Cityawesome.com – Cara mendapatkan beasiswa luar negeri. Berkuliah di luar negeri merupakan salah satu impian besar bagi banyak orang. Namun untuk bisa berkuliah di luar negeri tentunya tidak sedikit biaya yang harus di siapkan. Terkadang hal tersebutlah yang pada akhirnya membuat banyak orang jadi enggan untuk melanjutkan impiannya tersebut.

Namun untuk kamu yang masih berminat untuk bisa berkuliah di luar negeri tidak perlu khawatir. Karena tentunya setiap universitas selalu memberikan beasiswa yang membebaskan penerimanya untuk membayar biaya sekolah.

Bahkan tidak jarang juga penerima beasiswa mendapatkan uang tunjangan hidup yang tentunya sangat membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari saat di sana.

cara mendapatkan beasiswa luar negeri

Lalu apa saja cara yang harus di lakukan akan bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri dengan mudah. Berikut ini ulasannya!

1. Rajin mencari informasi

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mencari informasi sebanyak mungkin mengenai beasiswa yang di sediakan oleh berbagai kampus di luar negeri. Pastikan juga kamu mencari tahu mengenai jurusan yang ingin kamu pilih, mata kuliah, silabus, dan hal lainnya yang menyangkut perkuliahan.

cara mendapatkan beasiswa luar negeri Rajin mencari informasi

Selain itu, gali informasi juga mengenai syarat dokumen penerimaan beasiswa, jadwal pendaftaran hingga deadline penutupan pendaftaran.

Kamu akan dengan mudah mendapatkan informasi tersebut melalui website resmi kampus yang ingin kamu tuju dan pada website jurusan yang ingin kamu pilih.

2. Melatih kemampuan bahasa asing

Hal lainnya yang juga tidak boleh tertinggal adalah melatih kemampuan berbahasa asing. Saat berkuliah di luar negeri, nantinya kamu perlu memiliki kemampuan bahasa asing untuk memudahkan bersosialisasi.

Untuk bisa mengasah kemampuan bahasa asing kamu bisa rajin berlatih secara otodidak dengan berbekal internet, selain itu kamu juga perlu untuk mengikuti kursus bahasa asing tersebut dan mendapatkan sertifikat untuk hal itu.

Baca Juga:  7 Oleh - Oleh Khas Palangkaraya yang Populer dan Terfavorit

3. Siapkan dokumen yang di perlukan

Siapkan dokumen yang di perlukan

Saat ingin mendaftar beasiswa luar negeri, tentunya akan di perlukan berbagai macam dokumen yang harus di persiapkan. Biasanya dokumen penting yang tidak pernah tertinggal saat kamu ingin mengajukan beasiswa adalah CV, motivation letter, dan recommendation letter.

4. Aktif mengikuti organisasi

Jika kamu ingin mudah di terima beasiswa di luar negeri, sebaiknya kamu juga harus banyak mengikuti berbagai perlombaan dan juga organisasi.

Hal tersebut di karenakan pengalaman yang kamu dapatkan saat sedang bersekolah akan memberikan peluang untuk dapat di terima saat mendaftar beasiswa luar negeri.

5. Tentukan target

Ketika kamu memiliki impian untuk mendapatkan beasiswa sekolah di luar negeri, tentunya kamu harus menyiapkan timeline dan target lebih awal.

cara mendapatkan beasiswa luar negeri Tentukan target

Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan demi kelancaran rencana yang akan kamu jalani. Sebagai contoh saat kamu masih sekolah dan sudah memiliki impian untuk berkuliah di luar negeri, maka kamu harus sudah merencanakan persiapannya bahkan sejak masih kelas 10.

Sejak saat itu kamu harus sudah bisa menentukan jurusan, kampus tujuan, sekaligus mengetahui prospek jurusan hingga proses serta persyaratan tes yang harus di lakukan nantinya.

6. Pilih kampus yang sedikit peminat

Mungkin saat kamu memiliki imipan untuk berkuliah di luar negeri sudah menentukan negara mana yang ingin di tuju. Hal itu sebenarnya tidak masalah, hanya saja pastikan kampus tersebut memiliki peminat yang lebih sedikit.

 Pilih kampus yang sedikit peminat

Dengan begitu, peluang yang akan kamu dapatkan untuk di terima menjadi lebih besar di bandingkan kamu mendaftar beasiswa dengan peminat yang lebih banyak.

7. Apply lamaran beasiswa sesegera mungkin

Pastikan kamu melamar beasiswa di awal waktu. Hal tersebut untuk menghindari permasalahan yang mungkin terjadi di akhir waktu, seperti gangguan server dan masalah lainnya yang mungkin terjadi.

Baca Juga:  6 Oleh - Oleh Khas Banjarnegara : Banyak Olahan Salak !

Meskipun melamar di awal waktu juga tidak bisa menentukan kamu akan di terima, namun setidaknya kamu bisa menyelesaikan persoalan dengan lebih cepat.

Itulah beberapa cara sukses agar kamu bisa di terima saat mendaftar beasiswa di luar negeri. Jangan lupa juga di sertai dengan doa dan belajar tanpa henti agar bisa di terima di kampus luar negeri impian.***