Cityawesome.com – Fakta unik festival Oktoberfest. Oktoberfest merupakan salah satu festival terbesar di dunia yang di adakan di Munich, Jerman. Festival ini merupakan festival bir yang biasanya di mulai pada bulan September.

Tidak hanya minum bir, festival ini juga meliputi acara lain seperti kuliner, wahana bermain, pertunjukan musik, pameran pakaian tradisional Jerman, dan masih banyak lagi yang lainnya.

fakta unik festival oktoberfest

Jika kamu ingin datang ke festival ini, kamu bisa mengunjungi kota Munich, Jerman. Tepatnya di bulan September atau Oktober. Berikut ini beberapa fakta unik mengenai festival oktoberfest di Jerman yang sekaligus menjadi festival terbesar di dunia.

1. Sejarah Oktoberfest

Oktoberfest pertama kali di adakan pada tahun 1810 yang awalnya merupakan acara pernikahan putra mahkota Bavaria. Festival ini di adakan selama 5 hari yang di akhiri dengan pacuan kuda di area terbuka.

Kemudian pada tahun berikutnya, acara ini di gabungkan dengan acara pameran pertanian hingga pada tahun 1818 di sediakan stan untuk makanan dan juga minuman. Hingga akhir abad ke 20, stan tersebut di kembangkan menjadi aula bir yang besar di mana ruangan tersebut di lengkapi dengan balkon serta panggung pertunjukan.

1. Sejarah Oktoberfest

Biasanya saat festival ini di adakan total konsumsi bir mencapai sekitar 2 juta galon. Bahkan di setiap tahunnya acara ini di hadiri hingga 6 juta pengunjung yang sebagian merupakan turis asing.

2. Hanya tersedia Bir produksi Munich

Di karenakan festival ini di adakan di Munich, sehingga bir yang di sediakan hanya boleh berasal dari dalam batas kota. Sehingga tidak menggunakan semua merek bir melainkan hanya yang sesuai dengan kriteria.

Selain itu biasanya beberapa minggu sebelum di mulainya festival ini, pabrik bir akan menyiapkan bir wiesn yang baru di produksi.

Baca Juga:  Tempat Wisata Di Belgia Ini Bisa Menjadi Pilihan Destinasi Liburan Kamu

3. Lebih sering diadakan bulan September

Acara ini meskipun di beri nama Oktoberfest, namun seringnya di laksanakan pada bulan September. Namun di awal fastival ini di adakan yaitu pada tahun 1810, acara ini di adakan pada bulan Oktober.

3. Lebih sering diadakan bulan September

Kemudian pada tahun – tahun berikutnya acara ini di perpanjang dan di majukan menjadi bulan September. Hal tersebut di karenakan cuacanya yang lebih hangat sehingga lebih mudah untuk menarik pengunjung agar bisa tinggal lebih lama untuk menikmati bir.

4. Berawal dari minum untuk kesehatan

Salah satu alasan mengapa festival ini begitu ramai dan terkesan penting adalah karena karena kebutuhan. Bavaria Selatan sendiri awalnya di kenal sebagai daerah yang buruk dalam pasokan air bersih.

Oleh karenanya untuk menghindari penyakit, masyarakat setempat menghilangkan dahaga dengan menggunakan minuman alternatif seperti bir.

5. Acara yang ramah untuk anak

Berjudul pesta bir, namun nyatanya acara ini merupakan acara yang ramah anak. Selain itu tentunya anak – anak tidak di perbolehkan untuk mengkonsumsi minuman beralkohol ini.

fakta unik festival oktoberfest. Acara yang ramah untuk anak

Oleh karena itu penyelenggara acara melengkapi festival ini dengan berbagai karnaval dan juga wahana permainan yang menyenangkan dan terbuka bagi semua usia.

6. Tersedia kantor Lost and Found

Di karenakan festival ini merupakan pesta minum beralkohol, maka tidak jarang banyak pengunjung yang pulang dalam keadaan mabuk. Oleh sebab itu di sana terdapat kantor Lost and Found untuk barang pengunjung yang tertinggal.

6. Tersedia kantor Lost and Found

Bahkan setiap tahunnya kantor tersebut selalu banyak barang yang tertinggal dan di temukan mulai dari paspor, dompet, tas, ransel, kamera, masih banyak lagi barang lainnya yang jumlahnya ratusan hingga ribuan.

7. Melarang Paris Hilton untuk hadir

Satu – satunya orang ternama yang di larang untuk datang ke Oktoberfest adalah Paris Hilton. Pada awalnya, Paris Hilton sendiri pernah datang ke festival Oktoberfest dengan menggunakan gaun tradisional Oktoberfest.

fakta unik festival oktoberfest Melarang Paris Hilton untuk hadir

Namun kemunculannya di acara tersebut malah untuk mempromosikan merek anggur kalengan tanpa izin dari pihak penyelenggara. Oleh karenanya masyarakat setempat marah dan seketika mengusir serta melarang Paris Hilton untuk datang kembali.

Baca Juga:  Oleh - Oleh Khas Belgia : Jangan Sampe Kelupaan!

Nah itulah beberapa fakta unik festival Oktoberfest yang diadakan setiap tahun di Jerman. Jika kamu penasaran ingin menikmati festival ini, kamu bisa mengunjungi kota Munich, Jerman di waktu yang telah ditentukan.***