Cityawesome.com – Deretan Kota Terhijau Di Dunia Yang Ramah Lingkungan. Tinggal di kota biasanya akan memberikan kita pemandangan yang bising, keramaian aktifitas masyarakat, dan tidak jarang pula memaksa kita untuk menghirup polusi udara yang terbilang kotor.

Tidak jarang juga masyarakat perkotaan yang merindukan suasana desa. Hal ini pastinya di karenakan suasana desa yang cenderung tentram dengan udara yang masih asri.

Namun, ada beberapa kota yang menjadi kota terhijau dan tentunya akan memberikan pengalaman yang sama seperti saat tinggal di desa. Pastinya hal ini tidak luput dari kebiasaan masyarakat yang selalu menjaga kebersihan dengan baik dan menjaga lingkungan serta alam sekitar.

Berikut ini adalah beberapa kota terhijau di dunia yang ramah lingkungan dan pastinya akan membuat siapapun yang tinggal di sana menjadi betah.

1. Helsinki, Finlandia

Kota terhijau di dunia yang pertama adalah Helsinki. Menjadi ibukota dari negara Finlandia, tidak membuat kota ini di cap sebagai kota yang bising. Helsinki menjadi salah satu kota paling hijau di benuar eropa dan bahkan di dunia.

Kerennya dari pemerintah kota Helsinki ini adalah rencananya yang ingin membangun taman tenaga angin lepas pantai. Hal ini tentunya bertujuan untuk pengelolaan energi yang lebih positif untuk kota.

Kota Terhijau Di Dunia, Helsinki, Finlandia

Selain itu, kota Helsinki ini menjadi kota yang mengutamakan daur ulang. Sehingga itu tidak hanya bertujuan untuk mengurangi polusi udara, namun sekaligus untuk memenuhi kebutuhan energi dalam kota.

Bahkan mayoritas masyarakatnya juga memilih bersepeda dan berjalan kaki untuk beraktifitas di bandingkan menggunakan kendaraan. Wajar saja jika ibukota dari Finlandia ini di juluki sebagai kota terhijau di dunia.

2. Bern, Swiss

Negara Swiss selalu menjadi negara yang memiliki sejuta keindahan. Bahkan ibukota dari Swiss yaitu Bern di juluki sebagai kota terhijau di dunia. Bagaimana tidak, kota ini di bangun di atas pegunungan dengan tiga sungai Aare yang mengalir di sekelilingnya.

Deretan Kota Terhijau di Dunia Bern, Swiss

Selain itu, kota Bern memiliki arsitektur kota yang di penuhi oleh bangunan – bangunan kuno yang sudah ada sejak abad ke 17 hingga 18. Bahkan kota Bern ini sudah di akui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Baca Juga:  Daftar Negara Bebas Visa 2022 Untuk Pemilik Paspor Indonesia

Suasana hijau dari kota Bern ini juga di dukung oleh taman Botani Bern yang mendunia serta taman Mawar yang sudah di bangun sejak 1913.

3. Stockholm, Swedia

Stockholm merupakan ibukota dari negara Swedia. Menjadi salah satu kota terhijau di dunia berkat komitmen nya untuk bisa menjaga kota agar tetap hijau dan asri. Bahkan sepertiga dari luas daratannya adalah ruang hijau yang di penuhi tumbuhan dan pepohonan rindang.

Stockholm, Swedia

Selain itu, Stockholm juga memiliki 12 taman yang besar. Masyarakat kota Stockholm juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah untuk menyiapkan ruang hijau untuk lahannya. Bahkan hebatnya lagi kota ini menjadi yang pertama mendapat penghargaan dari European Green Capital pada tahun 2010.

4. Luxembourg, Jerman

Kota terhijau di dunia selanjutnya berada di negara Jerman. Tepatnya terletak di antara Belgia, Jerman, dan Perancis. Luxembourg menjadi kota kecil yang menakjubkan.

Bagaimana tidak, sebagian besar wilayah kota Luxembourg di penuhi oleh hutan – hutan, bukit serta pegunungan yang menjadikan kota kecil ini memiliki udara yang berkualitas.

Luxembourg, Jerman

Selain itu di dukung juga dengan program permerintah setempat yang menaikkan harga pajak kendaraan. Tentunya hal ini bertujuan agar masyarakat lebih memilih untuk menggunakan transportasi umum di bandingkan menggunakan kendaraan pribadi.

Gak salah jika Luxembourg menjadi salah satu kota terhijau di dunia karena memang pemerintahnya juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

5. Amsterdam, Belanda

Masih ada satu lagi yang menjadi salah satu kota terhijau di dunia yaitu Amsterdam. Kota yang berada di negara Belanda ini memiliki tingkat polusi yang sangat rendah. Hal itu di karenakan sebagian besar masyarakatnya yang lebih memilih bersepeda sebagai transportasi sehari – hari.

Amsterdam, Belanda

Kota Amsterdam juga memiliki insfrastruktur jaringan kanal dan jalan sempit yang membuat aktifitas bersepeda menjadi pilihan transportasi terbaik bagi masyarakatnya.

Baca Juga:  6 Tempat Wisata Menyeramkan Di Dunia, Jangan Nekat Berkunjung!

Pada tahun 2009, pemerintah kota amsterdam memulai proyek khusus bernama Amsterdam Smart City yang bertujuan untuk mengurangi emisi karbondioksida sekaligus untuk menghemat energi.

Nah itu tadi beberapa kota yang menjadi kota terhijau di dunia. Pastinya kehijauan kota tersebut tidak luput dari kebiasaan masyarakatnya yang mencintai kebersihan dan menjaga lingkungan sekitar.***