Cityawesome.com – 7 Makanan khas Palembang. Jika kamu memiliki rencana atau bahkan sedang berkunjung ke kota Palembang. Tidak lengkap rasanya jika tidak berwisata kuliner di Ibukota provinsi Sumatera Selatan ini.

Seperti yang kita tahu, Palembang memiliki segudang makanan khas yang populer dan sayang untuk dilewatkan begitu saja saat mengunjungi kotanya.

Lalu apa saja makanan khas kota Palembang yang sangat populer dan banyak di sukai. Berikut adalah beberapa makanan khas kota Palembang yang sekaligus bisa kamu jadikan oleh – oleh setelah berlibur.

1. Kemplang

Camilan yang satu ini menjadi salah satu makanan khas Palembang yang juga cukup terkenal karena rasanya yang gurih dan enak.

7 makanan khas palembang kemplang

Kemplang seringkali di jadikan sebagai oleh – oleh bagi para wisatawan. Selain itu, Kemplang memiliki bentuk dan tekstur seperti kerupuk yang juga terbuat dari ikan tenggiri atau ikan gabus.

Kamu juga bisa menjumpai makanan yang satu ini di banyak tempat terutama di Palembang. Terdapat berbagai jenis Kemplang yang populer seperti kerupuk kemplang, kemplang panggang, kemplang koin, hingga kemplang mangkok.

2. Laksan

Makanan khas Palembang lainnya yang juga tidak kalah lezat adalah Laksan. Laksan sendiri memiliki bentuk oval yang juga terbuat dari tepung sagu dan ikan.

7 makanan khas palembang laksan

Sebenarnya Laksan memiliki rasa yang hampir sama dengan pempek, namun yang membedakan adalah penggunaan kuah Laksan yang terbuat dari santan layaknya lontong sayur dengan warna yanag sedikit lebih merah.

3. Mie Celor

Menjadi salah satu makanan khas Palembang yang juga populer karena kelezatannya. Mie Celor terbuat dari mie telur yang di sajikan dengan tambahan berupa tauge, telur, kucai, serta daging udang.

7 makanan khas palembang mie celor

Selain itu Mie Celor memiliki rasa yang gurih dan sekilas mirip dengan mie aceh yang juga di sertai kuah santan kaldu ebi yang segar. Mie Celor sangat cocok untuuk di jadikan hidangan saat sarapan.

Baca Juga:  Fakta Menarik Kota Palembang : Menjadi Kota Tertua Di Indonesia ?

4. Model

Serupa dengan tekwan. Model menjadi salah satu makanan khas kota Palembang yang juga sayang untuk dilewatkan begitu saja. Kamu bisa menemukan tekwan dan juga model dengan mudah di pedagang kaki lima.

7 makanan khas palembang model

Penyajiannya juga terbilang sama dengan tekwan, hanaya saja yang membedakan keduanya adalah Model yang menggunakan tahu China.

5. Pempek

Makanan khas palembang yang satu ini sudah sangat terkenal seantero Nusantara. Terbuat dari daging ikan, sagu, dan juga telur, membuat Pempek menjadi makanan khas dengan rasanya yang sulit di lupakan.

pempek palembang

Selain itu, biasanya Pempek di sajikan dengan cuko yang terbuat dari campuran gula merah, cabai, bawang putih, dan juga ebi.

Sebenarnya Pempek banyak di jual di berbagai daerah di Indonesia, namun tentunya kamu akan merasakan pengalaman yang berbeda saat menikmati Pempek langsung dari kota asalnya.

6. Pindang Patin

Menjadi salah satu makanan khas Palembang yang gak kalah populer di bandingkan makanan khas lainnya. Hal tersebut di karenakan ikan patin yang banyak di ternak di Palembang sekaligus memiliki rasa yang enak dengan dagingnya yang lembut.

pindang patin

Rasa dari pindang patin juga sangat segar dengan kuah bening kekuningan yang terbuat dari bumbu khas yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, daun salam, serai, hingga belimbing sayur.

7. Tekwan

Palembang memang terkenal dengan makanan khasnya yang secara umum terbuat dari bahan tepung sagu yang di campur ikan. Tidak terkecuali juga dengan Tekwan yang menjadi salah satu makanan favorit sebagian masyarakat Indonesia.

tekwan palembang

Biasanya Tekwan di sajikan dengan bakso ikan, bihun, potongan jamur kuping, hingga irisan bengkoang. Tidak tertinggal dengan kuah khas yang terbuat dari kaldu udang dan juga daun bawang.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Minuman Khas Perancis Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Nah itulah 7 makanan khas Palembang yang wajib di nikmati terutama saat sedang berkunjung ke kota ini. Selain itu, jangan lupa juga membawakan oleh – oleh untuk orang tersayang dengan beberapa makanan khas yang telah di sebutkan di atas.***