Cityawesome.com – Danau Garam terbaik. Objek wisata biasanya memiliki keindahan yang memanjakan mata. Berlibur menjadi pilihan terbaik untuk kamu menghilangkan penat akibat pekerjaan dan aktifitas sehari-hari. Berbagai objek wisata terbaik bisa menjadi rekomendasi dan list kunjungan.

Merupakan salah satu destinasi wisata yang tidak kalah mengagumkan, danau garam memiliki keunikan berbeda di mana memiliki kandungan garam yang tinggi. Bahkan beberapa danau garam di dunia kandungannya mencapai lebih dari 3 gram garam dalam 1 liter air. Selain itu danau garam sendiri terbilang menjadi fenomena alam dan tidak pernah sepi dari kedatangan pengunjung.

Jika penasaran, berikut ini beberapa rekomendasi danau garam terbaik di dunia yang menarik untuk kamu kunjungi.

1. Danau Qarhan

1. Danau Qarhan

Menjadi salah satu danau garam di dunia yang populer. Danau Qarhan berlokasi di Tiongkok di mana memiliki bentuk unik berupa lanskap seperti karang asin dan pilar yang serupa dengan kristal. Selain itu Danau Qarhan menjadi salah satu lokasi paling asin yang ada di bumi. Oleh karenanya tidak heran jika banyak panen garam di sana. Bahkan hingga kini cadangan garam di danau Qarhan ini mencapai 247 juta ton.

2. Laut Kaspia dan Aral

2. Laut Kaspia dan Aral

Danau garam terbaik lainnya yang bisa kamu kunjungi adlaah Laut Kaspia dan laut Aral. Berlokasi di perbatasan antara Rusia, Turkmenistan, Azerbaijan, Kazakhtan, dan Iran. Kedua laut tersebut terbilang menjadi laut yang memiliki ukuran besar. Di mana Laut Kaspia sendiri merupakan perairan dengan pedalaman terbesar di dunia dengan panjang sekitar 1200 KM dan lebar 320 KM. Berbeda dengan laut Kaspia, laut Aral sebelumnya menjadi perairan terbesar ke 4 di dunia namun selalu mengalami penyusutan bahkan sejak tahun 1960.

3. Laut Mati

3. Laut Mati

Merupakan salah satu rekomendasi danau garam yang bisa kamu kunjungi. Laut mati meskipun namanya adalah laut, namun sebenarnya adalah danau yang berlokasi di antara Yordania dan Israel. Selain itu untuk kamu ketahui, laut mati sendiri merupakan badan air terendah di dunia yakni mencapai 430 meter di bawah permukaan laut. Bahkan setiap tahunnya, laut mati mengalami penurunan hingga 1 meter. Hal ini di sebabkan oleh lokasi danau berada di bagian bawah kerat bumi di sepanjang lempeng tektonik. Sesuai namanya, tidak ada makhluk yang bisa bertahan hidup di dalamnya selain bakteri.

4. Great Salt Lake

4. Great Salt Lake

Sesuai dengan namanya, danau garam yang satu ini terbilang cukup populer dan banyak di kunjungi. Great Salt Lake berada di Salt Lake City dengan keindahan yang cukup memukau. Memiliki warna biru kehijauan dengan pantai yang berpasir bersih, kamu akan takjub di buatnya dan membuat siapapun betah berlama-lama. Selain itu Great Salt Lake sendiri memiliki panjang sekitar 75 mil dengan lebar 35 mil.

5. Danau Assal

5. Danau Assal

Rekomendasi danau garam lainnya yang menarik adalah Danau Assal. Berlokasi di barat Djibouti, danau ini menjadi salah satu lokasi yang paling asin di bumi. Selain itu Danau Assal sendiri merupakan danau vulkanik yang berada di puncak Great Rift Valley. Yang membuatnya menarik dan tidak pernah sepi pengunjung adalah danau Assal memiliki 2 bagian utama yakni hamparan kering dan kamparan basah. Hanya saja lokasinya menjadi yang terpanas di bumi.

6. Danau Urmia

6. Danau Urmia

Jika berkunjung ke negara Iran, pastikan untuk tidak melewatkan danau garam yang satu ini. Danau Urmia memiliki permukaan air yang menurun dan menjadi salah satu danau asin terbesar di Timur Tengah. Selain itu di dalamnya terdapat beberapa jenis spesies yang hidup yakni udang, flamingo, dan pelikan. Kelebihan lainnya dari danau Urmia ini adalah bisa menghasilkan warna yang indah dan menarik seperti merah darah. Hal ini di sebabkan oleh bakteri halofil sehingga mengakibatkan perubahan warna.

Baca Juga:  4 Tempat Wisata Murah di Luar Negeri yang Minim Budget

7. Danau Van

7. Danau Van

Berlokasi di Turki, kamu bisa berkunjung ke Danau Van jika memilih negara ini sebagai tujuan wisata. Di mana danau Van sendiri di kenal memiliki tingkat air yang fluktuatif. Selain itu Danau van sendiri memiliki lapisan sedimen yang bahkan tebalnya mencapai 1300 kaki. Hingga kini hanya 1 spesies ikan yanng berhasil bertahan hidup di sana yakni Pearl Mullet.

8. Danau Vanda

8. Danau Vanda

Kamu bisa mengunjungi danau Vanda yang berada di Victoria Land Antartika. Di mana menjadi salah satu danau garam terbaik di dunia. Dengan panjang sekitar 5 KM dan kedalaman mencapai 69 meter, danau ini memiliki salinitas sekitar 10 kali lipat jika di bandingkan dengan air laut. Selain itu danau yang satu ini juga memiliki kondisi di mana perairannya yang lebih dalam di danau dan perairan yang lebih dangkal tidak bercampur.

Baca Juga :

6 Tempat wisata balon udara di Indonesia
10 Makanan teraneh di dunia

Demikian beberapa rekomendasi danau garam terbaik di dunia yang menarik untuk di kunjungi. Berkunjung ke danau garam memungkinkan kamu mendapatkan pengalaman berlibur yang berbeda.***