Cityawesome.com – Wisata Hutan Kota Srengseng. Menjadi kota Metropolitan yang padat penduduk, bukan berarti Jakarta tidak memiliki objek wisata alam. Jika ada waktu berlibur, kamu bisa mencoba untuk mamir ke area wisata Hutan Kota Srengseng untuk sekedar merefreshkan diri sekaligus menghabiskan waktu dari penatnya aktivitas sehari-hari.

Suasana terbilang cukup sejuk sehingga tidak membawa kesan ibukota yang panas dan padat. Hutan Kota Srengseng memiliki luas area sekitar 15 hektar dengan lebih dari 10 ribu pohon yang tumbuh di dalamnya. Berlokasi di Jakarta Barat, simak ulasan di bawah ini untuk kamu yang penasaran dan ingin berkunjung kesana.

wisata hutan kota srengseng

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Hutan Kota Srengseng beralamatkan di Jl. H. Kelik, RT.8/RW.6, Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia, 11630. Menariknya lagi harga tiket yang di kenakan untuk masuk ke wilayah hutan terbilang cukup terjangkau yakni hanya Rp 2 ribu saja. Hanya saja tentunya biaya tersebut belum termasuk tarif parkir yang di sesuaikan dengan jenis kendaraan.

Jam operasional dari wisata Hutan Kota Srengseng di buka setiap hari mulai jam 07.00 sampai dengan 17.00 WIB.

wisata hutan kota srengseng

Daya tarik dan keindahan Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng atau yang biasa di singkat dengan HKS merupakan kawasan hutan lindung yang sekaligus berfungsi sebagai daerah resapan air. Selain itu di sana juga terdapat danau buatan dengan ukuran yang cukup luas. Lalu apa saja daya tarik wisata Hutan Kota Srengseng? Berikut ini beberapa daya tarik serta keindahan wisata yang ada di sana :

1. Sejarah Hutan Kota Srengseng

Menurut sejarahnya, hutan kota satu ini dulunya tidak lain adalah lahan pembuangan sampah. Hingga tidak sedikit penduduk yang mengeluhkan permasalahan tersebut karena bau sampah yang cukup mengganggu. Kemudian pemerintah daerah memutuskan untuk mengalihkan Hutan Kota Srengseng sebagai wilayah resapan air dan plasma nutfah.

Baca Juga:  Info Lokasi dan Harga Tiket Wisata Predator Fun Park

Di mulai pada tahun 1994, pemerintah merencanakan pembangunan lokasi wisata yang di lakukan secara bertahap. Dengan semua sampah yang di padatkan pada sebuah cekungan tanah untuk kemudiian di tutup dengan lapisan tanah baru.

2. Menjadi paru-paru kota

Setelah di lakukan peralihan fungsi, wisata Hutan Kota Srengseng saat ini menjadi sarana publik yang memberikan manfaat. Seperti pada penjelasan sebelumnya, hutan ini memiliki lebih dari 10 ribu pohon yang tumbuh di dalamnya. Dengan berbagai macam tumbuhan dari jenis yang berbeda mulai dari tanaman hias hingga keras.

Secara tidak langsung menjadikan Hutan Kota Srengseng sebagai paru-paru kota dan membantu penyerapan ratusan ton gas karbon dioksida.

3. Destinasi liburan keluarga

Banyak wisatawan yang memilih untuk berkunjung sekaligus menghabiskan waktu di kawasan Hutan Kota Srengseng ini. Hal tersebut juga beriringan dengan pihak pengelola yang menyediakan fasilitas publik sebagai penunjang wisata.

Selain itu untuk kamu yang gemar berolahraga, di sana terdapat jogging track yang selalu ramai saat pagi dan menjelang sore hari. Menariknya lagi kamu bisa melakukan aktivitas memancing di danau buaatan. Bahkan jika mendapatkan ikan dari hasil pancing, maka kamu tidak perlu membayar uang sepeserpun.

4. Sebagai wisata edukasi

Tidak hanya tumbuh ribuan pohon, wisata Hutan Kota Srengseng juga menjaadi salah satu kawasan konservasi dan penelitian. Di mana terdapat beragam jenis flora dan fauna yang bisa mengedukasi pengunjung.

Selain itu pihak pengelola juga menyediakan berbagai bibit tanaman untuk bisa di tanam secara langsung oleh pengunjung.

wisata hutan kota srengseng

Fasilitas wisata Hutan Kota Srengseng

Bukan sekedar wisata hutan yang tidak di kelola. Meskipun harga tiket masuk terkesan murah, namun fasilitas wisata di sana cukup membuat siapapun menjadi betah berlama-lama. Adapun beberapa fasilitas penunjang wisata yang ada di Hutan Kota Srengseng di antaranya adalah :

  • Area parkir yang cukup luas
  • Gedung pengelola hutan
  • Toilet
  • Mushola
  • Pusat Informasi
  • Jejeran kios dan penjual makanan
  • Jogging track
  • Playground
  • Sarana panjat tebing
Baca Juga:  Mengunjungi Wisata Taman Buah Lubuk Pakam, Ada Apa Saja ?

Demikian ulasan mengenai wisata Hutan Kota Srengseng yang menarik untuk dikunjungi. Jika lelah dengan sibuknya aktivitas di Ibukota, objek wisata satu ini bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik yang sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga :

***