Cityawesome.com – Tempat wisata Balige. Balige merupakan salah satu nama kota yang berlokasi di Sumatera Utara. Mungkin kamu masih terlalu awam untuk mengenal kota yang penuh dengan keindahan wisata ini. Di mana kamu bisa menjadikan kota Balige sebagai salah satu tujuan wisata terbaik yang memberikan pengalaman berbeda.

Kota ini berada di kabupaten Toba Samosir yang membutuhkan waktu 2 jam perjalanan dari kota Parapat. Selain itu posisinya berada di ujung danau Toba sehingga memberikan panorama keindahan yang berbeda yakni berupa pegunungan sekaligus danau.

Untuk kamu yang penasaran, berikut ini beberapa rekomendasi objek wisata Balige untuk bisa kamu kunjungi.

1. Bukit Tarabunga

tempat wisata Balige Bukit Tarabunga

Saat memilih Balige sebagai salah satu tujuan wisata favorit, nantinya kamu bisa berkunjung ke bukit Tarabunga. Di mana jaraknya hanya sekitar 5 KM dari pusat kota. Selain itu bukit yang satu ini juga di lengkapi dengan berbagai spot foto menarik dan instagramable. Bukit Tarabunga memungkinkan kamu untuk bisa melihat pematang sawah yang mengagumkan layaknya berada di Bali. Beralamatkan di Lintong Nihuta Kecamatan Tampahan, kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 10 ribu untuk bisa menuju ke lokasinya.

2. Pahoda

tempat wisata Balige Pahoda

Merupakan salah satu rekomendasi objek wisata terbaik yang ada di Balige. Kamu bisa melihat keindahan matahari terbit di sana dengan pemandangan danau Toba yang menjadi pelengkap. Nantinya saat berkunjung kesana kamu akan mendapatkan pengalaman berlibur yang berbeda.

Untuk kamu ketahui, Pahoda sendiri bahkan sudah populer sejak tahun 1970. Hingga kini Pahoda tidak pernah sepi dari kedatangan pengunjung yang ingin di manjakan oleh keindahannya. Alamat lengkapnya berada di Lumban Silintong, Kec Balige, Kab Toba Samosir. Di mana harga tiketnya juga cukup terjangkau yakni hanya sekitar Rp 5 ribu.

Baca Juga:  5 Desa Wisata Di Indonesia Yang Populer Dan Mendunia

3. Pantai Lumban

tempat wisata Balige Pantai Lumban

Berlokasi di Lumban Bulbul, Kec. Balige, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara. Kamu bisa berkunjung ke pantai Lumban sebagai salah satu objek wisata favorit yang ada di Balige. Tidak hanya berenang, nantinya kamu bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan di sekitarnya. Pantai Lambunan juga di lengkapi dengan kuliner yang dijajakan sepanjang jalan. Dengan harga tiket yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 5 ribu, kamu bisa puas dan mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda.

4. Desa Meat

tempat wisata Balige Desa Meat

Rekomendasi objek wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi di Balige adalah Desa Meat. Di mana dea ini menjadi titik terendah yang ada di danau Toba. Namun untuk bisa menuju kesana, kamu di haruskan untuk melalui jalanan yang terjal dan berbatu. Objek wisata Desa Meat terbilang cukup populer dan banyak di kunjungi oleh wisatawan.

Terlebih lagi desa Meat sendiri memiliki panorama alam yang memanjakan mata. Dengan hamparan sawah dan cantiknya pegunungan serta pantai. Tempat yang satu ini sering kali di jadikan sebagai tempat memancing.

5. Makam Raja Sisisngamangaraja XII

tempat wisata Balige Makam Raja Sisisngamangaraja XII

Beralamatkan di Silalahi Pagar Batu, Kec. Balige, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara. Kamu bisa mampir ke makam Raja Sisingamangaraja XII saat berlibur ke Balige. Di mana pada kompleks pemakaman tersebut terdapat makam dari putri raja Si Boru Lopian beserta anaknya. Tidak hanya itu saja, bahkan kamu juga bisa mengujungi museum dan perpustakaan yang berisikan biografi Sisingamangaraja.

6. Taman Eden 100

tempat wisata Balige Taman Eden 100

Berada di Lumbanrang, Kec. Lumban Julu, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara. Kamu hanya pperlu membayar tiket sebesar Rp 3000 untuk bisa berkunjung ke taman Eden 100. Di mana objek wisata yang satu ini memiliki suasana yang asri dan sejuk. Selain itu kamu juga bisa sekalligus berkemah karena lokasinya berada di sekitar Desa Pasar Lumban.

Baca Juga:  Dago Dream Park Bandung, Objek Wisata Terbaik untuk Keluarga

Bahkan tidak hanya berkemah, nantinya kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan di dalamnya mulai dari mendaki Bukit Senyum, bahkan hingga agrowisata.

7. Pantai Samosir

7. Pantai Samosir

Merupakan salah satu pantai yang cukup populer di Sumatera Utara. Dimana pulau samosir sendiri menjadi pulau yang terpisah dengan daratan Sumatera dan lokasinya berada di tengah danau Toba. Saat berkunjung kesana nantinya kamu bisa menikmati keindahan pemandangan alam sekitar sekaligus destinasi wisata budaya yang tersedia.

Alamat lengkap objek wisata yang satu ini berada di Jalan Saribu Raja, Kecamatan Balige, Toba Samosir.

8. Pasar Onan Balige

8. Pasar Onan Balige

Tidak lengkap rasanya jika datang ke Balige namun tidak berbelanja oleh-oleh. Pasar Onan Balige bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk kamu kunjungi. Dimana pasar ini memiliki desain arsitektur yang terbilang cukup unik. Selain itu pasar Onan Balige juga terbilang menjadi pasar yang penuh dengan sejarah. Hal ini karena pembangunannya yang dilakukan pada masa penjajahan Belanda yakni pada tahun 1936.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata sekitar Balige yang bisa kamu kunjungi. Pastikan untuk tidak melewatkan beberapa rekomendasi tempat wisata yang telah disebutkan untuk mendapatkan pengalaman berlibur di Balige yang berbeda.***