Suku Mantedi Aceh

Beberapa tahun belakangan sempat viral tentang penemuan salah satu Suku Mante di Aceh yang cukup misterius. Orang pedalaman dari tanah Aceh ini memiliki perawakan dan penampilan yang sangat kontras dengan orang-orang pada umumnya. 

Karena itulah, hal ini sempat menghebohkan dan membuat banyak orang penasaran. Lantas, bagaimana informasi selanjutnya tentang identitas suku pedalaman Aceh ini? Berikut ini adalah fakta Suku Mante yang bakal membuat kamu tercengang! 

Pertemuan yang Tak Terduga

Ketika pertama kali ditemukan keberadaannya oleh warga lokal, suku pedalaman Aceh ini sempat menghebohkan dunia maya. Bahkan video penemuannya yang terunggah di kanal Youtube menjadi viral dan banyak yang menonton. 

Munculnya sosok manusia dari Suku Mante ini memang terjadi secara nggak sengaja. Sebab, orang yang memposting videonya pertama kali memang tak berniat untuk mencari eksistensi dari suku ini. Namun tiba-tiba saja sesosok manusia dengan penampilan yang unik muncul dari balik hutan-hutan. 

Sejarah Suku Mante di Aceh

Sejarah suku Mante di Aceh

Sebenarnya, asal mula Suku Mante di Aceh ini bermula dari Kerajaan Aceh yang secara turun-temurun berkembang biak dan lestari. Suku Mante masih satu berhubungan dengan dengan Suku Melayu. 

Karena asal-usul sejarahnya yang telah eksis sejak dulu kala, orang-orang masih menganggap suku ini sebagai golongan manusia purba. Bahkan para ahli sejarah pun telah menganggap eksistensinya punah akibat perkembangan zaman. 

Salah satu ahli yang pertama kali menemukan Suku Mante adalah Dr. Snouck Hurgronje. Bahkan penemuannya ini sempat tertulis pula dalam bukunya yang berjudul De Atjehers. Snouck mendefinisikan Suku Mante ini sebagai sosok manusia yang kekanak-kanakan dan bodoh. 

Ciri Fisik yang Unik 

Menurut sejarahnya, Suku Mante memiliki ciri fisik yang cukup unik dan berbeda dari manusia pada umumnya. Karena ciri khasnya inilah, Suku Mante menjadi viral saat pertama kali tertangkap oleh kamera. 

Baca Juga:  Seven Summit, Ini Daftar Puncak Tertinggi di Dunia

Orang-orang dari Suku Mante ini memiliki ciri fisik tubuh yang kerdil sekitar 1 meter, rambut gimbal yang terurai panjang, serta nggak memakai baju. Meski begitu, kulit Suku Mante cenderung berwarna terang, berotot, dan bentuk rahang wajahnya persegi. 

Uniknya, ciri wajah suku pedalaman Aceh ini sangat berbeda dengan ciri wajah orang-orang masa kini. Dahi mereka cenderung lebih sempit dengan alis mata yang menyambung menjadi satu garis. Pangkal hidung mereka pun tampak lebih pesek. Suku inilah yang menjadi cikal-bakal suku lainnya di Aceh. 

Aktivitas Sehari-hari Suku Mante di Aceh

Aktivitas Suku Mante

Suku Mante di Aceh memiliki bahasa yang berbeda untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Cuma golongan mereka saja yang tahu arti dan makna bahasa tersebut. Bahkan, tak jarang sesama anggota suku menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi satu sama lain. 

Sehari-harinya, Suku Mante hidup nomaden dengan berpindah-pindah dari gua yang satu ke gua yang lainnya. Cara hidup suku ini masih sangat sederhana, karena bertujuan untuk bertahan hidup. Tujuan mereka cuma mencari makan dan berlindung dari hewan-hewan buas yang ada di hutan. 

Hidupnya Terpencil dan Terisolasi

Sudah sejak dulu kala Suku Maya hidup terisolasi dari dunia luar. Makanya, banyak orang awam yang nggak tahu tentang eksistensi suku ini. Apalagi Suku Mante cenderung memiliki karakteristik yang tertutup, sehingga akan menghindar setiap kali bertemu dengan orang lain. 

Sejarah Peradaban Suku Inca dan 4 Bekas Peninggalannya

Bahkan ketika viral dan menjadi buronan pemerintah setempat, suku ini nggak kunjung ketemu juga. Manusia dari Suku Mante memang pintar melarikan diri dan bersembunyi dari pemantauan orang-orang awam yang penasaran. Makanya, eksistensinya pun hingga kini masih menjadi misteri.