Daya Tarik dan Keindahan Wisata Hutan Payau di Cilacap

Cityawesome.com – Wisata Hutan Payau. Cilacap merupakan salah satu daerah yang kaya akan destinasi wisata menarik. Mulai dari pantai, gunung, bahkan hingga laut tentunya akan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Menariknya lagi di Cilacap terdapat hutan payau yang seringkali di jadikan sebagai destinasi wisata dan cenderung tidak pernah sepi pengunjung.

Nah untuk kamu yang sedang berada di Cilacap dan sekitarnya, berikut ini beberapa ulasan mengenai Hutan Payau untuk bisa menjadi salah satu referensi kunjungan.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Hutan Payau Cilacap beralamatkan di Desa Beji Lor, Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara. Tepatnya hanya berjarak sekitar 6 KM dari terminal bus Cilacap. Selain itu untuk tarif masuknya juga terbilang cukup terjangkau yakni hanya Rp 11.500 saja perorang.

Sedangkan untuk jam operasional wisata Hutan Payau Cilacap di buka setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Sejarah wisata Hutan Payau Cilacap

Sebenarnya bagi masyarakat asli Cilacap sudah tidak asing lagi dengan keberadaan Hutan Payau. Di mana hutan ini lebih populer dengan istilah Hutan Bakau atau Hutan Mangrove. Adapun nama Payau sendiri berasal dari fakta bahwa semua tumbuhan di sana bisa tumbuh karena media campuran air laut dan air tawar.

Menariknya lagi keberadaan Hutan Payau ini memberikan peranan penting bagi kehidupan manusia. Hal ini di karenakan tanaman bakau atau mengrove bisa menjadi tempat hidup bagi kebanyakan biota air.

Selain itu bagi kehidupan manusia, keberadaan Hutan Bakau sendiri bermanfaat untuk menahan gelombang air laut sekaligus mencegah erosi.

Hutan Payau di Cilacap memiliki luas lahan sekitar 10 hektar dengan berisikan tanaman mangrove di dalamnya yang tumbuh di atas lahan rawa. Keberadaan Hutan Payau ini di kelola secara langsung oleh Perum Perhutani KPH Banyumas Barat dan bekerjasama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Cilacap.

Daya tarik dan aktivitas wisata Hutan Payau Cilacap

Hutan Payau di Cilacap memiliki daya tariknnya tersindiri yang menjadikan banyak pengunjung datang setiap harinya. Adapun beberapa daya tarik dan aktivitas yang bisa di lakukan di Hutan Payau adalah :

1. Menjelajah

Jika kamu sudah aktivitas menjelajah hutan, maka Hutan Payau bisa menjadi salah satu opsi yang sayang untuk dilewatkan. Saat datang, maka kamu akan menemukan ribuan jenis bakau yang tumbuh subur di sana. Selain itu suasana diarea Hutan juga sangat teduh sehingga membuat siapapun menjadi betah untuk datang berlama-lama.

Menariknya lagi, pihak pengelola Hutan Payau ini sudah menyediakan walking track yang bisa di manfaatkan untuk menyusuri area hutan.

2. Jejeran spot foto kekinian

Daya tarik lainnya yang ada di wisata Hutan Payau adalah tersedia berbagai spot foto yang menarik dan instagramable. Adapun berbagai pilihan spot yang cukup favorit adalah rumah apung, dermaga cinta, jejeran saung, jembatan layang, selfie deck, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Menikmati keindahan senja

Jika kamu berkunjung ke Hutan Payau Cilacap hingga sore, maka nantinya kamu akan menemukan senja yang muncul dengan keindahannya. Perpaduan antara air laut yang jernih dan semburan warna matahari jingga membuat siapapun takjub akan keindahannya. Oleh karena itu tidak heran jika menjelang tutup, wisata ini malah semakin ramai.

Nah itulah beberapa ulasan menarik tentang keindahan Hutan Payau di Cilacap. Jika kamu sedang berada di kota ini, maka pastikan agar tidak melewatkan wisata Hutan Payau yang selalu ramai pengunjung setiap harinya.

Baca Juga :

***