Cityawesome.com – 6 Rekomendasi Wisata Edukasi Di Indonesia. Liburan biasanya di lakukan semata – mata untuk mendapatkan hiburan. Namun sebenarnya banyak lho hal yang bisa kamu dapetin saat berwisata. Pastinya kamu akan melihat hal – hal baru yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

Nah selain itu kamu juga bisa melakukan hal yang beda nih dari sekedar berwisata. Kamu bisa melakukan perjalanan yang lebih berbobot dengan mengunjungi destinasi wisata edukasi.

Sekarang di Indonesia sudah sangat banyak destinasi edukasi yang bisa kamu kunjungi sebagai tempat wisata. Apa aja sih? Yuk kita simak bareng – bareng artikel di bawah ini.

1. Museum Purbakala Sangiran

Wisata edukasi pertama yang bisa kamu kunjungi di hari libur adalah Museum Purbakala Sangiran. Kamu bisa mengunjunginya bersama keluarga. Museum ini berlokasi di Sragen, Jawa Tengah. Dengan tema Purbakala yang di tawarkan, tentunya akan memberikan kamu pengalaman yang menarik saat memasuki museum ini.

Museum Purbakala Sangiran

Saat kamu berkunjung ke Museum Purbakala Sangiran ini, nantinya kamu akan melihat segala hal di zama purba. Ini akan menjadi ilmu baru juga untuk kamu. Kamu akan di bawa kembali ke dunia masa lalu yang memukau. Kerennya lagi, museum ini berada di area situs warisan budaya UNESCO lho. Ada banyak fosil manusia purba juga di dalamnya.

Saat kamu berkunjung ke Sragen, jangan sampai ketinggalan untuk mengunjungi museum ini ya.

2. Rekomendasi Wisata Edukasi “Kota Tua”

Jangan salah ya, meskipun Jakarta sudah menjadi kota maju. Namun Jakarta juga masih menyimpan banyak destinasi bersejarah yang bisa di jadikan edukasi wisata bersama keluarga.

Salah satu tempat wisata yang populer hingga sekarang dan terus mendatangkan wisatawan adalah Kota Tua. Objek wisata satu ini akan memberikan kamu pengalaman sejarah tentang kota Batavia di masa lampau.

2. Rekomendasi Wisata Edukasi "Kota Tua"

Selain itu, ada banyak spot menarik yang bisa kamu jelajahi di kawasan wisata edukasi ini. Mulai dari museum Fatahillah, museum Bank Indonesia, Stasiun Jakarta Kota yang sudah di buka sejak tahun 1929.

Baca Juga:  Liburan Anti Mainstream di Bali , Yuk Cek Disini

Masih banyak juga sopot menarik di kawasan wisata kota tua yang gak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Ibukota Jakarta ini.

3. Wisata Rumah Puisi Taufik Ismail

Kalau kamu berkunjung ke Sumatera Barat, jangan lupa untuk mampir ketempat wisata edukasi yanag satu ini. Wisata Rumah Puisi Taufik Ismail. Terutama kamu yang suka menikmati puisi. Saat berkunjung maka kamu akan belajar banyak tentang karya – karya puisi sastrawan terkenal, Taufik Ismail.

3. Wisata Rumah Puisi Taufik Ismail

Kamu bisa bebas membaca ribuan koleksi buku sambil menikmati panorama indah dengan udara segar yang masih asri. Wah pasti adem banget ya kalau berkunjung kesana, apalagi karena lokasinya yang berada di kawasan pegunungan Merapi dan Singgalang yang di penuhi area persawahan.

4. Rekomendasi Wisata Edukasi “Museum Rekor Dunia”

MURI, siapa yang tidak pernah mendengar kata ini. Yappp, kamu bisa berkunjung ke wisata edukasi satu ini saat kamu berkunjung ke kota Semarang. Museum ini pertama kali berdiri pada tahun 1990 yang di prakarsai oleh Jaya Suprana.

Rekomendasi Wisata Edukasi "Museum Rekor Dunia"

Di dalamnya banyak koleksi foto saat pemecahan rekor berlangsung. Bahkan ada juga beberapa benda yang berhasil memecahkan rekor juga ikut terpajang di sana. Mulai dari ukiran terkecil, hingga kain terpanjang yang berisi rumus – rumus matematika.

5. Planetarium dan Observatorium

Kalau kamu ingin berwisata edukasi yang agak beda. Kamu bisa berkunjung ke Planetarium dan Observatorium. Tempat wisata edukasi ini berdiri pada tahun 1969 yang di prakarsai oleh presiden Soekarno.

 Planetarium dan Observatorium

Kamu akan menikmati pameran benda – benda luar angkasa saat berkunjung kesana bersama keluarga. Tempat wisata edukasi ini berlokasi di kawasan Taman Ismail Marzuki.

6. Museum Angkut

Kurang lengkap rasanya kalau kamu berlibur ke Malang, namun tidak mampir ke museum Angkut. Tempat wisata yang satu ini memang sangat populer dan menjadi tujuan wisata di kota Malang.

6. Museum Angkut

Di sana kamu akan belajar tentang transportasi dari masa ke masa yang ada di seluruh dunia. Kerennya dari tempat ini adalah museum Angkut yang di nilai sebagai satu – satunya tempat wisata yang menggunakan transportasi sebagai konsep utamanya.

Baca Juga:  Wisata Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi Oleh Wisatawan

Nah, itulah 6 rekomendasi wisata edukasi di Indonesia yang bisa kamu jadikan pilihan. Pastikan kamu memilih tempat wisata yang sesuai dengan yang kamu inginkan untuk mendapatkan pengalaman dan ilmu yang mungkin tidak kamu dapatkan di tempat lain.***