Cityawesome.com – Pengertian dan Tips Berbelanja di Duty Free. Saat berpergian ke luar negeri, tentunya kamu memiliki keinginan untuk berbelanja suatu barang yang hanya ada di negara tersebut. Biasanya oleh – oleh memang tidak pernah ketinggalan bagi siapapun yang sedang berlibur.

Namun bagaimana dengan berbelanja di luar negeri? Selain harganya yang mahal, tentunya biaya pajak akan menghantui kamu setiap ingin berbelanja.

Untuk kamu yang belum tahu, di sini Cityawesome akan mengenalkanmu dengan Duty Free. Apa pengertiannya dan bagaimana tips berbelanjanya. Simak baik – baik artikel di bawah ini.

Duty free
Duty free shop wine

Apa itu Duty Free?

Duty Free merupakan toko yang menjual barang bebas pajak. Biasanya Duty Free berada di area keberangkatan internasional mulai dari bandara, pelabuhan, stasiun kereta hingga terminal bus antar negara.

Nantinya kamu akan menemui beberapa barang yang di jual di Duty Free seperti barang elektronik, rokok, minuman beralkohol, parfum, kosmetik, makanan, minuman hingga pakaian dengan merek terkenal pun tersedia di sana.

Kamu juga gak perlu khawatir, karena barang – barang yang di jual di sana bebas pajak dari pemerintah setempat. Sehingga tentunya membuat harga yang di banderol pun akan lebih murah dari harga pasaran.

Hanya saja setiap negara memiliki batas maksimal bea masuk dari barang impor yang berbeda – beda. Seperti di Indonesia yang menetapkan bea masuk barang impor maksimal USD 500/orang.

Untuk itu, pastikan kamu membawa barang tidak lebih dari aturan yang telah di tetapkan.

Pengertian duty free

Tips Berbelanja

1. Siapkan paspor dan boarding pass

Saat ingin berbelanja, tentunya ada syarat yang harus di persiapkan agar kamu mendapat izin berbelanja di sana. Syarat yang harus di penuhi oleh setiap pengunjung yang ingin berbelanja di Duty Free adalah dokumen Paspor dan juga Boarding Pass.

Baca Juga:  5 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Oleh karena itu, pastikan kamu mempersiapkan paspor dan boarding pass sebelum masuk toko. Agar saat proses pemeriksaan tidak sibuk lagi mencari paspor dan boarding pass di dalam tas.

2. Hindari belanja berlebihan

Sebaiknya kamu tidak terlalu berlebihan saat berbelanja. Hal ini di karenakan ketentuan batas maksimal bea masuk barang impor.

Jika kamu membawa barang melebihi bea masuk barang impor, maka tentunya kamu akan di kenakan biaya pajak barang impor.

3. Lakukan perbandingan harga

Saat sedang berbelanja, tidak ada salahnya jika kamu ingin membandingkan barang yang di jual di Duty Free dengan yang barang yang di jual di luar.

Karena meskipun Duty Free mengklaim tidak mengenakan biaya pajak, namun ada beberapa barang yang justru di jual lebih mahal. Untuk itu, jangan sampai kamu terjebak saat berbelanja di toko bebas bea ini.

tips berbelanja di duty free

4. Tanyakan bonus

Biasanya saat berbelanja di Duty Free, kamu akan mendapatkan beberapa bonus saat melakukan pembelian dengan jumlah tertentu. Hal ini pastinya akan menguntungkan buat kamu.

Jadi jika kamu ingin membeli barang dengan jumlah tertentu, sebaiknya tanyakan kepada pegawai toko apakah ada bonus yang bisa kamu dapatkan saat berbelanja produk dalam jumlah tersebut.

5. Dapat melakukan layanan pre order

Jika kamu tidak ingin berkeliling dan mencari – cari barang incaran di Duty Free, kamu bisa melakukan pre order agar bisa lebih mudah mendapatkan barang yang kamu inginkan.

Namun, layanan pre order Duty Free hanya bisa di ambil di Airport Shop. Dan tidak tersedia pada perjalanan darat dan juga laut.

Nah, itulah pengertian dan beberapa tips berbelanja di Duty Free. Pastikan kamu sudah mengetahui barang yang ingin kamu beli di sana agar tidak mudah kalap saat berbelanja.***