busan city

Korea Selatan sudan menjadi salah satu negara maju dengan komoditi utama berupa produk budaya dan pariwisata. Banyak tempat wisata di Busan yang menarik dan menjadi favorit kunjungan turis. Siapa yang tidak mengenal k-pop, k-drama, k-culture, dan juga k-food. Anak-anak muda di seluruh dunia dan terutama di Asia hampir semuanya mengenal BTS, Blackpink, dan berbagai idol k-pop lain. Tidak kalah juga drama korea yang menghiasi kayar kaca dan mendapatkan jutaan pemirsa setiap harinya.

Saat ini sebagian besar anak di Indonesia mempunyai impian untuk dapat mengunjungi negara Korea Selatan. Selain terpengaruh dengan budaya popnya, mereka juga ingin menyaksikan keindahan negeri yang tergambar di produk promosi film, drama, dan budaya populer Korea.

Ada satu lokasi yang sangat indah sering menjadi tempat wisata dan tempat syuting film atau drama di Korea Selatan. namanya adalah Busan. Wilayah yang berada di pinggir pantai ini bagian selatan dari semenajung Korea, memiliki pemandangan alam yang sangat ciamik.

Beberapa rekomendasi tempat wisata di Busan tersebut adalah:

1. Taejongdae Viewpoint

Tempat Wisata di Busan

Bagi para pengunjung yang ingin liburan ke taman sambil menikmati pemandangan laut dapat memilih Taejongdae sebagai destinasi wisata di Busan. Taman alami ini menghadap langsung ke laut terbuka di ujung paling selatan pulau Yeongdo-gu. Terdapat spot-spot dan dek pengamatan yang sangat menarik untuk berfoto bersama maupun sendiri. Pemandangan alami dan indah dari perpaduan laut, mercusuar, tebing dan kapal laut menjadi semakin menambah pengalaman liburan Anda.

Taejongdae terkenal sebagai pantai berbatu dan memiliki puncak setinggi 250 mdpl. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat hutan pinus dan 200 jenis pohon lainnya. Lokasi ini diberi nama berdasarkan nama raja Shilla ke-29, raja Taejong Mu-Yeol. aejongdae terletak di 24, Jeonmang-ro, Yeongdo-gu, Busan. Lokasi ini pun bisa diakses tanpa biaya, kecuali untuk beberapa fasilitas seperti Danubi Train.

2. Yongdusan Park dan Busan Tower

Yongdusan Park dan Busan Tower

Yongdusan adalah salah satu dari tiga gunung paling terkenal di Busan. Terletak di 37-55, Yongdusan-gil, Jung-gu, Busan. Di taman ini terdapat beberapa fasilitas yang menarik, seperti Busan Tower, Yongdusan Art Gallery, patung jenderal besar Korea Lee Sun Shin, dan beberapa monumen lainnya. Taman ini buka sepanjang tahun dan tanpa biaya untuk bisa masuk kesana.

Tempat ini merupakan tempat terbaik untuk menikmati seluruh keindahan kota Busan. Sebagai kota pelabuhan tersibuk kelima di seluruh dunia, di menara ini kita dapat menyaksikan kapal kargo yang hilir mudik, pelabuhan yang tidak pernah sepi dan panorama kota pada malam hari.

3. Wisata Kuliner Pasar Tradisional Jagalchi dan Gukje

Tempat Wisata di Busan

Area Busan International Film Festival (BIFF) terletak berseberangan dengan Jagalchi Fish Market, selain terekenal karena perehelatan festival filmnya, di daerah ini banyak toko tumpah ruah menjual segala rupa. Jajanan kaki lima, warung makan, toko baju, toko kosmetik, toko kaos kaki, toko kue, restoran yang lengkap.

Jagalchi Fish Market merupakan pasar ikan terbesar di Busan. Seafood di sana pun sangat bervariasi dan makanannya bisa langsung dimasak di sana. Sementara Gukje Market merupakan pasar tradisional yang menjual berbagai kebutuhan seperti pakaian dengan harga yang jauh lebih murah.

4. Tempat Wisata di Busan Oryukdo Skywalk

Tempat Wisata di Busan

Jika Anda penggemar film Haeundae, tak asing dengan Oryukdo Skywalk sebagai lokasi untuk syuting. Berada di distrik Nam, Anda akan akan menguji keberanian dengan berjalan di atas skywalk transparan yang di bawahnya adalah lautan lepas setinggi 35 meter. Tak perlu membayar jika ingin masuk ke Oryukdo Skywalk, hanya saja setiap hari pengunjung dibatasi 120 orang.

Setiap orang memiliki durasi 5 menit untuk berjalan di atas skywalk dan bergantian dengan yang lainnya. Anda dapat berfoto dan mengambil pemandangan laut lepas dari atas skywalk. Oryukdo skywalk beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 pagi hingga 18.00 petang, kecuali hari libur yang mulai beroperasi pada pukul 12.00 siang.

5. Tempat Wisata di Busan Pantai Haeundae

Pantai Haeundae

Sebagai kota yang berada di dekat lautan, tentu lokasi-lokasi wisata di Busan tak bisa terlepas dari pantai. Salah satu pantai yang wajib Anda datangi saat ke Busan adalah pantai Haeundae yang begitu populer dan ramai pengunjung saat musim panas datang. Dengan hamparan pasir putih bersih nan halus, keindahan pantai Haeundae bahkan sudah mampu menarik turis asing.

Untuk datang ke Pantai Haeundae, Anda hanya perlu perjalanan darat sekitar satu jam dari Bandara Gimhae. Ada banyak watersport yang bisa Anda lakukan di pantai Haeundae seperti naik kano, main jetski hingga berjemur. Sebagai pantai terbesar di Korsel, hamparan pasir putih di Haeundae membentang sampai 1,5 km dan lebar area pantai sekitar 30-50 meter.

By Mita