Site icon City Awesome

Fakta Menarik Budaya Aceh : Mengenal Rumah Adat Hingga Kuliner Khas

Cityawesome.com – Fakta menarik budaya Aceh. Merupakan daerah ujung kulon Indonesia. Nangroe Aceh Darussalam, yang juga di kenal sebagai Serambi Mekkah bagi masyarakat lokal. Tentunya memiliki budaya khas dan istimewa di sana.

Menurut sejarah, Banyak masyarakat percaya bahwa sebagian besar penduduk yang tinggal di Aceh bukan lah masyarakat asli suku Aceh melainkan daru suku Mente yang berasal dari ras Melayu.

Bahkan tidak sedikit juga penduduk Aceh yang meupakan keturunan luar negeri seperti Turki, Arab, mapun India. Meskipun begitu, budaya Aceh masih sangat terjaga dan tetap pada unsur budaya Indonesia.

Untuk menjadi pengetahuan kamu, berikut ini adalah fakta menarik kebudayaan Aceh yang hingga sekarang masih di pertahankan dan tentunya menjadi bagian dari kekayaan Indonesia.

1. Bahasa Tradisional

Seperti hal nya kebudayaan daerah lain yang memiliki bahasa tradisional. Aceh juga tentunya memiliki bahasa tradisional yang sering di gunakan untuk bahasa sehari – hari masyarakatnya.

Sebenarnya ada beberapa bahasa tradisional Aceh yang masih di pertahankan hingga sekarang. Namun yang sering menjadi bahasa tradisional sehari – hari masyarakat Aceh sendiri adalah bahasa Gayo dan bahasa Alas.

2. Rumah Adat

Berbicara mengenai rumah adat, Aceh memiliki rumah adat yang menjadi kebanggaannya yaitu Krong Bade. Krong Bade sendiri merupakan rumah panggung dengan tinggi sekitar 3 meter.

Sebagai rumah adat, tentunya Krong Bade terbuat dari material kayu sebagai dinding dan anyaman daun rubia sebagai atap.

Selain itu, rumah adat Aceh ini memiliki keunikan tersendiri yaitu anak tangga yang ada untuk ke luar – masuk rumah berjumlah ganjil. Biasanya, pada kolong rumah panggung ini akan di manfaatkan untuk tempat penyimpanan makanan.

3. Pakaian Adat

Seperti halnya daerah lain. Pakaian adat yang di miliki masyarakat Aceh biasanya hanya di gunakan untuk acara tertentu saja.

Selain itu, pakaian adat dari provinsi ujung kulon Indonesia ini merupakan peninggalan sejarah dari kerajaan Perlak dan juga kerajaan Samudera Pasai. Gak salah jika pakaian adat Aceh ini di anggap sangat istimewa oleh masyarakatnya.

Baju Linto Biro untuk pakaian adat pria Aceh dan Daro Buro untuk pakaian adat wanita Aceh. Memiliki desain yang sangat detail dan terkesan mewah.

4. Upacara Adat

Setiap kebudayaan yang ada di Indonesia, biasanya memiliki upacara adat yang berbeda – beda dan sesuai dengan keyakinan masyarakatnya.

Selain itu, tentunya dalam setiap upacara adat daerah, terdapat makna simbol yang di junjung bahkan sejak ratusan tahun lalu.

Sama halnya dengan Aceh, memiliki upacara adat yang masih ada hingga sekarang untuk beberapa waktu istimewa seperti perkawinan.

Biasanya proses upacara adat di lakukan dengan lengkap mulai dari proses lamaran, penjemputan mempelai wanita, tunangan, hingga menikah.

5. Tarian Tradisional

Gak lengkap rasanya jika kita mengenal budaya suatu daerah tanpa mengetahui tarian tradisionalnya. Begitupun dengan kebudayaan Aceh ini.

Aceh terbilang menjadi daerah yang kaya dengan tarian tradisionalnya. Selain itu, tarian tradisional Aceh juga sangat terkenal di Indonesia bahkan sudah go Internasional.

Salah satu contoh tarian yang populer yaitu tarian Saman. Tari saman sendiri memiliki unsur gerakan yang indah dan kompak.

Jika kamu sudah pernah melihatnya, kamu akan mengenal tarian Saman yang di mulai dari tepukan pada tangan dan dada tanpa iringan musik tradisional.

Beberapa contoh tarian tradisional khas Aceh lainnya meliputi tari Laweut, tari Ratoh, tari Bines, tari Tarek Pukat, Rapai Geleng, dan masih banyak lagi tarian tradisional lainnya.

6. Makanan Khas

Aceh juga tentunya tidak ketinggalan makanan khas yang terkenal dengan kelezatannya. Kebanyakan makanan khas Aceh memiliki sedikit persamaan dengan makanan khas India.

Jika kamu sedang atau ingin berkunjung ke Aceh, jangan ketinggalan untuk mencicipi kuliner khasnya yang mendunia. Salah satu makanan khas Aceh yang gak boleh terlewatkan saat kamu berkunjung kesana adalah Eungkot Paya yang terbuat dari bahan utamanya yaitu ikan.

Selain itu, masih ada banyak lagi makanan khas aceh yang sayang jika di lewatkan, mulai dari Manisan Pala, Sanger, Pisang Sale, Kembang Loyang, Kue Bhoi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah beberapa fakta menarik budaya Aceh yang harus kamu ketahui. Pastikan juga kamu berkunjung untuk berwisata ke Nangroe Aceh Darussalam untuk mendapatkan pengalaman berbeda dengan culture yang religius di ujung kulonnya Indonesia ini.***

Exit mobile version