Ledok sambi kaliurang

Ledok Sambi Kaliurang menjadi salah satu lokasi wisata yang termasuk dalam golongan hidden gems di daerah Jogja. Mengapa? Karena tempat wisata ini masih belum banyak diketahui orang meskipun tempat dan pemandangannya indah. 

Oleh sebab itu, kamu bisa mengunjungi tempat ini untuk sekedar berwisata dan merilekskan pikiran. Jika kamu mau tahu apasl saja daya tarik dan fasilitasnya, kamu bisa simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Rute Lokasi Ledok Sambi Kaliurang

Salah satu wisata alam di Yogyakarta yang menawarkan suasana di sekitar lembah adalah Ledok Sambi Kaliurang. Wisata ini cocok untuk kamu yang suka menikmati suasana alam dengan pemandangan yang masih asri. 

Datangi saja lokasi wisata ini yang terletak di lereng Gunung Merapi. Jika kamu berangkat dari titik Kota Yogyakarta, maka kamu bisa menempuhnya dalam waktu sekitar 45 menit dengan jarak tempuh sekitar 18 km. 

Harga Tiket Masuk Ledok Sambi Kaliurang

Harga tiket masuk

Siapapun yang ingin berkunjung destinasi wisata Ledok Sambi Kaliurang, nggak perlu membayar sejumlah biaya untuk membeli tiket masuk. Sebab, kamu bisa masuk ke lokasi wisata ini secara gratis tanpa pungutan biaya sepeserpun. 

Namun, nggak menutup kemungkinan pula buat kamu yang ingin memberikan biaya sumbangan sebagai kontribusi. Kamu bisa memberikan biaya seikhlasnya saat masuk ke lokasi wisata ini sebagai biaya untuk memperbaiki tempat wisatanya.  

Buat kamu yang mau masuk ke tempat wisata ini sebaiknya tetap memperhatikan jam operasionalnya. Ledok Sambi buka setiap pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore. Jika kamu datang ke tempat ini, usahakan untuk datang di rentang waktu tersebut. 

Daya Tarik Wisata Ledok Sambi Kaliurang

Desa Sambi memiliki berbagai macam daya tarik yang tersembunyi. Selama berada di lokasi wisata ini kamu bisa menikmati pemandangan alam khas pedesaan yang asri dan sejuk. Mulai dari persawahan, sungai, dan rerumputan hijau yang menyegarkan. 

Baca Juga:  Top 5 Kopi Asli Indonesia Yang Populer Dan Mendunia

Selain pemandangan alam yang asri, kamu juga bisa menikmati wisata kuliner di warung kopi dengan konsep piknik. Warung kopi ini memiliki tampilan yang otentik dan khas pedesaan. Maka dari itu, pesanlah secangkir kopi panas sambil melihat hamparan sawah hijau sambil menikmati semilir angin sepoi-sepoi. 

Pilihan lain yang bisa kamu lakukan saat berada di Ledok Sambi adalah lokasi sungai yang mengalir. Nikmatilah pemandangan sungai sambil berpiknik di sekitar aliran sungai. Sementara itu, makanan dan minumannya bisa kamu beli terlebih dahulu di warung. 

Bagi kamu yang ingin berkemah di sekitar lokasi wisata, kamu bisa mendirikan sebuah tenda di atas lahan yang kosong. Kalau kamu nggak membawa tenda, kamu bisa menyewa tenda dengan harga sebesar 159 ribu rupiah per malamnya. 

Fasilitas yang Tersedia 

Fasilitas wisata Ledok sambi kaliurang

Wisata Ledok Sambi Kaliurang memang menarik, apalagi bila melihat pemandangan alam yang ada di sekitarnya. Pemandangan alam seperti aliran sungai, hamparan sawah yang hijau, dan panorama Gunung Merapi dari jauh. 

1. Lokasi Pertanian dan Peternakan

Lahan pertanian yang luas bisa menjadi salah satu pilihan wisata yang kamu nikmati. Selain lahan pertanian, ada juga lokasi peternakan yang masih berada di area yang sama dengan lokasi pertanian. Dengan adanya fasilitas seperti ini, kamu bisa belajar cara bercocok tanam dan beternak di Ledok Sambi. 

5 Rekomendasi Wisata Hutan Terbaik di Indonesia

2. Kegiatan Outbound

Bagi kamu yang suka melakukan kegiatan olahraga ekstrim, maka kegiatan outbound bisa menjadi pilihan tepat. Ada fasilitas outbound yang tersedia di destinasi wisata ini. Dengan begitu, kamu bebas melakukan kegiatan outbound seperti flying fox, dan lain-lain.  

3. Kegiatan Seni

Selain outbound, kamu juga bisa menikmati kegiatan seni seperti wayang kulit, karawitan Jawa, dan uyon-uyon. Pelajari kesenian dan pelatihan seni yang ada di sini secara maksimal. Dengan cara inilah kamu bisa mendapatkan ilmu baru yang berkaitan dengan seni. 

Baca Juga:  Fakta Unik Provinsi Bengkulu, Banyak Sejarah Yang Tercatat !

Baca Juga :

***