Cityawesome.com – Air terjun Sikulikap Berastagi. Berlibur menjadi hal yang menyenangkan dan paling di tunggu oleh kebanyakan orang. Oleh karena itu saat ini sudah banyak objek wisata menarik yang bisa di kunjungi wisatawan. Selain itu sebagai warga Indonesia harusnya kita patut bangga karena setiap daerah memiliki keindahan objek wisata yang beragam.

Seperti di Sumatera Utara, di mana terdapat objek wisata alam yang menawan dan tidak pernah sepi dari kedatangan pengunjung. Air Terjun Sukulikap berada di kabupaten Karo tepatnya di daerah Penatapan Doulu. Di mana air terjun yang satu ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Sangking alaminya saat berkunjung kesana kamu akan bisa menghirup aroma hutan cemara di sekitarnya.


Lokasi, harga tiket dan jam operasional

Lokasi, harga tiket dan jam operasional

Beragam aktifitas olahraga bisa kamu lakukan saat berkunjung kesana. Air Terjun Sikulikap berada di Desa Doulu Tanah Berastagi, Martelu, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 20357 . Dengan tarif masuk yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 5 ribu untuk pejalan kaki, Rp 20 ribu untuk Pengguna motor, dan Rp 60 ribu untuk pengguna mobil. Bahkan objek wisata yang satu ini beroperasi selama 24 jam full.


Aktifitas wisata Air Terjun Sikulikap

Seperti yang di jelaskan sebelumnya, jika kamu akan bisa melakukan beragam aktifitas olahraga didalamnya. Berikut ini beberapa aktifitas wisata yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Air Terjun Sikulikap.

1. Treking menuju lokasi wisata

1. Treking menuju lokasi wisata

Untuk menuju ke lokasi wisata air terjun ini nantinya kamu bisa menyusuri jalur treking dengan jarak yang tidak terlalu jauh dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan berjalan kaki. Selain itu jalur treking di sana juga sudah di bangun rapi bahkan menggunakan beton untuk memudahkan wisatawan. Bahkan pada setiap sisi yang mengarah ke jurang juga sudah di tutup pengaman berupa pagar sehingga kamu bisa bebas berpetualan dengan orang tersayang.

Kelebihan lainnya yang bisa kamu rasakan saat berkunjung ke objek wisata yang satu ini adalah hijaunya pemandangan berupa pohon yang menjulang di sepanjang jalan.

2. Menikmati keindahan air terjun

Air terjun ini menjadi salah satu objek wisata yang populer di daerah Karo karena keindahannya. Memiliki ketinggian sekitar 30 meter, air terjun ini di lengkapi dengan tebing, pohon, dan bebatuan sehingga menjadikannya lebih estetik.

2. Menikmati keindahan air terjun

Selain itu hutan yang berada di sekitar air terjun ini juga masih menjadi bagian dari kawasan ekosistem Taman Nasional Gunung Leuser. Nantinya di bawah air terjun juga tersedia tempat berteduh dengan gaya budaya Karo untuk wisatawan yang ingin sekedar bersantai.

3. Menikmati kesegaran alami air terjun Sikulikap

Saat berkunjung ke Air Terjun Sikulikap ini nantinya kamu akan melihat aliran air yang terbilang cukup deras. Oleh karena itu wisatawan tidak di sarankan untuk berenang di bawah curahan air terjun. Dengan air yang bersumber dari taman Hutan Raya kawasan hutan lindung Bukit Barisan, kamu bisa merasakan air yang dingin dan alami.

4. Bersantai di tengah hutan

air terjun sikulikap Bersantai di tengah hutan

Objek wisata yang satu ini sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi bahkan jika hanya ingin bersantai sekalipun. Hal ini di karenakan keunggulan air terjun Sikulikap yang berada di tengah hutan Berastagi dan menyajikan pemandangan yang indah dan memukau. Terlebih dengan aroma hutan Pinus yang sulit untuk dilupakan.

5. Olahraga panjat tebing

Aktifitas wisata lainnya yang bisa kamu lakukan di objek wisata ini adalah panjat tebing. Hal ini di karenakan air terjun Sikulikap memiliki dinding batu cadas yang memiliki tantangan panjat tebing cukup berat bahkan dengan kemiringan tegak 90 derajat. Selain itu tidak hanya wisatawan lokal saja yang memilih untuk panjat tebing di sana, bahkan tidak jarang juga wisatawan asing yang datang.

air terjun sikulikap Olahraga panjat tebing

6. Berkemah

Sebagai objek wisata alam yang di lengkapi dengan keindahan memukau. Air terjun yang satu ini di lengkapi dengan area khusus untuk camping. Di mana pada area tersebut nantinya kamu bisa mendirikan tenda dan menginap. Bahkan aktivitas kemah sendiri cukup banyak di minati oleh wisatawan karena memberikan pengalaman berpetualang outdoor.

Baca Juga:  8 Fasilitas Menarik Kawasan Wisata Talaga Langit Cirebon

Nah itulah beberapa ulasan mengenai objek wisata air terjun Sikulikap untuk kamu ketahui. Saat berkunjung ke tanah Karo, pastikan untuk tidak melewatkan objek wisata yang satu ini.***