Cityawesome.com – Hutan tertua di dunia. Untuk kamu yang memiliki hobi menjelajah. Hutan merupakan salah satu tempat yang juga tidak boleh tertinggal. Meskipun keberadaan hutan di dunia semakin berkurang, namun ternyata masih ada lho beberapa hutan tertua di dunia yang bisa di jadikan sebagai tempat untuk menjelajah.

Bahkan di beberapa hutan tertua di dunia, hingga kini masih menjaadi habitat bagi banyak flora dan fauna di dalamnya. Lalu apa saja hutan tertua di dunia? Berikut ulasannya khsusus untuk kamu.

1. Hutan Hujan Daintree, Australia

Menjadi salah satu hutan tertua di dunia. Hutan Hujan Daintree bahkan sudah ada sejak zaman prasejarah yang sekaligus di huni oleh penduduk asli suku Aborigin.

1. Hutan Hujan Daintree, Australia

Di temukan pertama kali pada tahun 1600an, menjadikan Daintree sebagai hutan hujan terbesar di Australia dengan sekitar 12 ribu spesies hewan di dalamnya.

2. Hutan Hujan Tarkine, Australia

Tidak hanya Hutan Hujan Daintree. Di Australia juga terdapat hutan tertua di dunia yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai destinasi wisata.

2. Hutan Hujan Tarkine, Australia

Hutan Hujan Tarkine, berada di barat laut Australia yanag memiliki luas sekitar 1,800 KM2.. Hutan yang satu ini sangat terancam oleh penebangan liar dan aktivitas manusia lainnya yang membahayakannya. .

3. Hutan Hujan Dataran Rendah Kalimantan, Indonesia

Hutan tertua di dunia selanjutnya bisa kamu temukan di negara kita, Indonesia. bahkan Hutan Hujan Kalimantan ini di kenal memiliki usia sekitar 140 juta tahun dengan luas 427.500 kilometer persegi.

Dataran Rendah Kalimantan

Selain itu Hutan Hujan Borneo ini menjadi rumah bagi lebih dari 3.000 spesies pohon, 15.000 spesies tanaman bunga, 420 spesies burung dan 221 spesies hewan darat.

Baca Juga:  7 Waterpark Terbaik Di Dunia : Memiliki Wahana Yang Lengkap !

Hutan ini juga menjadi satu-satunya tempat tinggal orangutan Kalimantan. Sayangnya, kondisi hutan ini semakin memprihatinkan dari waktu ke waktu karena telah banyak yang hilang akibat ulah manusia yang suka menebang hutan secara liar.

4. Hutan Hujan Amazon, Amerika Selatan

Hutan Amazon memang sudah banyak doikenal sebagai hutan tertua di duna. Bahkan hutan Amazon sendiri memiliki usia sekitar 55 juta tahun serta luas yang mencapai 5.5 juta kilometter persegi.

hutan tertua di dunia Amazon

Selain itu, hutan ini juga masuk dalam beberapa negara sekaligus yaitu Brasil, Peru, Kolombia, Bolivia, Venezuela, dan beberapa negara lainnya.

Tidak hanya menjadi hutan terbesar dan tertua di dunia, Amazon juga menjadi hutan yang paling beragam. Bahkan hutan ini juga menganadung sekitar 90 hingga 140 miliar metrik ton karbon di mana apabila karbon tersebut di lepaskan maka akan meningkatkan pemanasan global secara signifikan.

5. Hutan Nasional Reunion, Madagaskar

Rekomendasi hutan tertua di dunia yang tak kalah indah lainnya adalah Hutan Nasional Reunion. Hutan ini berada di sekitar pulau yang memiliki nama yang sama juga di dekat Madagaskar.

Selain itu, hutan ini luasnya mencapai 4 persen dari total luas pulau yang sekaligus menjadi situs resmi yang di lindungi sejak tahun 2007.

hutan tertua di dunia 5. Hutan Nasional Reunion, Madagaskar

Bahkan di sini juga terdapat dua gunung berapi yang masih aktif dan sedang tidur. Hutan Nasional Reunion ini juga di anugerahi dengan ragam hayati.

Sekitar 43 dari 2.000 spesies hewan vertebrata hidup di sini. Selain hewan, di sini juga terdapat sekitar 1.600 spesies tumbuhan asli yang khas.


Nah itulah penjelasan mengenai hutan tertua didunia. Jika kamu memiliki jiwa sebagai seorang penjelajah, sepertinya mengunjungi hutan tertua di dunia menjadi hal yang cukup menantang untuk di lakukan. Hanya saja kamu juga harus mengutamakan faktor keselamatan.***