Cityawesome.com – Fakta unik Sydney Opera House. Setiap negara tentu memiliki ikon khasnya masing-masing yang cukup populer dan banyak di kunjungi. Seperti contohnya Australia, di mana terdapat ikon yang populer dan sayang untuk di lewatkan yakni Sydney Opera House. Di mana Sydney Opera House sendiri merupakan gedung monumental yang di bangun pada abad ke 20. Selain itu pada sekitaran gedung terdapat jembatan yang juga tidak kalah populer dan ramai wisatawan.

Sydney Opera House terbilang cukup sayang untuk dilewatkan saat kamu memilih untuk berkunjung dan berlibur ke Australia. Sebagai pengetahuan, berikut ini beberapa fakta unik dari Sydney Opera House yang menjadi alasan banyaknya wisatawan yang berkunjung.


1. Lokasi Sydney Opera House

1. Lokasi Sydney Opera House

Sydney Opera House berada di Bennelong Point yang di mana lokasinya sendiri di ambil dari nama Woollarawarre Bennelong. Merupakan nama dari seorang pria dari Aborigin Australia pada masa penjajahan Inggris di Australia pada tahun 1788.

2. Biaya pembangunan

Pada awalnya biaya pembangunan bangunan monumental tersebut di perkirakan hanya akan menghabiskan kisaran 7 juta dollar. Namun pada proses pembangunan hingga akhir biaya yang di habiskan mencapai 102 juta dollar yang bahkan sebagian besarnya di tanggung oleh State Lottery.

3. Jutaan genteng

Dengan luas bangunan sekitar 1,62 Hektar, Sydney Opera House memiliki hingga jutaan genteng yang di pasang di atas struktur bangunan. Tidak main-main, bahkan genteng yang di gunakan langsung di datangkan dari Swedia.

3. Jutaan genteng

4. Tercatat sebagai warisan budaya

Sydney Opera House tercatat sebagai situs warisan dunia UNESCO tepatnya pada tahun 2007. Selain itu tampilan perdana yang ada di bangunan satu ini di lakukan oleh Paul Robeson yakni pada tahun 1960 yang menyanyikan lagu Sungai OI Man untuk semua pekerja konstruksi yang sedang makan siang.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Taman Wisata Di Perth

5. Merupakan bangunan yang luas

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, Sydney Opera House memiliki luas wilayah hingga lebih dari 1,62 hektar. Yang bahkan luas wilayah tersebut mampu untuk menampung hingga 7 pesawat A380 dengan sayap yang membentang.

6. Di resmikan Ratu Elizabeth II

Fakta unik lainnya yang ada pada bangunan ikonik Sydney Opera House adalah di buka dan di resmikan pertama kali oleh Ratu Elizabeth II tepatnya pada tahun 1973. Bahkan hingga terakhir tahun 2006, ratu Ellizabeth II tercatat sudah mengunjungi Sydney Opera House 4 kali.

6. Di resmikan Ratu Elizabeth II

7. Tidak pernah sepi pengunjung

Di karenakan Sydney Opera House sebagai salah satu ikon populer Australia, tentunya bangunan yang satu ini tidak pernah sepi dari kedatangan pengunjung. Di mana setiap tahunnya terdapat lebih dari 11 juta pengunjung yang tercatat mengunjungi Sydney Opera House.

8. Di dinginkan oleh air laut

Fakta unik lainnya dari ikon Australia yang satu ini adalah Proses pendinginan yang menggunakan air laut. Di mana bahkan air laut yang di gunakan di ambil langsung di pelabuhan. Dengan menggunakan sistem canggih sehingga bisa mengedarkan air dingin dari pelabuhan melalui pipa dengan panjang 35 KM untuk menyalakan pemanas dan pendingin udara di dalam gedung.

Nah itulah beberapa fakta unik yang ada pada bangunan ikonik dan monumental yang populer yakni Sydney Opera House. Saat memilih untuk berlibur dan menghabiskan waktu di Australia, pastikan untuk tidak melewatkan situs ini. Selain itu nantinya kamu akan mendapatkan pengalaman berlibur yang berbeda saat berkunjung kesana. Sydney Opera House hingga kini selalu ramai pengunjung dan menjadi salah satu tujuan wisata para turis.***