Cityawesome.com – Biaya perjalanan Pulau Onrust. DKI Jakarta merupakan ibukota Indonesia yang sekaligus menjadi salah satu kota terpadat di negeri ini. Tidak sedikit masyarakat Jakarta sendiri merasa jenuh saat tinggal di Jakarta. Meskipun terkesan sumpek, namun kamu tidak perlu bingung untuk menemukan objek wisata yang membuat healing suasana hati.

Pulau Onrust merupakan salah satu rekomendasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pulau Onrust sendiri tidak lain adalah pulau kecil yang tidak berpenghuni. Lokasinya berada di kawasan Pulau Seribu dan hanya berjarak sekitar 1,2 KM dari Pulau Bidadari.

Lebih dari itu, pulau ini menyimpan banyak sejarah di mana kamu akan bisa menemukan bangunan museum bekas rumah sakit, karantina haji, makam belanda, bahkan hingga penjara. Namun yang membuatnya menarik adalah suasana sekitar pulau masih terbilang cukup asri.

biaya perjalanan pulau onrust

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Pulau Onrust beralamat di Pulau Onrust, Pulau Untung Jawa, kepulauan seribu, administrasi kepulauan seribu, DKI Jakarta, Indonesia, 14520. Di mana untuk bisa sampai kesana, kamu harus menaiki kapal dari Muara Kamal menuju dermaga Pulau Onrust.

Selain itu harga tiket masuk pulau Onrust terbilang cukup terjangkau yakni hanya sekitar Rp 5 ribu saja perorang. Terlebih jam operasionalnya di buka setiap hari kecuali Senin selama 24 jam. Dengan begitu nantinya kamu bisa mengunjungi Pulau Onrust kapanpun sesuka hati.

biaya perjalanan pulau onrust

Daya tarik wisata Pulau Onrust

Tidak hanya bisa di jadikan sebagai tempat rekreasi, Pulau Onrust bisa di manfaatkan sebagai wisata edukasi sejarah. Bagaimana tidak, di dalamnya terdapat peninggalan masa lalu yang bisa di bilang kuno. Selain itu ada beberapa bangunan tua yang penuh lumut dan tidak terawat.

Baca Juga:  Info Lokasi dan Harga Tiket Terbaru Wisata Pacet Mini Park

Lalu apa saja yang ada di sana? Berikut beberapa ulasannya !

1. Berbagai artefak didalam museum

Pada penjelasan sebelumnya, di pulau ini terdapat museum yang dulunya adalah bangunan bekas rumah sakit. Di museum tersebut di temukan beberapa benda artefak berupa pecahan keramik Eropa, sepatu besi, bahkan hingga peluru meriam. Tidak hanya artefak saja, kamu juga bisa menemukan kumpulan foto jemaah haji yang karantina di sana pada tahun 1911. Menariknya lagi di sana terdapat gambaran Pulau Onrust sejak abad 17 hingga 20 lengkap dengan tata letaknya.

2. Makam Kuno

Tidak hanya museum, saat datang ke Pulau Onrust memungkinkan kamu untuk melihat makam kuno baik dari makam Belanda maupun Pribumi. Makam tersebutlah yang memberikan bukti bahwa sebelumnya Pulau Onrust menjadi pulau berpenghuni.

Namun sama dengan makam pada umumnya, hawa di sana masih terasa mistis dan angker. Terlebih banyak pepohonan rindang yang berdiri di area makam.

3. Bekas Penjara

Sebagai informasi tambahan, dulunya Pulau Onrust pernah di jadikan sebagai penjara bagi pemberontak. Selain itu bangunan penjara di sana dibangun oleh Balanda dan lokasinya berada di tengah pulau. Namun saat ini bekas penjara tersebut hanya menyisakan puing-puingnya saja.

4. Replika Kicir Angin

Saat baru menginjakkan kaki di Pulau Onrust nantinya kamu akan di sambut dengan replika kicir angin. Menariknya adalah replika tersebut di buat oleh VOC. Seiring berjalannya waktu, replika kicir angin saat ini di gunakan sebagai spot foto menarik dan ikonik bagi para wisatawan.

biaya perjalanan pulau onrust

Fasilitas di Pulau Onrust

Meskipun Pulau Onrust merupakan pulau yang tidak berpenghuni, namun fasilitas di dalamnya terbilang cukup lengkap sehingga bisa di gunakan oleh pengunjung sebagai penunjang wisata. Adapun beberapa fasilitas yang ada di Pulau Onrust yakni :

  • Area Gazebo
  • Tempat duduk
  • Toilet
  • Mushola
  • Jejeran warung jajanan
  • Listrik di jam tertentu
Baca Juga:  8 Festival Jepang Paling Populer Sepanjang Tahun

Demikian ulasan mengenai biaya perjalanan Pulau Onrust yang bisa menjadi inspirasi berlibur di Ibukota Indonesia. Kamu bisa mengajak teman maupun keluarga untuk menghabiskan waktu dan belajar sejarah yang ada disana.

Baca Juga :

***