Cityawesome.com – Barang yang dilarang masuk ke dalam kabin pesawat. Saat ingin melakukan traveling terutama menggunakan pesawat, ada baiknya kamu memperhatikan barang bawaan yang hendak di bawa. Hal ini di karenakan ada beberapa jenis barang yang tidak bisa kamu bawa saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat.

Barang yang dilarang masuk kabin pesawat

Prosedur keselamatan pesawat tentunya sangat ketat, mengingat pesawat merupakan moda transportasi yang terbilang sangat kompleks.

Berikut ini adalah beberapa barang yang di larang masuk ke dalam pesawat. Pastikan kamu tidak membawanya jika ingin perjalanan menjadi lancar tanpa ada kendala apapun.

1. Benda cair harus dibatasi

Banyak penumpang yang tidak ingin membeli bagasi tambahan sehingga hanya mengandalkan bagasi kabin. Sebenarnya sah – sah saja jika barang yang akan di masukan dalam kabin merupakan barang yang aman dan tidak terlalu banyak.

benda cair dilarang masuk pesawat

Namun akan berbeda cerita jika yang kamu masukan kedalam kabin merupakan peralatan mandi dengan banyak produk dalam bentuk cair seperti sabun, ataupun shampo.

Pastikan barang yang berbentuk cair tidak di bawa dengan berat yang lebih dari 100 ml. Selain itu, kamu juga harus menyimpan barang yang berbentuk cair ke dalam wadah terpisah.

2. Benda tajam

Benda tajam merupakan barang yang sangat di larang keras untuk dibawa kedalam kabin pesawat. Bahkan barang yang terlihat tidak berbahaya sekalipun di larang juga untuk masuk kedalam kabin pesawat seperti gunting kuku, pinset alis, hingga pisau cukur.

Jika kamu ingin membawa beberapa benda tersebut, pastikan untuk memasukannya ke dalam bagasi yang sudah terdaftar.

Satu – satunya yang menjadi alasan mengapa benda tajam sangat di larang untuk dibawa kedalam kabin pesawat adalah untuk menghindari terjadinya hal – hal yang tidak di inginkan.

Baca Juga:  6 Tips Membawa Barang Saat Liburan : Hindari OverPacking !

3. Benda tumpul

Tidak hanya benda tajam yang di larang masuk kedalam pesawat. Bahkan benda tumpul pun menjadi salah satu barang yang di larang masuk kedalam pesawat.

benda tumpul dilarang masuk pesawat

Meskipun terlihat sepele, namun hal ini tentunya memiliki tujuan untuk keselamatan bersama. Oleh karenanya, kamu harus mematuhi peraturan tersebut dengan tidak membawa benda tumpul seperti tongkat baseball, kail pancing, atau barang lainnya yang berpotensi membuat orang lain mengalami cedera.

4. Senjata api

Jika benda tajam dan benda tumpul saja tidak boleh masuk kedalam pesawat, tentunya benda tajam juga menjadi salah satu barang yang sangat di larang masuk kedalam pesawat.

Tidak hanya berbahaya bagi penumpang lainnya, kamu juga harus memiliki izin khusus jika ingin membawa senjata api sekalipun di masukkan kedalam bagasi terdaftar.

5. Bahan peledak

Barang lainnya yang tidak boleh masuk ke dalam kabin pesawat adalah bahan yang mudah meledak. Bahkan tidak hanya di bawa dalam kabin pesawat, bahan yang mudah meledak seperti petasan ataupun bahan kimia lainnya juga di larang keras untuk masuk kedalam bagasi terdaftar.

bahan peledak

Berikut adalah beberapa bahan kimia yanag di larang untuk dibawa penerbangan :

  • Zat korosif
  • Alkali
  • Kembang api
  • Aerosol
  • Bensin
  • Cat
  • Obor
  • Granat
  • Flare,
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Produk hewani

Tidak hanya benda saja yang nyatanya di larang untuk masuk kedalam kabin pesawat. Beberapa produk makanan pun ternyata ada yang dilarang untuk masuk kedalam kabin pesawat.

Biasanya produk hewani memiliki bakteri meskipun sudah mengalami pengolahan. Sehingga bakteri tersebutlah yang berpotensi bisa menginfeksi banyak orang.

Itulah alasannya mengapa produk makanan seperti susu segar dan daging segar yang mengandung patogen di larang masuk ke dalam kabin pesawat.

Baca Juga:  Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Traveling

7. Barang beraroma tajam

Meskipun masuk kategori barang yang tidak berbahaya. Nyatanya barang yang memiliki aroma tajam pun dilarang untuk masuk ke dalam kabin pesawat.

Barang beraroma tajam

Hal ini bertujuan demi kenyamanan penumpang lainnya, terutama jika tidak ada yang menyukai aroma tersebut. Seperti nangka, terasi, dan juga durian.

Meskipun di perbolehkan untuk membawanya kedalam bagasi terdaftar, namun tidak di perbolehkan untuk membawanya secara berlebihan. Karena aromanya akan menyebar ke seluruh bagian dalam pesawat termasuk kabin.

Itulah beberapa barang yang tidak boleh masuk kedalam kabin pesawat. Sebaiknya kamu memperhatikan semua barang bawaan aman sebelum melalui proses pengecekan di bandara.***