Cityawesome.com – Fakta menarik kota Palembang. Selain pusat kulinernya yang populer, nyatanya Palembang menjadi kota yang memiliki beberapa fakta unik sehingga menarik untuk dibahas.

Palembang sendiri memiliki banyak tempat wisata menarik yang bisa di jadikan objek wisata untuk kamu yang ingin berlibur ke Ibukota Provinsi Sumatera Selatan ini.

Namun jika berbicara mengenai fakta menariknya, berikut adalah beberapa fakta menarik dari kota yang pernah menjadi tuan rumah Asian Games 2018 ini.

1. Kota tertua di Indonesia

Mungkin sebagian dari kamu baru tahu jika Palembang menjadi kota tertua di Indonesia. Hal tersebut di dasarkan pada prasasti Kedukan Bukit yanag di temukan di Bukit Siguntang.

fakta menarik kota palembang

Di mana dalam prasasti tersebut di ketahui bahwa Palembang sudah menjadi sebuah kota sejak 16 Juni 688 Masehi. Sehingga hal tersebut menjadikan kota Palembang menjadi kota tertua di Indonesia yang masih bertahan hingga saat ini.

2. Mendapatkan julukan sebagai Vinesia dari Timur

Mendapatkan julukan sebagai kota Venisia dari Timur yang di sematkan oleh dunia barat. Hal tersebut di karenakan terdapat sungai Musi yang mengalir dan mengelilingi kota dengan pemandangan yang serupa dengan kota Venisia.

Selain itu, Palembang sendiri di ambil dari bahasa Melayu yakni Pa dan Lembang yang memiliki makna sebagai tempat yang di kelilingi oleh air.

3. Masih lekat dengan kebudayaan Tiongkok

Fakta menarik lainnya dari kota Palembang adalah pengaruh kebudayaan Tiongkok yang masih lekat di kota yang satu ini. Hal tersebut di awali dari pengaruh salah satu kerajaan Budha terbesar di dunia yang tidak lain adalah Sriwijaya.

songket khas palembang

Selain itu, kain songket khas Palembang juga sering di buat dengan warna merah dan emas yang merupakan warna khas Tiongkok.

Baca Juga:  Fakta Menarik dan Sejarah Wisata Umbul Manten

4. Sejarah masuknya Islam di kota Palembang

Fakta menarik lainnya dari kota palembang adalah mengenai sejarah masuknya agama Islam di ibukota Sumatera Selatan ini yang juga di pengaruhi oleh orang Tiongkok.

Salah satu kisah yang terbilang cukup populer adalah mengenai seorang kasim Tiongkok yang berasal dari provinsi Yunan yang bernama Cheng Ho.

Di mana Cheng Ho sendiri merupakan seoranng kasim beragama muslim yang sangat di percaya oleh Kaisar Yongle yang juga berasal dari Tiongkok.

Selain itu, Cheng Ho juga sering melakukan perjalanan ke berbagai daerah di Asia yang salah satunya adalah Palembang. Hingga pada akhirnya perjalanan Cheng Ho ke Palembang lah yang menjadi awal dari masuknya agama Islam dan tersebar di Palembang.

5. Jembatan Ampera tercanggih

Tidak lengkap rasanya jika berbicara mengenai Palembang namun tidak membawa Jembatan ampera sebagai topik perbincangan.

Nyatanya jembatan Ampera sendiri merupakan salah satu ikon dari kota Palembanag yang juga menjadi jembatan tercanggih di Indonesia. Bagaimana tidak, jembatan ini memiliki teknologi yang bisa mengangkat bagian jembatan dengan cara terbelah menjadi dua.

jembatan ampera

Selain itu, jembatan Ampera juga masih beroperasi hingga kini yang menghubungkan dua daerah. Di rancang khusus agar bisa di angkat dengan terbelah menjadi dua dengan tujuan agar kapal yang melintas tidak tersanangkut di badan jembatan.

Hanya saja sejak tahun 1970, jembatan ini sudah tidak di angkat lagi. Hal tersebut di karenakan dapat mengganggu lalu lintas yang ada di atasnya.

Nah itulah beberapa fakta unik yang ada di kota Palembang yang sekaligus menjadi ibukota Sumatera Selatan. Pastikan kamu mengunjungi kota pempek ini minimal sekali seumur hidup untuk mendapatkan pengalaman traveling yang berbeda sekaligus mengenal lebih jauh mengenai sejarah, kuliner, hingga objek wisata yang ada di kota satu ini.***