Sejarah dan daya tarik petilasan

Selalu ada kisah yang menarik dibalik sejarah dan daya tarik petilasan. Apalagi masing-masing petilasan memiliki ciri khas dan daya tarik yang berbeda. Tentu kamu akan mengalami pengalaman yang berbeda saat mengunjungi tempat petilasan yang berbeda. 

Selain menarik dari segi kultur dan budayanya, petilasan juga identik dengan kesan mistisnya. Padahal, terlepas dari aura mistis tersebut kamu bisa memanjatkan doa dan berziarah di tempat seperti ini. Nah, berikut ini adalah beberapa tempat petilasan serta daya tarik dan sejarahnya. 

Sejarah dan Daya Tarik Petilasan Prabu Siliwangi

Sejarah dan daya tarik petilasan prabu siliwangi

Tertarik mengunjungi lokasi wisata religi yang ada di Jawa Barat? Maka sempatkan dirimu untuk datang dan berziarah ke makam Prabu Siliwangi. Tempat peristirahatan terakhir Sang Prabu ini sering ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah. 

Nggak heran kalau makam ini akhirnya berubah menjadi tempat petilasan untuk wisata religi para peziarah. Sebelum kamu berkunjung dan berziarah ke tempat ini, sebaiknya kamu cari tahu dulu sejarah dan daya tarik petilasan Prabu Siliwangi. 

Dengan begitu, kamu akan lebih memahami apa tujuan kamu datang ke petilasan ini. Jika tujuannya hanya untuk memuaskan rasa penasaran, sebaiknya kamu baca saja ulasan tentang tempat ini. Sebab, petilasan Prabu Siliwangi ini utamanya dipakai sebagai tempat berziarah. 

8 Rekomendasi Tempat Wisata Sekitar Balige yang Mengesankan

Jika tujuan kamu kesini bukan untuk berziarah, sebaiknya urungkan saja niatmu. Makanya, untuk meyakinkan tujuan berkunjung ke petilasan ini, ketahui dulu sejarah singkatnya berikut ini. 

Menurut sejarahnya, petilasan Prabu Siliwangi ini berdiri untuk menjadi tempat peristirahatan terakhir Sang Prabu. Lokasi petilasan ini berada di sebelah utara lereng Gunung Ciremai. 

Di sekitar area petilasan ini juga terdapat dua mata air yang konon katanya aliran airnya nggak pernah berhenti. Mata air tersebut adalah Mata Air Sanghyang Talaga Emas dan Mata Air Sanghyang Talaga Pancuran. 

Baca Juga:  7 Rekomendasi Hotel Kontainer yang Unik dan Populer di Indonesia

Wisata Petilasan Taman Airlangga 

Petilasan taman airlangga

Bukan cuma di Jawa Barat, di daerah Jawa Timur juga terdapat wisata petilasan yang menarik untuk kamu datangi. Selain sebagai tempat ziarah dan wisata religi, Petilasan Taman Airlangga ini juga memiliki daya tarik bagi para peziarah yang hadir. 

Ketika mengunjungi petilasan ini, kamu juga bisa sekalian mampir ke destinasi wisata Candi Pataan. Lokasi candi ini nggak jauh dari Petilasan Airlangga. Jadi, setelah berziarah di makam Raja Airlangga, kamu bisa melipir ke wisata candinya. 

Petilasan ini memiliki aura yang mistis namun juga asri. Makanya, jangan kaget kalau kamu bakal merinding saat menginjakkan kaki di petilasan ini. Nah, yang nggak boleh kamu lupa adalah selalu panjatkan doa dan bersikap sopan setiap kali berkunjung ke petilasan. 

Sejarah Wisata Petilasan Sunan Bonang

Sejarah dan daya tarik petilasan sunan bonang

Bagi kamu yang berdomisili di daerah Jawa Tengah, ada tempat petilasan yang wajib untuk kamu kunjungi saat berziarah. Tempat tersebut adalah Petilasan Sunan Bonang. Petilasan ini berlokasi di daerah Kota Lasem, Jawa Tengah. 

Tempat petilasan ini selalu ramai, apalagi menjelang tanggal Satu Suro. Banyak peziarah yang datang dan memanjatkan doa di tempat peristirahatan terakhir salah satu tokoh wali songo. 

Karena itu, nggak heran kalau tempat ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin berziarah. Dari segi desain bangunan petilasannya, hingga ke segi fasilitas wisata lainnya tertata dengan rapi. Selain itu, beberapa wahana wisata lainnya juga bisa kamu akses dari Petilasan Sunan Bonang. 

Baca Juga:  Top 5 Rekomendasi Wisata Terbaik daerah Kintanami Bali