Cityawesome.com – Tradisi perayaan tahun baru. Tahun baru menjadi momen yang selalu di rayakan oleh hampir semua manusia di semua penjuru dunia. Selain itu, setiap negara tentunya memiliki tradisi yang berbeda – beda dalam menyambut tahun baru. Di Indonesia sendiri, masyarakatnya memiliki tradisi unik yang selalu ada di setiap malam pergantian tahun.

Bahkan tidak jarang juga momen pergantian tahun ini menjadi ajak perkumpulan keluarga. Meskipun perayaan pergantian tahun di lakukan secara umum, namun setiap individu memiliki caranya masing – masing. Ada yang merayakan dengan sederhana, dan tidak jarang juga individu yang merayakannya secara mewah.

Nah untuk kamu yang penasaran, apa saja tradisi unik yang selalu di lakukan masyarakat Indonesia di momen pergantian tahun. Berikut ini Cityawesome sudah merangkumnya khusus untuk kamu tradisi perayaan tahun baru.

1. Begadang untuk menunggu detik – detik pergantian tahun

Di karenakan momen pergantian tahun hanya terjadi sekali dalam setahun. Tentu saja banyak orang Indonesia yang tidak ingin melewatakan momen tersebut.

1. Begadang untuk menunggu detik - detik pergantian tahun

Biasanya mereka rela untuk tidak tidur semalaman dan mengadakan perkumpulan untuk melakukan begadang bersama – sama hingga waktu menunjukkan pukul 00.00.

Selain itu untuk menghilangkan rasa bosan, mereka biasanya melakukan aktifitas secara bersama – sama seperti makan bersama, main game, atau sekedar menonton film.

2. Bakar – bakar dan makan bersama

Menjadi salah satu tradisi yang selalu di rindukan. Malam pergantian tahun sering di rayakan sekaligus dengan acara bakar – bakar dan makan bersama.

Masyarakat Indonesia sendiri biasanya akan menyiapkan makanan untuk di santap di sertai barbeque-an bersama yang akan menambah keseruan saat berkumpul bersama orang terkasih.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Wisata Taman Nasional di Indonesia

Selain itu, jagung biasanya menjadi makanan paling populer yang di hidangkan menjelang tahun baru.

3. Ramai suara Terompet

Tidak lengkap rasanya jika merayakan pergantian tahun tanpa terompet. Terompet sendiri sudah menjadi barang khas yang hanya ramai di saat menjelang tahun baru.

3. Ramai suara Terompet

Dengan adanya terompet, malam tahun baru tentunya akan semakin meriah dengan suara yang di padukan dengan letusan kembang api.

Selain itu, tradisi meniup terompet sendiri sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Oleh karenanya, kamu akan menemukan banyak penjual terompet yang menjamur di pinggir – pinggir.

4. Keindahan pesta kembang api

Hal yang tidak pernah ketinggalan saat menyambut momen pergantian tahun adalah pesta kembang api. Sebenarnya tradisi ini sudah sangat umum bukan hanya di Indonesia melainkan juga di berbagai negara lainnya.

Kamu akan mendengar bunyi ledakan yang ramai sekaligus keindahannya yang mewarnai malam tahun baru.

5. Konser musik di berbagai daerah

Momen pergantian tahun selalu tidak ketinggalan dengan adanya konser musik yang di adakan di berbagai daerah. Bahkan hampir semua stasiun TV juga ikut merayakan tahun baru dengan mengadakan konser besar sekaligus pesta kembang api.

Tradisi Perayaan Tahun Baru 5. Konser musik di berbagai daerah

6. Konvoi berkeliling kota

Tradisi lainnya yang pasti kamu temui di saat momen pergantian tahun adalah konvoi bersama berkeliling kota. Dengan begitu suasana kota akan semakin ramai yang di sebabkan oleh banyaknya kendaraan yang melintas di jalanan.

7. Menerbangkan lentera

Tidak hanaya masyarakat Indonesia saja yang merayakan tahun baru di negara ini. Tentunya ada banyak wisatawan asing yang juga ikut merayakan malam pergantian tahun di Indonesia.

Biasanya wisatawan asing akan menerbangkan lentera sehingga menghasilkan cahaya yang menghiasi langit malam dengan indah. Jika kamu penasaran, kamu bisa menemukannya di festival lentera yanag biasanya di adakan di Borobudur.

Baca Juga:  Fakta Unik Kota Padang : Benarkah Tidak Ada Minimarket Didalamnya?

Tidak hanya itu saja, kamu juga akan menyaksikan pertunjukan pentas seni yang biasanya tampil di pelataran candi Borobudur.

Itulah beberapa tradisi perayaan tahun baru yang mungkin sering kamu saksikan. Tahun baru sekaligus menjadi momen seru yang akan kamu rasakan saat merayakannya bersama orang terkasih.***