Museum 3D terbaik di Indonesia

Berkunjung ke museum 3D di Indonesia menjadi salah satu opsi liburan yang menarik dan cukup unik. Sebab, nggak banyak orang tertarik untuk mengunjungi jenis wisata seperti ini. Nah, kalau kamu tertarik liburan ke museum, kamu bisa memanfaatkan daftar ini sebagai referensi jalan-jalan. 

Museum Seni 3D di Indonesia, Semarang  

Belum lengkap rasanya kalau kamu nggak berkunjung ke wisata museum seni yang berlokasi di Semarang ini. Sebagai salah satu pelopor museum seni 3D di Indonesia, museum ini memiliki hasil karya seni yang beragam. 

Mulai dari koleksi lukisan 3D hingga wahana Omah Kwalik bisa kamu nikmati. Selain itu, dengan adanya museum ini juga akan menghidupkan suasana kawasan Kota Lama di sekitarnya. 

Museum De Mata, De Arca 

Pada tahun 2013, Museum De Mata De Arca menjadi salah satu museum 3D di Indonesia yang wajib kamu kunjungi. Selama masa-masa pandemi, museum ini sempat tutup dan baru buka beberapa bulan terakhir. 

Museum ini memiliki empat jenis wahana yang berbeda. Area De Mata 1 terdiri dari 120 lukisan 3D dengan tema yang bervariasi. Lalu, di area De Mata 2 yang menyediakan 50 jenis gambar photoshop lengkap dengan informasi mirror illusion pula. 

Lalu, di area De Arca, kamu juga akan menemui karya seni patung jenis 5D buatan seniman lokal. Sedangkan area yang terakhir adalah D’Walik. Area ini terdiri dari illusion room yang menawarkan pengalaman baru buat Anda. 

Galeri Seni Batu Night Spectacular (BNS)

Museum seni 3 D BNS

Beralih sejenak ke daerah Jawa Timur, maka kamu akan menemukan galeri BNS (Batu Night Spectacular). Fasilitas yang ada di museum ini sebenarnya cukup lengkap. Hanya saja, kamu perlu mengeksplorasi lebih jauh tentang fasilitas dan koleksi dari pemilik galeri. 

Baca Juga:  8 Rekomendasi Wisata di Pekanbaru yang Menarik untuk Dikunjungi

Berkunjung ke Galeri Art BNS jelas bisa merilekskan otak kamu sebelum kembali pada rutinitas yang padat. Museum ini memang cocok menjadi alternatif tempat untuk kamu datangi saat liburan ke Batu. 

Museum Seni Interaktif Bali

Nggak cuma wisata alam, Bali juga unggul dari segi karya seninya yang memukau. Sebagai kawasan wisata yang paling banyak turisnya, Bali mampu mempertahankan kultur-kultur budaya yang masih kental. 

Unsur tradisional tersebut masih bisa kamu rasakan saat mengunjungi museum ini. Koleksi lukisan yang ada di museum interaktif ini berjumlah lebih dari seratus lukisan 3D. Selain itu, ruang ilusi optik dan ruang efek khusus menjadi daya tarik tersendiri buat museum 3D di Indonesia.  

Museum 3D Ilusi di Indonesia, Batam 

Museum ilusi batam

Bukan cuma di Pulau Jawa, kamu juga bisa menemukan museum seni 3D dari luar Pulau Jawa. Museum ilusi 3D ini terletak di daerah Batam. Museum yang berdiri sejak tahun 2018 ini setiap tahunnya mengalami peningkatan pengunjung. 

Namun sayangnya, museum ini sempat mengalami penurunan pengunjung saat oandemi Covid 19 melanda. Bahkan saking sepinya museum ini juga sempat mengalami penutupan selama beberapa saat.  

Rekomendasi Tempat Wisata di Garut Terbaik dan Populer

Museum ini menyediakan 3 wahana dengan tema utama yang berbeda-beda. Wahana pertama bertema Trick Art. Seni ini bisa mengelabui orang yang melihatnya dengan menciptakan sebuah ilusi yang semu. 

Kemudian ada juga wahana Upside down dan Sidewalk. Area wahana ini mengusung tema ilusi terbalik dari pandangan mata kamu. Seluruh hasil karya yang ada di museum ini akan membuat hasil foto-foto kamu terlihat semakin menawan. 

Baca Juga:  Cikao Park: Fasilitas, Jam Operasional, dan Harga Tiket