Cityawesome.com – Spot panjat tebing terbaik di Indonesia. Akifitas olahraga di Indonesia tentunya sangat banyak jenis yang bisa kamu pilih. Bahkan dalam beberapa olahraga masuk dalam kategori yang menantang adenalin. Salah satu jenis olahraga yang cukup menantang adrenalin adalah olahraga rock climbing.

Rock climbing merupakan aktifitas olahraga alam panjat tebing berupa pendakkian yang tidak bisa di lakukan dengan hanya berjalan kaki melainkan juga di butuhkan alat dan teknik tertentu untuk bisa melewatinya.

Selain itu, rock climbing juga memungkinkan kamu untuk menikmati keindahan alam yang ada di sekitar rock climbing tersebut jika kamu sudah mencapai ke puncak tebing.

Nah untuk kamu yang menyukai oleh raga tantangan rock climbing ini, berikut beberapa spot tebing terbaik yang biasa di lakukan untuk berolahraga rock climbing.

1. Tebing Citatah, Jawa Barat

1. Tebing Citatah, Jawa Barat

Merupakan spot panjat tebing yang sangat populer terutama bagi para senior. Hal tersebut di karenakan Tebing Citatah sendiri menajadi saksi utama lahirnya Rock Climbing di Indonesia.

Terletak di Padalarang, Bandung Barat, di sana terdapatt 3 tebing yang namanya di sesuaikan dengan ketinggian yakni Tebing Citatah 48, Tebing Citatah 90, tebing Citatah 125. Jika kamu masih pemula, Tebing Citatah 48 bisa menajdi pilihan terbaik untuk kamu coba.

2. Lembah Harau, Sumatera Barat

2. Lembah Harau, Sumatera Barat

Menjadi salah satu tebing terbaik untuuk bisa melakukan rock climbing di Indonesia. Tebing Lembah Harau memungkinkan kamu untuk melakukan rock climbing di pilihan tebing dengan ketinggalan mulai dari 80 hingga 300 meter.

Selain itu, rata – rata kemiringan tebing yang ada di sana mencapai hingga lebih dari 90 derajat. Selain itu, kamu juga akan menemukan spot air terjun yang berada dekat dengan lokasi ini.

Baca Juga:  Daya Tarik, Sejarah, dan Lokasi Wisata Air Terjun Kedung Pedut

Memiliki panorama yang indah dengan kesejukan alami yang ada, membuat spot panjat tebing yang berlokasi di Payakumbuh, Sumatera Barat ini menjadi pilihan terbaik untuk kamu pecinta olahraga rock climbing.

3. Gunung Padang, Sumatera Barat

3. Gunung Padang, Sumatera Barat

Spot panjat tebing lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Tebing Gunung Padang. Berlokasi di Sumatera Barat, Tebih Gunung Padang terbentuk dari batu basar yang memiliki ketinggian hingga mencapai 30 meter.

Oleh karenanya, spot yang satu ini bisa di gunakan untuk kamu yang masih pemula. Hanya saja tingkat kesulitan yang ada bernilai cukup bervariasi sehingga kamu juga harus tetep mengutamakan keselamatan.

4. Tebing Pantai Siung, Yogyakarta

spot panjat tebing terbaik. Tebing Pantai Siung, Yogyakarta

Beralih ke Jogja, di sana terdapat spot rock climbing terbaik yang bisa kamu coba. Nantinya saat sudah mencappai puncak, maka kamu akan bisa menikmati keindahan laut Hindia begitu saja.

tebing Pantai Siung memungkinkan kamu untuk melakukan panjat tebing dengan sekitar 50 jalur pemanjatan di dalamnya.

Beberapa spot yang di anggap sangat sulit untuk di taklukan adalah Kuda laut dan juga Pancaran Siung.

5. Gunung Parang, Jawa Barat

spot panjat tebing terbaik Gunung Parang, Jawa Barat

Terletak di Purwakarta, Jawa Barat. Gunung Parang menjadi spot panjat tebing tertinggi di Indonesia. Selain itu, Gunung Padang sendiri terdiri dari bebatuan andesit dengan ketinggian yang mencapai 930 meter dari atas permukaan laut.

Tidak hanya di kenal oleh pemanjat tebing lokal, Gunung Parang juga banyak di kenal oleh pada pemanjat tebing dari mancanaegara yang sudah profesional.

Nah itulah beberapa spot panjat tebing terbaik yang bisa kamu kunjungi. Namun sebelum melakukan aktifitas panjat tebing, pastikan untuk tetap mengutamakan keselamatan.***

Baca Juga:  Panduan Wisata Pulau Belitung, Dilengkapi Mercusuar Indah !