Fakta Menarik Danau Hillier Berwarna Merah Muda di Australia

Cityawesome.comDanau Hillier merupakan danau unik yang berada di Australia, tepatnya di kepulauan Recherche, Middle Island. Memiliki panjang mencapai 600 meter dengan lebar 250 meter, danau ini di kelilingi oleh tepi pasir dan hutan yang hijau.

Namun berbeda dengan danau pada umumnya, Danau Hillier sendiri memiliki keunikan karena warna ainya yang merah mudah. Di mana warna ini berasal dari mikroba Extremophile yang dianggap sebagai organisme teraneh yang ada di bumi.

Selain itu Danau Hillier juga bukanlah danau buatan dan memiliki salinitas yang tinggi hingga sebanding dengan laut mati. Di dalamnya tidak ada kehidupan yang mampu bertahan selain Alga dan bakteri Halofilik.

Sejarah penemuan Danau Hillier

Membahas tentang sejarah penemuan Danau Hillier, berawal dari seorang navigator dan hidrogafer asal Inggris bernama Matthew Finders. Finders menemukan danau unik berwarna merah muda tepatnya pada Januari tahun 1802 setelah melakukan pendakian puncak tertinggi Middle Island yang sekarang di kenal sebagai Puncak Finders.

Kemudian setahun setelahnya, Finders kembali mengunjungi danau ini untuk mengambil beberapa tong garam. Hingga danau tersebut di beri nama Hillier yang di ambil dari nama kru investigator Finders yang meninggal akibat disentri sebelum keberangkatan mereka tahun 1903.

Sebenarnya penambangan garam di sana sempat di lakukan pada abad ke 19. Hanya saja upaya tersebut mengalami kegagalan karena terjadi keracunan garam yang di konsumsi dari Danau Hillier.

Menjadi tempat wisata

Karena keindahannya, tidak heran jika Danau Hillier ini menjadi salah satu tempat wisata yang menarik di Australia. Namun perlu di ketahui, air berwarna pink yang ada di danau ini tidak direkomendasikan untuk diminum. Hal ini di karenakan kandungan garam pada Danau Hillier terbilang cukup tinggi bahkan 10 kali lebih asin di bandingkan dengan air laut.

Untuk lokasi dari danau ini masih berada di kawasan Taman Nasional Murray-Sunset sekaligus menjadi danau yang di lindungi.

Oleh karena itu tour yang bisa di lakukan untuk melihat danau Hillier secara langsung hanya boleh melalui udara atau menggunakan kapal laut.

Meskipun begitu, wisata danau ini selalu ramai oleh wisatawan yang berkunjung melalui Perth. Di mana jika ditempuh menggunakan kapal maka jaraknya sejauh 720 KM. Kemudian setelah sampai di Middle Island, maka wisatawan harus berjalan kaki sejauh 600 meter untuk sampai ke tepi danau.

Danau Merah Muda

Namun jika berbicara mengenai danau merah muda seperti danau Hillier. Sebenarnya ada beberapa danau unik lainnya yang memiliki keunikan sama. Hanya saja tentunya keindahan dalam tiap danau berbeda-beda. Berikut ini beberapa danau merah muda yang tidak kalah populer dibandingkan dengan Danau Hillier :

  • Laguna Coloradi di Bolivia
  • Hutt Lagoon di Australia
  • Las Salinas de Torrevieja di Spanyol
  • Danau Retba di Senegal
  • Laguna Sivash Salt di Rusia

Nah itulah penjelasan mengenai keindahan danau Hillier yang menarik perhatian jutaan mata di dunia. Dengan keunikan warna airnya, membuat danau ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari mancanegara. Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi Australia, Danau Hillier bisa menjadi rekomendasi tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga :

***