Cityawesome.com – Fakta menarik suku Aztec. Di berbagai belahan bumi tentunya terdapat berbagai suku bangsa yang berbeda-beda. Dengan kebudayaan dan tradisi yang berbeda itulah menjadikan banyak orang ingin saling belajar dan mengenal. Salah satu suku yang cukup populer dan banyak di bicarakan adalah suku Aztec. Berasal dari Meksiko, suku Aztec sendiri bahkan menjadi salah satu kekaisaran terbesar yang menguasai Meksiko. Selain itu suku ini di hentikan sekitar tahun 1400 karena berbagai alasan tertentu.

Selain itu untuk kamu ketahui, suku Aztec juga terbilang sangat maju. Berbagai prestasi mereka miliki mulai dari arsitektur, filosofi, bahkan hingga artistik. Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai fakta menarik sekaligus beberapa ritual mengerikan yang di lakukan oleh suku Aztec untuk kamu ketahui.

1. Merupakan suku yang haus darah

fakta menarik suku aztec

Suku Aztec terkenal dengan kebiadabaannya di mana mereka sering mengorbankan manusia secara massal. Tidak main-main, bahkan suku ini mengorbankan sekitar 20 ribu nyawa setiap tahunnya. Selain itu mereka akan memotong dan memenggal kepala korban dengan alasan ritual. Lebih parah dari itu, mereka juga sampai merobek hati korbannya yang masih hidup.

2. Menyukai seni dan olahraga

Fakta menarik lainnya dari peradaban suku Aztec adalah mereka menyukai kegiatan seni dan olahraga. Bahkan permainan bola Aztec juga terbilang cukup terkenal. Tidak hanya permainan bola, kesenian mereka juga cukup di akui. Di mana melukis dan membuat puisi adalah salah satu cara mereka untuk mengapresiasi keterampilan yang di miliki.

3. Mengembangkan perbudakan

fakta menarik suku aztec

Berbeda dengan perbudakan pada umumnya, suku Aztec memiliki sistem kontrak dalam perbudakannya. Di mana mereka akan mendapatkan uang dan membeli kebebasan untuk diri sendiri. Selain itu perbudakan dalam suku Aztec sendiri dianggap sebagai uang yang bisa di jadikan untuk melunasi hutang. Oleh karena itu tidak jarang suku Aztec akan menjual anak meraka untuk dijadikan sebagai budak dalam waktu tertentu. Sistem perbudakan dalam suku ini juga terbilang tidak kejam sehingga para budak masih bisa menikah, memiliki anak, dan memiliki uang.

Baca Juga:  6 Masjid Terbesar dan Termegah di Asia Tenggara

4. Wajib belajar

Sebagai suku yang terbilang maju pada masanya, suku Aztec mewajibkan pendidikan baik darii rumah maupun dari sekolah. Selain itu mereka juga memiliki kasta sosial yang terbilang cukup kompleks. Di mana biasanya anak bangsawan akan belajar mengenai astronomi, filsafat, dan sejarah. Sedangkan anak dengan kasta yang lebih rendah akan belajar hal lainnya seperti peperangan dan berdagang. Namun pada anak perempuan biasanya mereka di haruskan untuk mempelajari tentang perawatan rumah.

5. Suku Aztec kemungkinkan lenyap karena penyakit dan bukan karena konflik

fakta menarik suku aztec

Banyak sejarawan yang mempercayai bahwa suku Aztec lenyap bukan di karenakan konflik tertentu melainkan karena penyakit. Di mana mereka menyebutkan bahwa populasi suku Aztec musnah karena cacar yang di dapatkan dari Eropa. Bahkan dalam 5 tahun pertama konflik dan pengaruh Eropa, sekitar 20 juta suku Aztec meninggal dunia karena penyakit cacar.

6. Hebat dalam akuntan dan catatan rumit

Sebagai suku yang maju, Aztec juga tidak ketinggalan dalam hal membuat catatan. Lebih dari itu, suku ini juga terbilang memiliki catatan yang rapi dan dengan sistem yang rumit. Bahkan alphabet suku Aztec juga berupa serangkaian gambar yang di tulis oleh pendeta menggunakan kulit pohon dan kulit rusa.

Nah itulah beberapa fakta menarik dari suku Aztec yang berasal dari Meksiko. Dengan ritual mereka yang cukup mengerikan dan terbilang haus darah, suku Aztec juga memiliki kemajuan dan prestasi yang mengagumkan pada masanya.***

Baca Juga:  7 Benteng Terluas di Dunia : Ada di Indonesia ?