Cityawesome.com – Taman nasional Baluran. Merupakan salah satu taman nasional yang berada di Situbondo. Taman nasional Baluran terbilang cukup populer dan memiliki cerita sejarahnya tersendiri. Bagaimana tidak, taman yang satu ini menjadi taman nasional pertama di Indonesia.

Di bangun pertama kali pada tahun 1980, taman nasional Baluran di kenal sebagai Africa van Jaca. Tidak tanggung-tanggung, taman nasional yang satu ini memiliki luas sekitar 25 ribu Ha. Di mana di dalamnya terdapat vegetasi sabana serta lebih dari 400 jenis tumbuhan, 25 mamalia, hingga lebih dari 150 jenis burung.

Mengunjungi taman nasional Baluran memungkinkan kamu untuk memperlajari berbagai keindahan alam yang tidak ada tandingannya.


Lokasi, harga tiket, dan Jam Operasional

Untuk kamu yang tertarik untuk berkunjung ke kawasan taman nasional Baluran ini lokasinya berada di Area Hutan Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. Selain itu harga tiket masuknya juga terbilang cukup terjangkau dan bervariasi.

taman nasional baluran

Berikut rincian harga tiket masuk Baluran :

  • Wisatawan Lokal Rp 5 ribu (weekday), Rp 7.500 (weekend).
  • Wisatawan asing Rp 150 ribu (weekday), Rp 225 ribu (weekend).
  • Rombel lokal >10 orang Rp 3 ribu (weekday), Rp 4.500 (weekend).
  • Rombel asing >10 orang Rp 100 ribu (weekday), Rp 150 ribu (weekend).
  • Pengamatan kehidupan liar /orang Rp 10 ribu, rombel >10 orang Rp 5 ribu.

Taman nasional Baluran di buka setiap hari mulai pukul 07.30 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Pastikan kamu datang di pagi hari sekaligus agar bisa menikmati udara pagi yang menyegarkan.


Keindahan taman nasional Baluran

Taman nasional yang satu ini memiliki keindahan berbeda. Penting untuk kamu menikmati semua yang tersaji di sana. Berikut ini beberapa keindahan taman nasional Baluran yang sekaligus menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang datang :

taman nasional baluran

Gua Jepang

Jika kamu berkunjung ke taman nasional yang satu ini maka nantinya kamu akan menemukan goa Jepang yang letaknya berada di pintu masuk. Gua yang memiliki luas sekitar 12 meter ini sempat menjadi tempat pertahanan sekaligus penyimpanan senjataa dan amunisi.

Baca Juga:  Top 5 Tempat Wisata di Pangalengan yang Populer

Hutan Evergreen

Sesuai dengan namanya, hotel Evergreen memungkinkan kamu menikmati hijaunya tanaman dan pepohonan yang rimbun. Selain itu kamu juga tidak perlu khawatir mengenai trek di hutan tersebut. Hal ini dikarenakan jalan yang ada di hutan sudah di lengkapi aspal meski hanya setapak.

taman nasional baluran

Di hutan inilah nantinya kamu akan menemukan berbagai satwa liar seperti ayam, tupai, merak, monyet, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Padang Savana

Daya tarik dan keindahan lainnya yang akan kamu temukan di taman Baluran adalah Padang Savana. Dimana padang savana tersebut di beri nama Bekol yang selalu menampakkan keindahannya baik saat kemarau maupun penghujan.

Selain itu biasanya bukit inilah yang di jadikan tempat berswafoto oleh banyak pengunjung. Hal ini di karenakan background yang di katakan sangat mendukung.


Demikian informasi mengenai harga tiket dan lokasi dari taman Baluran untuk kamu ketahui. Dapatkan pelajaran mengenai sejarah dengan berkunjung ke wisata edukasi terdekat seperti salah satunya taman nasional yang satu ini.

Baca juga :

***