5 Rekomendasi Tempat Wisata di Mesir, Menakjubkan!

tempat wisata di mesir

Dengan sejarah menarik yang menjangkau kembali ke awal peradaban, Mesir dianggap sebagai tujuan wisata tertua di dunia. Kuil dan piramida negara Afrika yang menakjubkan telah menangkap imajinasi para pelancong selama ribuan tahun. Meskipun kebanyakan orang datang ke tempat wisata di Mesir untuk melihat monumen kuno, tempat wisata alam juga menarik bagi para pelancong. Pantai Laut Merah terkenal dengan terumbu karang dan resor pantainya. Perjalanan melalui Sahara dapat membawa pengunjung ke oasis mata air tawar yang menyegarkan. Bagi kamu yang memiliki rencana berlibur ke Mesir, kami memiliki beberapa rekomendasinya untuk kamu.

1. Giza Necropolis

Dataran Tinggi Giza mungkin adalah salah satu tujuan paling terkenal di Bumi. Terletak di dataran tinggi gurun di sebelah barat ibu kota Kairo, Giza adalah kotanya sendiri, tetapi dalam beberapa tahun terakhir ini berkembang pesat sehingga terasa seperti distrik lain di Kairo yang terus berkembang.

Dulunya merupakan jalur kereta yang sederhana, Giza sekarang menjadi salah satu bagian paling pelancong sukai di Mesir. Hotel kelas atas, restoran terkenal, pusat perbelanjaan raksasa, dan klub malam yang ramai. Tapi yang paling terkenal, Giza adalah bagian kota yang paling dekat dengan Piramida Giza dan Sphinx, itulah sebabnya kebanyakan orang memusatkan diri di sekitar lingkungan ini setidaknya selama beberapa hari selama perjalanan mereka ke Kairo.

Tiga piramida utama Giza adalah sebuah pekuburan kuno yang dibangun sebagai kuburan untuk tiga firaun Mesir Khufu, Khafre dan Menkaure. Piramida satelit yang tersebar di area tersebut dibangun sebagai tempat untuk menguburkan istri dan anggota keluarga kerajaan.

2. Luxor

Seribu tahun setelah pembangunan Piramida Besar, Kerajaan Baru muncul di Mesir, dan kekuasaan bergeser dari ibu kota kuno Memphis ke Thebes di selatan, tempat Luxor modern. 

Saat ini, tempat wisata di Mesir ini terkenal sebagai “museum udara terbuka terbesar di dunia” dan merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di Mesir. Ada begitu banyak yang bisa kamu lihat dan kamu lakukan di Luxor, dari kuil hingga makam dan segala sesuatu di antaranya. 

3. Dahshur

Dahshur adalah desa kecil di selatan Kairo yang menjadi rumah bagi beberapa piramida yang kurang terkenal dan tidak terlalu ramai. Kamu tidak akan menemukan antrean panjang. Faktanya, hingga tahun 1996, itu adalah zona militer terbatas.

Seperti Saqqara, Dahshur adalah bagian dari pemakaman kuno Memphis. Firaun yang sama di belakang pembangunan Piramida Besar membangun dua piramida yang lebih lengkap di Dahshur. 

BACA JUGA: 4 Tempat Wisata Murah di Luar Negeri yang Minim Budget

4. Aswan

Kota paling selatan Mesir, Aswan adalah kota besar lainnya yang terletak di sepanjang tepi Sungai Nil. Namun, karena lokasi dan ukurannya, ia menawarkan alternatif yang jauh lebih santai daripada kota-kota besar Luxor atau Kairo.

Meskipun monumennya sendiri kecil jika kita bandingkan dengan di Luxor, Aswan adalah tempat untuk melakukan kunjungan ke kuil Philae dan Kabasha dan ke Kuil Matahari Ramses II di Abu Simbel, di selatan. Ini juga merupakan titik awal terbaik untuk tamasya ke kuil Kom Ombo dan Edfu, antara Aswan dan Luxor.

Aswan sendiri memiliki salah satu tempat paling mempesona di Mesir.  Tempat wisata Mesir ini terkenal dengan tambang granitnya untuk membangun banyak obelisk di Luxor. 

Wilayah Aswan menarik perhatian seluruh dunia pada tahun 1960-an ketika pembangunan Bendungan Tinggi Aswan selesai. 

5. Kairo

Ibu kota yang satu ini adalah salah satu tempat wisata di mesir dan menjadi kota paling luas di dunia, rumah bagi lebih dari 17 juta orang. Kairo adalah kota Islam abad pertengahan dengan cakrawala yang selalu kabur dan bangunan berwarna krem ​​dengan satelit TV.

Kairo modern adalah titik awal yang populer untuk kapal pesiar menyusuri Sungai Nil dan untuk eksplorasi Piramida di Giza tepat di luar batas kota. Tetapi ada banyak hal yang harus kamu lakukan di dalam kota besar itu sendiri.

Di Museum Mesir Tahrir Square yang terkenal di dunia, pengunjung bisa melihat dari dekat harta karun Tutankhamun serta mumi dan artefak lain dari masa lalu Mesir kuno.

BACA JUGA: 6 Kota Terindah di Afrika Untuk Dikunjungi