tips backpacking asia tenggara

Sedang merencanakan liburan backpacking perdanamu keliling Asia Tenggara? Memang sih terdengar seram karena semua pilihan yang harus kamu buat sendiri. Kamu harus mulai dari memutuskan akomodasi yang nyaman tapi murah hingga memilih rute yang ingin kamu jalani. Banyak sekali yang bisa kamu lakukan untuk liburan dan tips backpacking yang tidak terlupakan di Asia Tenggara.

Backpaker adalah salah satu solusi yang bisa kamu pilih saat ingin liburan dengan lebih hemat. Buang jauh-jauh presepsi bahwa liburan itu harus mengeluarkan uang yang banyak. Dengan berlibur ala backpacker kamu bisa memangkas banyak pengeluaran dan mendapatkan kesempatan lebih untuk berpetualang. Kamu bisa menyelusuri setiap sudut tempat yang kamu kunjungi sambil mencoba untuk hidup seperti warga lokal setempat.

Mungkin kamu ingin mencoba berlibur dengan gaya backpacker sejak lama namun bingung harus mulai dari mana. Jangan sampai kamu langsung nekad untuk liburan dengan cara backpacker tanpa mengetahui hal penting mengenai tips backpacking.

1. Tentukan Itinerary Yang Matang

itinerary tips backpacking

Daftar rencana liburan atau itenerary adalah bagian penting yang harus kamu siapkan sebelum kamu memulai perjalanan. Rencana liburan hal yang sangat penting bagi backpacker sebelum memulai petualangan terutama bagi kamu yang masih pemula. Itenarary ini akan menjadi panduan kamu dan membantu agar alur perjalanan kamu lebih terurut dan tidak berantakan.

Jika ingin mengunjungi Asi Tenggara kamu bisa membuat list kota atau daerah yang ingin kamu kunjungi. Misalnya Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan lainnya. Kamu juga harus menyusunnya menjadi sebuah rangkaian perjalanan yang menarik. Jangan lupa paspor dan semua dokumen keimigrasian juga sudah kamu lengkapi agar tidak ada masalah saat melintasi perbatasan negara.

2. Membuat Perkiraan Biaya

budget

Selain membuat itenerary kamu juga harus menulis perkiraan biaya yang harus kamu keluarkan saat berlibur. Pastikan uang tunai kamu pun tersedia sesuai dengan perkiraan budget jika kamu akan liburan backpacker di tempat yang sekiranya sulit untuk kamu mencari mesin ATM.

Hidup di zaman teknologi seperti sekarang kamu tidak perlu repot mengumpulkan informasi dengan pergi ke perpustakaan. Smartphone dan internet kamu bisa menjadi sumber informasi saat kamu perlu mengumpulkan beberapa referensi yang kamu butuhkan dalam rencana perjalanan kamu. Kamu bisa kunjungi beberapa website atau blog yang menulis beberapa review, panduan, atau tips berlibur ala backpacker.

3. Menginap di Hostel

tips backpacking hostel

Tips untuk backpacking yang satu ini pasti sering kamu dengar. Memang sih cara terbaik untuk menghemat biaya akomodasi saat berlibur adalah dengan menginap di hostel. Lagian saat kamu sedang di luar negeri, kebanyakan waktumu akan kamu habiskan untuk jalan-jalan keliling kota yang kamu kunjungi kan? Selain murah, kamu bisa bertemu dengan backpacker lainnya di hostel dan mungkin mendapatkan tips-tips lain untuk berlibur hemat.

Sebelum memesan hostel, pastikan kamu memeriksa review para traveller lainnya untuk hostel itu. Banyak sekali hostel yang mendapatkan banyak pengakuan dari kalangan backpacker jadi dengan sedikit pencarian online kamu pasti akan bisa mendapatkan hostel yang paling tepat untuk perjalananmu.

4. Jalan Kaki Atau Naik Kendaraan Umum

public transport

Satu kesalahan yang paling sering dilakukan orang saat sedang backpacking ke negara lain adalah untuk menggunakan taxi. Apalagi kalau kamu mengunjungi kota-kota besar seperti Singapura dan Kuala Lumpur yang banyak atraksinya sebenarnya berdekatan satu dengan lainnya. Lebih baik berjalan kaki.

Kalau memang tempatnya berjauhan, metode transportasi kedua terbaik pastinya adalah transportasi umum. Meski kadang bisa membingungkan kalau belum terbiasa, dengan bantuan aplikasi seperti Google Maps, kamu bisa juga jalan-jalan keliling kota seperti orang lokal dan hemat biaya besar.T axi hanya kamu pakai saat keadaan terdesak.

By Mita