Cityawesome.com – Tips Liburan Bersama bayi anti rewel dan tetap menyenangkan. Para orang tua seringkali mengalami kebimbangan saat ingin melakukan traveling dengan mengajak anak yang masih bayi. Tentu ini merupakan masalah yang normal, mengingat bayi masih sangat sulit untuk dikondisikan.

Selain itu, berlibur membawa bayi tentunya harus dengan memikirkan keselamatan dan kebutuhan si bayi. Point ini tentunya akan menambah keribetan bagi para orang tua terutama yang baru memiliki bayi.

tips liburan bersama bayi

Nah, jika kamu ingin berlibur namun dengan membawa bayi, sebaiknya kamu harus memperhatikan beberapa tips di bawah ini agar menghindari bayi rewel dan liburan tetap menyenangkan.

1. Pilih tempat wisata yang cocok

Saat orang tua sedang merencanakan liburan. Sebaiknya pilihlah tempat wisata yang sekiranya cocok untuk anak terutama bayi.

Mengajak bayi mendaki gunung atau sekedar bermain trampolin sangatlah tidak di anjurkan dan beresiko. Oleh sebab itu, para orang tua juga harus mengerti kemana akan membawa jalan bersama bayinya.

Selain itu, perhatikan juga perihal cuaca di tempat yang ingin kamu tuju. Apabila cuaca tidak memungkinkan, liburan indoor akan menjadi alternatif terbaik yang bisa menjadi pilihan.

2. Membawa peralatan sesuai kebutuhan

Melakukan traveling dengan mengajak bayi tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Hal ini di karenakan bayi memang memerlukan perhatian khusus mulai dari makanan, pakaian, hingga alat kebersihan.

Oleh karenanya, orang tua harus mempersiapkan semuanya secara lengkap. Pastikan tidak ada barang yang tertinggal mulai dari panci listrik, sendok makan bayi, piring hingga termos untuk keperluan makan bayi.

membawa peralatan sesuai kebutuhan

Lebih dari itu, orang tua juga sebaiknya tidak tertinggal alat mandi, pakaian, hingga minyak – minyakan yang di butuhkan oleh bayi.

Baca Juga:  Cara Agar Liburan Menjadi Murah : Minimalisir Budget !

3. Berbagi tugas dan tanggung jawab

Tidak adil rasanya jika hanya ibu yang harus memperhatikan kebutuhan bayi saat ingin melakukan traveling. Sebaiknya ibu dan ayah berbagi peran dalam hal ini untuk meringankan tugas dan memaksimalkan waktu.

Berbagi tugas mulai dari menggendong memandikan, menidurkan sang bayi selain dapat meminimalisir waktu, tentunya akan dapat menambah rasa cinta di antara orang tua.

4. Melakukan perjalanan pada siang hari

Jika kamu ingin melakukan traveling dengan tetap membawa bayi, pastikan perjalanannya di lakukan pada siang hari. Hindari untuk melakukan perjalanan pada pagi dan malam hari.

Hal ini bertujuan untuk menghindari bayi terbangun dari tidur di saat yang tidak tepat. Selain itu, dengan melakukan perjalanan pada siang hari akan membuat orang tua bisa mempersiapkan kebutuhan dengan santai dan tidak terburu – buru di bandingkan melakukan perjalanan pada pagi atau malam hari karena harus mengejar waktu.

melakukan perjalanan pada siang hari

5. Hindari berbelanja secara berlebihan

Saat melakukan traveling bersama bayi, tentunya akan banyak barang yang di bawa dalam perjalanan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari berbelanja yang terlalu berlebihan untuk meminimalisir barang bawaan setelah pulang dari traveling.

Selain itu, orang tua juga sebaiknya lebih berfokus kepada bayinya di bandingkan harus memikirkan belanjaan. hal ini di lakukan semata – mata untuk kenyamanan bayi saat traveling.

6. Jangan terlalu sering mengambil gambar

Orang tua yang melakukan traveling bersama bayi, sebaiknya untuk tidak sering mengambil gambar atau selfie demi kenyamanan bayi. Biasanya bayi akan merasakan tidak nyaman jika orang tua terus melakukan selfie yang terkadang mengganggu posisi anak yang sedang di gendongan.

Nah, Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan apabila ingin melakukan perjalanan liburan bersama bayi. Pastikan keselamatan bayi menjadi hal utama ya.***