Cityawesome.com – Tips aman liburan bersama hewan peliharaan. Liburan tentunya menjadi hal yang selalu di nantikan sejak lama. Namun terkadang liburan memberikan kita kebimbangan terutama saat memiliki hewan peliharaan di rumah dan tidak ada yang menjaga.

Meninggalkan hewan peliharaan selama beberapa hari sendirian tentunya menjadi masalah tersendiri dan membuat liburan menjadi tidak menyenangkan.

liburan bersama hewan peliharaan

Nah sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi, kamu bisa banget lho berlibur dengan membawa hewan peliharaan. Namun ada beberapa hal yang harus di perhatikan demi kenyamanan dan keamanan hewan kesayanganmu.

Begini tips yang harus di perhatikan saat liburan bersama hewan peliharaan.

1. Siapkan Perlengkapan

Agar liburan bersama hewan peliharaan menjadi menyenangkan. Tentunya harus di dukung juga dengan perlengkapan yang memadai. Hal ini bertujuan untuk memberikan keamanan pada anabul dan agar terhindar dari sakit.

Pastikan semua perlengkapan yang di bawa sudah sesuai dengan yang di gunakan anabul setiap hari. Berikut adalah beberapa perlengkapan umum yang tidak boleh ketinggalan saat berlibur bersama hewan peliharaan :

  • Makanan
  • Minuman, lebih direkomendasikan apabila memawa minuman dalam kemasan botol.
  • Leash / Collar
  • Kalung untuk memudahkan kamu menemukan hewan peliharaan
  • Pastikan membawa perlengkapan buang air dengan lengkap seperti liter box, koran, pasir, dan lainnya.
  • Kotak kesehatan
  • Mainan favorit anabul

2. Periksa Kesehatan Mental Hewan Peliharaan

Sebelum membawa anabul untuk pergi liburan bersama, sebaiknya kamu harus memeriksa kondisi kesehatan anabul dan pastikan kesehatan mentalnya dalam keadaan baik – baik saja.

Kamu bisa melakukan berbagai cara agar hewan peliharaan terbiasa dengan keadaan ramai seperti membawanya berjalan – jalan keliling komplek, atau sekedar membawa kumpul saat ada event khusus hewan peliharaan.

periksa kesehatan hewan peliharaan

Saat kamu sudah bisa memastikan kondisi kesehatan hewan dalam keadaan baik, pastikan untuk selalu membawa alat penting dalam perjalanan seperti :

  • Kandang dengan ventilasi udara yang baik
  • Handuk khusus hewan
  • Selimut hewan
Baca Juga:  7 Cara Sukses Untuk Mendapatkan Beasiswa Di Luar Negeri

3. Pasang Alat Pelacak

Pastinya kamu tidak ingin kehilangan hewan peliharaan saat liburan bukan. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengantisipasi agar mimpi buruk itu tidak terjadi.

Terlebih jika lokasi liburan yang kamu tuju merupakan lokasi yang tidak di kenal sama sekali. Kamu bisa memasang alat pelacak berupa microchipping yang dapat membantu kamu menemukan hewan peliharaan yang tersesat atau terpisah.

4. Pahami Aturan Destinasi Wisata

Tips lainnya yang harus kamu perhatikan saat liburan bersama hewan peliharaan adalah dengan memahami aturan tempat wisata yang di tuju.

pahami aturan destinasi wisata

Tentunya setiap destinasi wisata memiliki aturan yang harus di taati oleh semua wisatawan. Pastikan kamu mengetahui mengenai pedoman apakah boleh membawa hewan peliharaan ke lokasi tersebut.

Biasanya terdapat beberapa negara yang mengharuskan wisatawan untuk mengekang anjing peliharaan saat di tempat umum dan mengamankan anjing dengan sabuk pengaman khusus saat berada dalam mobil.

5. Buat Anabul Senyaman Mungkin

Saat dalam perjalanan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat anabul tetap dalam keadaan nyaman dan tidak stres yaitu :

  • Ajak mereka bicara untuk menghindari stres berlebihan
  • Pastikan untuk selalu menutup jendela mobil, agar anabul tidak mengeluarkan kepalanya
  • Usahakan untuk rutin beristirahat setidaknya 2 jam sekali
  • Jangan tinggalkan hewan peliharaan sendirian dalam mobil
  • Sebaiknya berikan makanan 1 jam sebelum melakukan perjalanan
  • Pakaikan seatbelt khusus

Nah, itulah beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan liburan bersama hewan peliharaan. Selain mendapatkan keseruan dalam liburan. Pastikan untuk terus mengutamakan keamanan dan keselamatan hewan peliharaanmu ya.***

Baca Juga:  Cara Mudah Mendapatkan Visa Amerika : Siapkan Beberapa Hal Ini !