tips road trip

Buat kamu yang sedang merencanakan liburan, ada tips road trip yang bisa kamu pakai untuk merancang rencana liburan kamu. Tips kali ini akan sangat bermanfaat karena kamu bisa berlibur dan meminimalisir hambatan yang bisa terjadi. 

Oleh sebab itu, butuh persiapan yang matang dari segi dana, moda transportasi, hingga tempat wisata yang mau kamu kunjungi. Apa saja hal yang perlu kamu persiapkan? Daripada kamu bingung, lebih baik simak tips dan trik liburan ala road trip berikut ini! 

Memilih Destinasi Liburan

tips road trip menentukan destinasi wisata

Ketika kamu mau berlibur, hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah memilih destinasi wisata apa saja yang mau kamu kunjungi. Dengan menentukan destinasi wisata, rencana liburan kamu akan jauh lebih matang. 

Memilih destinasi wisata di awal juga akan membuat rencana liburan kamu menjadi lebih terarah. Kamu nggak bakal tersasar ke tempat yang asing jika berlibur ke luar kota. Maka dari itu, tentukan tempat wisata yang mau kamu datang sekarang juga. 

Tips Road Trip: Mempersiapkan Rencana Perjalanan

Inilah tips road trip selanjutnya yang perlu kamu persiapkan secara matang, yaitu mempersiapkan rencana perjalanan. Dengan mencari rute perjalanan menuju ke tempat wisata tersebut, kamu juga bisa mempertimbangkan anggaran untuk liburan. 

Carilah rute terdekat yang bisa kamu tempuh menuju lokasi wisata. Selain bisa menghemat biaya operasional, mencari rute terdekat juga bisa mempercepat perjalanan. Waktu yang kamu miliki nggak akan terbuang lama-lama di perjalanan. 

Mempersiapkan Kesehatan Fisik dan Mental

persiapan mental dan fisik

Jangan sepelekan kondisi kesehatan fisik dan mental kamu saat mau bepergian ke luar kota! Ketika tubuhmu sedang lelah dan pikiranmu sedang penat, sebaiknya tunda jadwal pemberangkatan hingga kondisimu benar-benar siap. Maka dari itu, istirahatkan tubuh dan pikiran kamu sejenak sebelum berangkat untuk liburan. 

Baca Juga:  Inilah 5 Kolam Renang Paling Mengerikan di Dunia

Jika kamu merasa kondisi fisik dan mentalmu sudah lebih baik daripada sebelumnya, maka susun ulang rencana pemberangkatan. Misalnya, mulai dari jam pemberangkatan, jarak ke lokasi liburan, hingga biaya untuk operasional selama perjalanan. 

Tips Road Trip: Mengecek Kendaraan dan Surat-suratnya

Untuk tips road trip selanjutnya, coba lakukan pengecekan pada kondisi kendaraan yang mau kamu tumpangi. Apalagi kalau kamu mau melakukan perjalanan jauh, kendaraan yang kamu naiki harus benar-benar berada dalam kondisi prima. 

Cara Menjadi Travel Vlogger dan Mulai Menghasilkan Uang

Bawalah kendaraanmu ke bengkel terdekat untuk memeriksa fungsi kopling, mesin, rem, aki, dan sebagainya. Jika kondisi kendaraanmu sudah baik, maka periksa juga surat-suratnya. 

Jangan sampai kamu lupa membawa STNK dan SIM kendaraan saat mau berlibur! Bawalah seluruh perlengkapan surat-surat penting agar perjalanan liburan kamu nggak kacau. 

Menyediakan Obat-obatan

tips road trip mempersiapkan obat

Ada hal-hal nggak terduga yang bisa saja terjadi selama kamu liburan. Misalnya saja, mabuk perjalanan atau muntah-muntah. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal buruk selama perjalanan terjadi, kamu harus menyediakan obat-obatan dalam kotak P3K. 

Sebelum memulai perjalanan panjang, belilah kebutuhan obat-obatan di apotik terdekat. Kamu juga bisa membeli obat-obatan tersebut secara online. Usahakan untuk membeli obat sesuai dengan jumlah anggota yang ikut liburan. 

Tips Road Trip: Mempersiapkan Dana Liburan

Hal terakhir yang harus kamu lakukan saat mau road trip adalah menyiapkan dana liburan untuk liburan. Dengan mempersiapkan budget untuk liburan, kamu bisa menyesuaikan dana yang kamu punya dengan tempat wisata yang mau kamu kunjungi.  

Lakukan rincian dana liburan agar dana yang kamu miliki nggak membengkak setelah pulang dari liburan. Kamu bisa merinci dana untuk pengeluaran biaya makan, biaya operasional, hingga biaya transportasi, dan tiket masuk tempat wisata.