Site icon City Awesome

8 Festival Jepang Paling Populer Sepanjang Tahun

Dalam hal festival, orang Jepang tahu cara merayakannya. ‘Matsuri’ tradisional mereka mungkin telah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan mungkin berbeda dari satu komunitas ke komunitas lainnya. Namun, kesamaan yang mereka semua miliki saat ini, adalah bahwa mereka sangat menarik, sangat menyenangkan dan semua orang dapat bergabung dalam acara menyenangkan ini, termasuk para turis. Berikut beberapa festival Jepang yang wajib kamu saksikan jika kamu sedang berada di Jepang. 

1. Perayaan Tahun Baru atau ‘Shogatsu’

Kedatangan tahun baru pada tanggal 1 Januari biasanya dirayakan dengan keluarga dan makanan simbolis. Orang-orang berkumpul di kuil pada tengah malam pada tanggal 31 Desember untuk merayakaan dengan lonceng perunggu raksasa, sebelum mereka berdoa untuk membawa keberuntungan dan kesuksesan di Tahun Baru. Ini mungkin hari libur paling penting di Jepang, dan wanita serta anak perempuan sering memakai kimono yang indah untuk merayakannya.

2. Yuki Matsuri di Sapporo

Festival salju atau ‘Yuki Matsuri’ berlangsung di Sapporo pada bulan Februari. Festival ini sudah ada sejak tahun 1950 oleh pelajar lokal yang membangun serangkaian enam patung dari salju, festival ini sekarang ditandai dengan patung salju raksasa.

3. Hakata Dontaku Matsuri di Kota Fukuoka

Pada tanggal 3 dan 4 Mei, ribuan orang menari dan berparade di jalanan Kota Fukuoka untuk ambil bagian dalam Hakata Dontaku Matsuri. Saat berparade, mereka membawa ‘Shamoji’ kayu tradisional. Festival ini juga terkenal sebagai Festival Pelabuhan Dontaku Hakata karena banyak acara berlangsung di sekitar area pelabuhan.

BACA JUGA: 4 Kota Jepang Terbaik untuk Liburan

4. Kanda Matsuri di Tokyo

Salah satu festival paling terkenal di Tokyo, Kanda Matsuri berlangsung pada pertengahan Mei setiap tahun. Fastival ini merupakan festival untuk kuil Kanda Myojin. Sekitar seribu orang menemani Mikoshi melalui jalan-jalan saat mereka memulai perjalanan dari Kanda Myojin di pagi hari, melewati distrik Kanda, Nihonbashi dan Akihabari, sebelum kembali ke kuil saat malam tiba.

5. Gion Matsuri di Kyoto

Berlangsung selama sebulan penuh di bulan Juli, Gion Matsuri adalah salah satu festival Jepang paling terkenal. Puncak festival berlangsung pada tanggal 17 dan 24 Juli, ketika prosesi akbar kendaraan hias yang terkenal sebagai ‘Yamaboko Junko’ berjalan menuruni Jalan Kawaramachi dan Oike di Kyoto.

BACA JUGA: 5 Kegiatan Wajib Saat Liburan Musim Semi di Jepang

6. Tenjin Matsuri di Osaka

Osaka memiliki festival sendiri di bulan Juli yang terhubung dengan Kuil Tenmangu. Festival ini mulai pada tanggal 24 dan 25 setiap bulan, acara ini menampilkan prosesi darat dan prosesi sungai dengan perahu dengan kembang api pada hari kedua.

7. Nebuta Matsuri di Kota Aomori

Agustus menjadi tuan rumah Nebuta Matsuri, yang berlangsung antara tanggal 2 dan 7 Agustus. Saat matahari terbenam, Nebuta (lentera mengapung dalam bentuk figur manusia) berjalan melalui Kota Aomori dengan ribuan penari yang bernyanyi.

8. Tanabata Matsuri di Kota Sendai, Miyagi

Agustus jelas merupakan waktu puncak festival. Tanabata Matsuri berlangsung di Kota Sendai antara 6 dan 8 Agustus. Ini berdasarkan pada legenda Tiongkok kuno tentang dua bintang yang dikenal sebagai Altair dan Vega. Ini menampilkan ribuan dekorasi kertas warna-warni yang sangat besar yang digantung di mana-mana di jalan-jalan utama kota.

BACA JUGA: 6 Street Food Jepang Terenak yang Wajib Kamu Coba

Exit mobile version