Cityawesome.com – Fakta menarik Suku Maya. Berbicara mengenai suku bangsa, tentunya di dunia ini hampir semua negara memiliki suku bangsa yang beragam. Seperti salah satunya adalah suku Maya yang berasal dan tinggal di Amerika Tengah dan berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik di sebelah barat dan Laut Karibia pada bagian timurnya. Selain itu Suku Maya sendiri merupakan sebuah kerajaan yang bahkan sudah berdiri sejak 250 M dan menghilang secara misterius tepatnya pada 925 M.

Sebagai informasi, kerajaan Suku Maya berada di masa kejayaannya sebelum menghilang yakni pada tahun 800 M. Bahkan berbagai kelebihan juga di miliki oleh suku ini sehingga di juluki sebagai suku yang hebat dan jenius. Bagaimana tidak, Suku Maya terbilang hebat terutama dalam bidang ilmu Astronomi, Matematika, Seni, hingga Arsitektur. Lalu apa saja fakta menarik tentang peradaban Suku Maya? Berikut ini beberapa penjelasannya untuk kamu ketahui.

1. Pernah meramal kiamat di tahun 2012

fakta menarik suku maya

Pernahkah kamu mendengar kabar mengenai kiamat pada tahun 2012 ? Hal ini bahkan sempat menghebohkan dunia hingga di buatkan filmnya. Berita mengenai kiamat tersebut pertama kali di sebutkan dalam kalender suku Maya di mana berisikan mengenai dunia yang akan berakhir pada tahun 2012. Namun menurut penanggalan, tahun 2012 justru merupakan akhir dari periode penciptaan sehingga di katakan sebagai kiamat. Selain itu berita mengenai kiamat 2012 semakin di perbincangkan saat adanya planet liar yang di kabarkan akan menghantam Bumi.

2. Kehidupan suku Maya dari waktu ke waktu

Peradaban suku Maya sendiri di katakan sudah menghilang secara misterius. Namun hingga kini Suku Maya masih hidup di dunia. Di mana ada sekitar 7 juta orang dari suku Maya sendiri yang masih hidup dan tinggal di berbagai daerah dan yang terbesar yakni di Meksiko. Selain itu beberapa penduduk yang berasal dari suku Maya juga di percaya masih mempertahankan beberapa tradisi yang berasal dari bagian kerajaan suku mereka. Namun sebagian dari mereka juga sudah mengikuti perkembangan dunia yang jauh lebih modern.

Baca Juga:  7 Landmark Termegah Dan Paling Keren Di Dunia

3. Memiliki keterampilan menulis yang baik

fakta menarik suku maya

Peradaban suku Maya hingga kini di percaya merupakan peradaban yang memiliki banyak keunggulan terutama di bidang ilmu pengetahuan. Hal ini juga di buktikan dengan kemampuan mereka saat menulis. Suku Maya terbilang memiliki keterampilan menulis tingkat tinggi di mana biasanya mereka membutuhkan batu, kayu, dan kulit pohon sebagai media.

4. Menjadi salah satu suku paling jenius

Terbilang jenius dan menjadi salah satu fakta menarik yang di miliki oleh suku Maya. Di mana mereka sangat memahami tentang ilmu pengobatan yang maju pada masanya. Selain itu kebanyakan penyembuhan penyakit yang di lakukan oleh suku maya adalah dengan menggunakan ilmu sihir. Bahkan lebih dari itu, suku Maya juga mengetahui teknik menjahit lukan hanya dengan menggunakan rambut manusia.

5. Sikap dan perilaku suku Maya

fakta menarik suku maya

Fakta menarik lainnya dari suku Maya adalah perilaku yang terbilang aneh. Di mana pada bayi yang baru lahir maka orang tua mereka akan memasangkan papan tepat di dahi bayi hanya agar memiliki kening yang datar. Tidak hanya itu saja, orang tua di suku Maua akan menanggalkan salah satu gigi susu dari bayi mereka hanya agar memiliki gigi tetap.

6. Mengelola buah Cokelat menjadi minuman

Suku Maya berhasil membuat minuman cokelat dari buah kakao atau buah cokelat sehingga menghasilkan rasa yang tidak pahit. Mungkin di era saat ini hal tersebut sangat biasa, namun pada masa peradaban suku Maya, hal ini tentunya menjadi kelebihan tersendiri bagi suku ini. Selain itu suku Maya biasanya mencampurkan jagung, cabai, dan madu untuk menghilangkan rasa pahit yang berasal dari buah cokelat.

Baca Juga:  6 Fakta Unik Warga Maroko yang harus Diketahui oleh Wisatawan

Demikian beberapa fakta menarik dari peradaban suku Maya untuk kamu ketahui. Di mana suku Maya sendiri sempat menghebohkan dunia karena berita mengenai Kiamat di tahun 2012.