Cityawesome.com – Peninggalan sejarah Mesir Kuno. Mungkin hampir semua dari kita sudah banyak yang tahu dengan peninggalan sejarah yang populer di Mesir. Piramida Giza merupakan salah satu bangunan peninggalan mesir kuno yang masuk kedalam tujuh keajaiban dunia.

Jika kita menilik lebih jauh, ternyata masih banyak peninggalan dari sisa – sisa kejayaan dari negeri Firaun ini. Lalu apa saja peninggalan sejarah Mesir Kuno selain Piramida Giza? Mari kita simak bersama uraian di bawah ini.

1. Kuil Abydos (Abydos Temple) 

Sesuai dengan namanya, Kuil ini berada di kota paling tua dalam sejarah Mesir Kuno yaitu kota Abydos. Menjadi tempat yang di huni oleh para Firaun pada zaman Predinasti.

1. Kuil Abydos (Abydos Temple) 

Selain itu, kuil Abydos juga menjadi situs memorial Seti I. Dalam memorial tersebut juga terdapat sebuah inskripsi daftar Firaun Abydos mulai dari Menes hingga Ramses I.

2. Kuil Hatshepsut (Temple of Hatshepsut)

Kemudian ada kuil Hatshepsut yang menjadi salah satu bangunan bersejaarah Mesir Kuno yang cukup populer selain Piramida Giza. Kuil ini menjadi kawasan pemakaman elit para Firaun dinasti 18.

Hal ini di karenakan lokasinya yang berdekatan dengan Lembah Para Raja.

2. Kuil Hatshepsut (Temple of Hatshepsut)

3. Heliopolis 

Peninggalan sejarah mesir kuno lainnya adalah Heliopolis. Yang mana dulunya Heliopolis ini merupakan kota metropolitan pada era Mesir Kuno.

heliopolis

Bahkan, salah satu landmark dari peninggalan sejarah Mesir Kuno ini masih berdiri tegak hingga sekarang. Heliopolis sendiri berada di kawasan Ain Shams modern, yaitu kota satelit timur dari laut Kairo.

4. Lembah Para Raja (The Valley of The Kings) 

Bangunan sejarah Mesir Kuno lainnya adalah Lembah Para Raja. Lembah ini di jadikan sebagai tempat pemakaman batu dari para kaum bangsawan terutama Firaun di masa kerajaan baru.

peninggalan sejarah mesir kuno 4. Lembah Para Raja (The Valley of The Kings) 

Selain itu, makam – makam para bangsawan tersebut di lengkapi dengan ukiran relief artistik yang berisikan mitologi tentang kepercayaan Mesir Kuno.

Baca Juga:  Beberapa Hal Penting Yang Harus Diketahui Sebelum Mendaki Gunung

5. Kuil Luxor (Temple of Luxor) 

Temple of Luxor merupakan sebuah kuil yang menjadi tempat peribadatan terbesar Mesir Kuno. Kuil ini berada di sekitaran daerah selatan sungai Nil.

peninggalan sejarah mesir kuno 5. Kuil Luxor (Temple of Luxor) 

Selain itu, kuil ini di gunakan sebagai tempat untuk Firaun di pasangkan mahkota untuk menduduki tahta mesir. Kuil Luxor sendiri sudah di bangun sejak 3400 tahun yang lalu.

6. Kuil Philae (Philae Temple) 

Masih berbicara mengenai kuil, masih ada lagi kuil peninggalan sejarah Mesir Kuno yang gak kalah populernya. Kuil Philae ini menjadi salah satu kuil yang terletak di sebuah pulau di tengah sungi Nil.

peninggalan sejarah mesir kuno 6. Kuil Philae (Philae Temple) 

Selain itu, kuil ini juga menjadi salah satu bagian kompleks dari banyaknya bangunan Mesir Kuno yang lain. Namun kuil Philae ini dulunya sempat di bongkar dan di pindahkan oleh UNESCO. Hal ini di karenakan kuil Philae akan tenggelam yang di sebabkan pembangunan sebuah bendungan.

7. Kuil Ramses II (Temple of Ramses II) 

Bangunan yang satu ini di bangun oleh Firaun paling jaya dalam sejarahnya yaitu Ramses II. Tempat peribadatan ini di bangun dengan tujuan untuk menakuti negara tetangganya yaitu Nubia.

peninggalan sejarah mesir kuno 7. Kuil Ramses II (Temple of Ramses II) 

Tidak hanya itu saja, kuil yang terletak di kawasan selatan sungai Nil ini didirikan sebagai bentuk kemenangan Mesir Kuno dalam pertempuran Kadesh.

8. Kuil Ramses III (Temple of Ramses III) 

Tempat peribadatan yang sekaligus menjadi kamar mayat Firaun pada era kejayaan baru. Kuil Ramses III berada di wilayah Medinat Habu.

peninggalan sejarah mesir kuno 8. Kuil Ramses III (Temple of Ramses III) 

Selain itu, terdapat relief yang memiliki cerita mengenai kekalahan masyarakat laut selama masa kerajaan Ramses III di dalamnya.

Itulah beberapa peninggalan bersejarah Mesir Kuno yang tidak kalah populer di bandingkan dengan Piramida Giza. Jika kamu sedang atau ingin berkunjung ke negara Mesir, pastikan kamu tidak melewati peninggalan sejarah yang sudah di uraikan di atas untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman baru.***