lemang oleh-oleh khas medan

Medan memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Tidak hanya terkenal bagi wisatawan lokal, wisatawan mancanegara sudah mengenal cukup banyak beberapa tempat wisata di Medan yang mengundang perhatian. Apalagi sudah menjadi rahasia umum jika kota wisata atau daerah di Indonesia memiliki kuliner khas dan oleh-oleh khas Medan lain untuk buah tangan.

Jika Anda bingung mau bawa oleh-oleh apa, simak oleh-oleh yang sangat terkenal di Medan.

Bolu Gulung Meranti

oleh-oleh khas medan bolu meranti

Bolu Meranti merupakan salah satu oleh-oleh khas Medan yang paling banyak penggemarnya. Selain terkenal dengan rasa yang enak, kue ini juga memiliki banyak varian rasa mulai dari keju, blueberry, cokelat, stroberi, nanas, moka, dan kacang. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu mulai Rp60.000 per kotak.

Selain bolu gulung, Bolu Meranti juga menyediakan produk bolu gulung 3-in-1 yang terdiri dari rasa keju, blueberry, dan cokelat. Selain bolu, tersedia juga jajanan lain seperti lapis legit, lapis surabaya, brownies, kue sus hingga bika ambon.

Bika Ambon

bika ambon

Ada yang sempat menyangkan gak bahwa oleh-oleh yang satu ini berasal dari Ambon? tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa Bika Ambon berasal dari Ambon karena namanya. Tapi ternyata, makanan yang lezat satu ini berasal dari Kota Medan.

Bika Ambon memiliki tekstur berserat dengan rasa legit terbuat dari tepung tapioka, gula, santan, telur dan air nira. Ada beberapa varian rasa mulai dari original, pandan, hingga keju. Oleh-oleh Medan ini bisa bertahan hingga empat hari.

Pancake Durian Medan

pancake durian oleh oleh khas medan

Ada yang suka buah durian? cobalah konsumsi dengan sajian berbeda pada sebuah pancake. Pancake Durian Medan sangat terkenal dan menjadi oleh-oleh favorit para pecinta durian. Berbedan dengan bentuk pancake pada umumnya, Pancake Durian Medan berbentuk seperti dadar gulung terbuat dari kulit adonan tepung dengan daging durian yang rasanya luar biasa. Bahkan, ada banyak varian rasanya mulai dari mocca, original, coklat hingga pandan.

Sirup Buah Markisa

sirup markisa

Oleh-oleh khas Medan satu ini bisa bertahan cukup lama. Tidak hanya durian saja yang bisa menjadi pancake, kamu juga bisa mencicipi buah markisa Medan dalam sajian sirup yang segar. Sirup Buah Markisa sangat cocok untuk siang hari di tengah udara kota Medan yang panas.

Sirup ini mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Ada banyak penjual sirup buah markisa, khususnya di pusat oleh-oleh khas Medan.

Lapis Legit Affinois

lapis legit

Baru-baru inil lapis Legit mendapat predikat sebagai salah satu ‘Cake of The World’ terlezat asal Indonesia. Makanya nggak lengkap kalo belom beli Lapis Legit dari Medan ini.
Affinois memang terkenal unik dan berbeda dengan brand kue tradisional lainnya di Medan. Berbeda dengan resep lagis legit yang banyak memakai aroma rempah pada umumnya, Lapis Legit Affinois menonjolkan aroma roombutter, memakai lebih banyak kuning telur, dan bereksperimen dengan beragam rasa dan tekstur yang lebih digemarin anak muda. Selain bestseller Lapis Legit Signature dan Prunes premium, Affinois juga menawarkan varian rasa seperti Lapis Legit Cheese, Cappuccino, Chocochip dan Raisin.

Teri Medan

teri medan

Bagi yang ingin mencari kuliner atau oleh-oleh dengan rasa asin, ikan teri bisa menjadi alternatif yang tepat. Ikan teri yang menjadi makanan favorit masyarakat lokal ini bisa kamu dapatkan di seluruh pasar tradisional di sini, salah satunya Pasar Sentral yang menjadi pusat pedagang ikan teri. Ada pun produk yang dijual di tiap kios adalah jenis ikan teri tauge Medan dan ikan teri nasi Medan.

Supaya lebih praktis, saat ini sudah banyak produk ikan teri olahan. Salah satu teri olahan yang banyak diburu adalah Teri Bajak Medan. Produk ini mengemas ikan teri menjadi sambal ikan teri dengan berbagai rasa, seperti sambal cabai merah dan cabai rawit.

By Mita