Cityawesome.com – Syarat mengikuti Tokutei Ginou. Apakah kamu pernah mendengar istilah Tokutei Ginou? Dalam bahasa Inggris adalah Specified Skilled Workers atau SSW yang merupakan visa untuk warga negara asing yang ingin tinggal di Jepang. Di mana Tokutei Ginou sudah berlaku sejak tahun 2019 lalu.

Bedanya dengan visa Jepang biasa adalah di mana dengan visa ini nantinya kamu bisa bekerja di perusahaan Jepang dengan hak dan kewajiban yang sama dengan pekerja Jepang pada umumnya.

Kamu bisa mendaftarkan diri dalam program kerja Tokutei Ginou yang di buka oleh pemerintah Jepang setiap tahunnya. Hanya saja tentunya ada beberapa prosedur dan persyaratan yang harus di penuhi terlebih dahulu.


Syarat daftar Tokutei Ginou

Jika kamu merasa memiliki skill dan kemampuan untuk bekerja di Jepang. Kamu bisa mencoba untuk mendaftar Tokutei Ginou. Berikut beberapa persyaratannya yang harus di penuhi :

syarat mengikuti tokutei ginou
  1. Pria / Wanita
  2. Berusia mulai dari 18 tahun hingga maksimal 30 tahun.
  3. Sehat jasmani dan rohani.
  4. Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 150 cm untuk wanita.
  5. Berat badan proporsional.
  6. Surat izin orang tua atau keluarga.
  7. Lulus JLPT N4 atau JFT-Basic A2.
  8. Lulus Skill Test/ profesi.

Selain itu ada beberapa pelamar yang tidak diperkenankan untuk mendaftar yakni di antaranya adalah :

  1. Buta warna.
  2. Memiliki kecacatan fisik.
  3. Kecelakaan yang mengakibatkan patah tulang.
  4. Bekas luka bakar yang mengakibatkan gangguan motorik.
  5. Bertato dan bertindik.
  6. Mata minus lebih dari 5 dan silinder lebih dari 2 diopters.
  7. Pernah menggunakan narkoba.
  8. Memiliki catatan kriminal.

Cara mendaftar program Tokutei Ginou

Jika sekiranya kamu masuk dalam beberapa persyaratan di atas, selanjutnya kamu bisa langsung mendaftar program kerja Tokutei Ginou ini. Berikut beberapa langkahnya untuk bisa kamu praktekkan :

syarat mengikuti tokutei ginou
  • Langkah pertama adalah dengan mencari mitra yang menyediakan program Tokutei Ginou di Indonesia. Saat ini sudah banyak agen resmi dan terpercaya yang bisa kamu gunakan.
  • Selanjutynya isilah formulir pendaftaran yang di berikan oleh agen.
  • Lampirkan foto berwarna pada halaman pertama formulir.
  • Selanjutnya scan dokumen formulir menjadi 1 file.
  • Kirimkan formulir pendaftaran baik melalui email atau bisa dengan datang langsung ke kantor agen yang di gunakan.
  • Langkah selanjutnya biasanya di lakukan seleksi administrasi yang akan berlangsung sekitar 2 minggu setelah formulir di ajukan.
  • Jika seleksi administrasi kamu di nyatakan lolos, maka selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan mengikuti psikotest dan interview.
  • Seleksi lanjutan yang harus di lakukan adalah dengan melakukan medical check up awal. Di mana biasanya medichal check up yang di lakukan hanya yang bersifat standar.
  • Jika sudah melakukan medical check up, selanjutnya kamu di perkenankan untuk melakukan daftar ulang dan kontrak pendidikan.
Baca Juga:  5 Tempat Wisata di Tokyo untuk Penggemar Anime dan Manga

Tahapan pendaftaran

Sampai di tahap ini kamu belum sepenuhnya lolos dan bisa langsung bekerja di Jepang. Hal ini di karenakan kamu harus mengikuti pendidikan bahasa Jepang terlebih dahulu dengan durasi waktu mulai dari 3 hingga 5 bulan.

Jika pendidikan bahasa Jepang sudah di ikuti dengan baik dalam kurun waktu sekian bulan. Seperti sekolah pada umumnya, kamu akan mengikuti ujian bahasa Jepang yakni JLPT/J-Test/JFT.

syarat mengikuti tokutei ginou

Jika sudah di anggap lolos mengikuti pendidikan bahasa Jepang, selanjutnya kamu akan mengikuti pelatihan bidang kerja dengan durasi waktu 1 hingga 2 bulan untuk kemudian mengikuti tes kemampuan atau Senmonkyu.

Jika sudah memiliki sertifikat N3/N4 atau sertifikat Senmonkyu, Langkah yang mendekati akhir adalah melakukan interview langsung dengan pihak perusahaan Jepang. Kemudian jika kamu di anggap lolos, langkah terakhir adalah dengan melakukan Medical Check Up Akhir.

Selain itu biasanya pada tahap ini akan di barengi dengan pengurusan dokumen perjalanan yang akan memakan waktu sekitar 2 hingga 3 bulan.


Nah itulah beberapa syarat serta tahapan yang harus kamu lakukan untuk mengikuti program Tokutei Ginou. Dengan begitu nantinya kamu bisa bekerja di Jepang secara resmi sekaligus mendapatkan hak serta kewajiban yang sama dengan pekerja Jepang lainnya.

Baca Juga :

***

Baca Juga:  8 Festival Jepang Paling Populer Sepanjang Tahun