Tempat wisata di garut

Menjelang liburan akhir pekan, ada banyak opsi wisata yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah tempat wisata di Garut. Ketika kamu suntuk dengan aktivitas di perkotaan, kamu bisa melipir ke destinasi wisata ini sebagai alternatif. 

Lagipula, berwisata ke Garut tergolong membutuhkan budget yang murah. Isi dompet kamu nggak bakalan jebol kalau berkunjung ke sini. Lalu apa saja destinasi wisata yang recommended untuk kamu kunjungi saat ke Garut? Berikut ini adalah daftar referensinya! 

Cagar Alam Leuweung Sancang

Cagar alam leuweung sancang

Sama seperti namanya, wisata alam yang satu ini terletak di daerah Sancang, Garut. Destinasi ini termasuk yang populer. Nggak tanggung-tanggung, bahkan tempat ini sudah dinobatkan sebagai wisata konservasi hutan bertaraf internasional. 

Di Leuweung Sancang, kamu bisa menikmati tiga kawasan wisata sekaligus. Mulai dari Cagar Alam Pantai, Hutan Mangrove, dan Hutan Dataran Rendah. Tumbuhan-tumbuhan dan hewan langka hidup dan berkembang di kawasan wisata cagar alam ini. 

Menariknya, di kawasan wisata ini kamu bisa bertemu dengan primata langka yang sudah hampir punah. Namanya adalah Owa Jawa. Selain hewan langka, tumbuhan-tumbuhan langka yang unik juga ada di cagar alam ini. 

Tempat Wisata di Garut, Gunung Guntur 

Tempat wisata di garut gunung guntur

Suka mendaki dan merasa sensasi hawa dingin khas pegunungan? Maka, kamu wajib melipir untuk mendaki sebentar ke kawasan wisata Gunung Guntur. Gunung Guntur merupakan salah satu gunung kebanggaan masyarakat Garut. 

Gunung yang berada di ketinggian 2.250 mdpl ini cocok menjadi tempat wisata di Garut yang menarik dan asri. Berwisata ke Gunung Guntur juga bisa membuat kamu mensyukuri keindahan alam milik Sang Pencipta. Sebab, melihat pemandangan alam dari ketinggian gunung sangatlah menakjubkan. 

Baca Juga:  Dago Dream Park Bandung, Objek Wisata Terbaik untuk Keluarga

Leuwi Jurig

Leuwi jurig

Dalam Bahasa Sunda, destinasi wisata ini disebut juga sebagai Kolam Hantu. Lokasi wisata ini terletak di Desa Cihikeu, Garut. Walaupun dari segi namanya terdengar menyeramkan, pemandangan alam yang ada di kolam ini nggak semenyeramkan namanya. 

Itinerary Wisata Sekitar Tebing Breksi Jogja Seharian

Warna air di kolam ini sangat jernih. Saking jernihnya, warna airnya cenderung biru-kehijauan. Panorama alam yang disuguhkan di kolam ini hampir seperti pemandangan yang ada di Grand Canyon, Amerika. Dengan lanskap seindah itu, kamu wajib mengambil foto di lokasi wisata ini. 

Tempat Wisata di Garut, Gunung Papandayan

Tempat wisata di garut gunung papandayan

Tempat wisata di Garut yang bertema pegunungan lainnya adalah Gunung Papandayan. Berbeda dari Gunung Guntur yang masih tampak asli, Gunung Papandayan telah mengalami renovasi untuk menjadi sebuah tempat wisata. 

Meskipun destinasi wisata ini termasuk wisata pegunungan, namun gunung ini telah berubah dengan wahana wisata yang lebih beragam. Di Gunung ini kamu akan menemukan wahana wisata khusus bernama Papandayan Leisure Park. 

Karena indahnya pemandangan alam yang disuguhkan di gunung ini, maka kamu wajib mengambil foto-foto sebagai kenangan. Bahkan, jika kamu mau melangsungkan pernikahan, latar belakang gunung Papandayan bisa menjadi lokasi foto prewed yang indah. 

Pemandian Air Panas Cipanas

Pemandian cipanas

Setelah seharian berwisata ke banyak tempat, akhiri liburan kamu dengan merilekskan tubuh di pemandian air panas Cipanas. Tempat pemandian ini merupakan salah satu lokasi pemandian paling besar dan terkenal di Garut. 

Menariknya, sumber air panas yang ada di pemandian ini bukan berasal dari gletser, melainkan dari sumber mata air alami. Kapanpun kamu mau berkunjung ke pemandian ini selalu buka selama 24 jam full. Jadi, nikmatilah akhir pekan kamu dengan berendam air panas di pemandian air panas Cipanas.