka ketahui tentang candi Borobudur ini. Tentunya kamu akan mendapatkan pengetahuan baru dan mengesankan.

2. Masjid Menara Kudus

Destinasi bersejarah di Indonesia selanjutnya adalah Masjid Menara Kudus. Masjid yang di bangun pada tahaun 1549 ini memiliki perpaduan kebudayaan antara Hindu, Budha, dan Islam. Hal ini di karenakan pada masa pembangunannya, kepercayaan hindu budha yanag masih sangat kental.

Destinasi Wisata Sejarah 2. Masjid Menara Kudus

Masjid ini berdiri kerena kerja keras Sunan Kudus dan anggota lainnya yang menyebarkan ajaran Islam di pulau Jawa. Menjadi objek wisata sejarah di Indonesia yang cukup populer, masjid Menara Kudus ini memiliki ciri khas yaitu sebuah menara setinggi 18 meter. Selain itu masjid ini juga menjadi salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia.

Baca Juga:  4 Spot Surfing Terbaik Di Indonesia

Jika kamu berkunjung ke masjid ini, kamu tidak hanya akan melihat keindahannya. Melainkan kamu juga bisa sekaligus berziarah ke makan Sunan Kudus yang letaknya tepat berada di sisi barat masjid.

3. Fort Rotterdam

Salah satu destinasi bersejarah di Indonesia yang gak boleh kamu lewati adalah Fort Rotterdam. Terletak di pinggir pantai sebelah barat kota Makassar, benteng ini di bangun pada masa kerjaan Gowa – Tallo. Namun sebelum ini, Fort Rotterdam memiliki nama Benteng Ujung Pandang.

Awalnya bangunan yang di bangun tepat pada masa pemerintahan raya Gowa ke 9 tahun 1667 ini menjadi saksi bagaimana pemerintahan kolonial belanda yang sukses menjajah bangsa indonesia dan langsung kehilangan kekuasaannya beberapa saat kemudian.

Destinasi Wisata Sejarah 3. Fort Rotterdam

Setelah kerajaan Gowa harus mengakui kekalahan kepada pihak penjajah, benteng ini kemudian di serahkan kepada VOC dan di ganti dengan nama Fort Rotterdam. Kemudian benteng ini di manfaatkan menjadi pusat pertahanan sekaligus penampungan rempah untuk kawasan Indonesia timur.

Dan beberapa waktu kemudian saat pemerintah kolonial belanda goyah, pasukan yang di pimpin oleh Sultan Hassanudin merebut kembali kekuasaan dari benteng Fort Rotterdam ini.

4. Taman Sari

Jika kamu ingin mengunjungi destinasi wisata bersejarah yang cukup ikonik, kamu bisa berkunjung ke Taman Sari. Bangunan yang di bangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I ini membutuhkan waktu 9 tahun hingga akhirnya bisa berdiri kokoh hingga sekarang.

4. Taman Sari

Taman sari memiliki luas yang mencapai 10 hektar yang di lengkapi dengan kolam pemandian, jembatan gantung, dan kanal air. Tentunya destinasi wisata bersejarah ini telah melewati beragam peristiwa bersejarah mulai dari penjajahan Belanda dan Jepang, kemerdekan Indonesia hingga bencana gempa bumi yang terjadi pada tahun 1876.

Baca Juga:  Liburan Anti Mainstream di Bali , Yuk Cek Disini

5. Kota Lama Semarang

Jika kamu berkunjung ke kota Semarang, kurang lengkap rasanya jika tidak mampir ke kota lama Semarang. Kawasan ini sempat menjadi perdagangan yang riuh di abad 19 hingga abad 20. Di sana kamu akan melihat puluhan bangunan kuno yang masih berdiri kokoh dan pastinya memiliki nilai sejarah yang tinggi.

5. Kota Lama Semarang

Selain itu kamu juga akan melihat bangunan dengan arsitektur Eropa era 1700. Bangunan tersebut di lengkapi dengan atap yang unik, penggunaan kaca warna – warni, dan ukuran pintu dan jendela yang terbilang besar.

6. Monumen Nasional

Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah Monas. Monumen Nasional ini bukan hanya menjadi simbol kota Jakarta melainkan simbol Indonesia. Jika kamu berkunjung ke Monas, nantinya kamu akan melihat berbagai fasilitas rekreasi sekaligus melihat indahnya pemandangan jakarta menggunakan teropong.

6. Monumen Nasional

Tidak hanya itu saja, akan ada 51 diorama yang menggambarkan sejarah Indonesia mulai dari zaman pra sejarah hingga masa modern saat ini. Tentunya kamu akan mendapatkan pengalaman dan ilmu baru di sana.

Itulah beberapa destinasi wisata sejarah yang terdapat di Indonesia yang bisa menjadi referensi liburan kamu. Tentunya dengan berkunjung ke destinasi bersejarah, kamu tidak hanya akan mendapat pengalaman seru melainkan pengetahuan yang belum pernah kamu dapatkan sebelumnya.***