Lokasi dan Area Wisata Keraton Yogyakarta

Cityawesome.com – Wisata Keraton Yogyakarta. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat menjadi salah satu ikon bersejarah yang cukup populer di Yogyakarta. Oleh karena itu tidak heran jika banyak wisatawan yang tertarik dan ingin berkunjung kesana. Selain Borobudur, wisata ini bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik yang sayang untuk dilewatkan.

Merupakan istana kesultanan Yogyakarta, bahkan hingga saat ini masih menjadi tempat tinggal para sultan di sana. Selain itu pada area kompleks keraton saat ini di alih fungsikan sebagai museum benda bersejarah milik kesultanan.

Lebih dari itu, Keraton Yogyakarta juga tetap menjaga warisan budaya mulai dari upacara adat, benda kuno, bahkan hingga nilai filosofi dan mitologi yang ada.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Wisata Keraton Yogyakarta berlokasi di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55132. Berada tepat di pusat kota, sehingga nantinya pengunjung akan dengan mudah menemukan wisata ini.

Sedangkan tiket masuk wisata ini terbilang cukup terjangkau yakni hanya Rp 15 ribu sudah All In Museum Keraton dan Pameran. Keraton Yogyakarta di buka setiap hari kecuali Senin mulai dari jam 08.00 sampai dengan 14.00 WIB.

Daya tarik dana aktivitas wisata Keraton Yogyakarta

Sebagai informasi tambahan, Keraton Yogyakarta merupakan peninggalan dari Sultan Hamengkubuwono I yang sekaligus menjadi kepala arsitek dan pendiri kesultanan Ngayogyakarta. Karena kemampuannya di bidang artsitek yang bahkan sudah di akui oleh Bangsa Belanda, kompleks Keraton Yogyakarta menjadi salah satu arsitektur Jawa Terbaik.

Selain itu pada area kompleks Keraton di lengkapi dengan lapangan dan paviliun. Hanya saja sebagai besar areanya sudah beralih fungsi menjadi museum, fasilitas umum, dan pemukiman.

Adapun beberapa bagian yang ada di area Kompleks Keraton Yogyakarta di antaranya adalah :

  1. Gapura Gladag-Pangurakan
    Merupakan gerbang masuk utama Keraton Yogyakarta yang berada di arah Utara. Dulunya gerbang tersebut berfungsi sebagai tempat penyerahan daftar jaga dan tempat pengusiran.
  2. Alun-Alun Utara
    Pada bagian utara Keraton, terdapat area alun-alun yang sering di gunakan sebagai tempat untuk acara rakyat. Selain itu pada hari biasa, tempat tersebut digunakan sebagai area perkir dan lapangan sepak bola.
  3. Masjid Gedhe
    Masjid raya kesultanan yang berada di bagian barat. Masjid Gedhe ini dikelilingi oleh dinding yang cukup tinggi. Selain itu bangunannya juga menyeduupai persegi tertutup dengan atap bertumpang tiga.
  4. Kompleks Pagelaran
    Merupakan bangunan utama yang dulunya dikenal dengan Tratag Rambat. Saat ini kompleks Pagelaran di jadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan berbagai acara.
  5. Kompleks Siti Hinggil Ler
    Seringkali digunakan untuk menyelenggarakan upacara resmi. Kompleks Siti Hinggil Ler letaknya lebih tinggi dari tanah yang ada disekitarnya.
  6. Sri Manganti
    Merupakan kompleks yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan pusaka keraton dan alat musik gamelan.
  7. Kompleks Kamandungan Ler
    Memiliki nama lain yang lebih dikenal dengan Keben. Kamu akan menemukan bangunan Bangsal Ponconiti di tengah sekaligus menjadi bangunan utama. Saat ini Bangsal Ponconiti digunakan sebagai tempat untuk menyelenggarakan acara adat.
  8. Kompleks Siti Hinggil Kidul
    Lebih dikenal dengan Sasana Hinggil, kompleks ini digunakan untuk pagelaran seni pertunjukan seperti wayang kulit, pameran, dan lainnya.
  9. Kamagangan
    Di kompleks Kamagangan, kamu akan menemukan bansal Magangan yang berfungsi sebagai tempat upacara Bedhol Songsong dan Pertunjukan wayang kulit.
  10. Kompleks Kedathon
    Merupakan pusat dari Keraton secara keseluruhan.
  11. Kompleks Kamandhungan Kidul
    Memiliki bangunan utama berupa bangsal kamandhungan. Kemudian pada sisi selatannya terdapat gerbang yang menjadi pintu paling selatan.
  12. Alun-alun Kidul
    Saat malam tiba, area ini sering kali dipenuhi dengan pengunjung yang ingin menikmati hidangan di angkringan. Kemudian di tengah alun-alun, kamu akan menemukan 2 pohon beringin besar.
  13. Plengkung Nirbaya
    Merupakan gerbang yang di gunakan sebagai rute keluar. Hanya saja, lokasi ini tidak di buka untuk umum.

Fasilitas kegiatan Menarik

Pengunjung tidak hanya bisa berkeliling di area Keraton saja. Melainkan nantinya akan bisa menyaksikan berbagai pertunjukan yang tersedia. Selain itu untuk pertunjukannya di gelar secara rutin dengan jam dan waktu yang sudah di tentukan. Berikut adalah jadwal kegiatan yang ada di Keraton Yogyakarta :

  • Gamelan setiap hari Senin dan Selasa mulai jam 10.00 sampai 12.00 WIB
  • Wayang Kulit setiap hari Rabu mulai jam 09.00 sampai dengan 13.00 WIB
  • Tarian setiap hari Minggu dan Kamis mulai dari jam 09.00 sampai dengan 12.00 WIB
  • Pembacaan Puisi setiap hari Jumat mulai dari jam 10.00 sampai dengan 11.30 WIB
  • Wayang Golek setiap hari Rabu mulai jam 09.00 sampai dengan 12.00 WIB

Demikian informasi mengenai daya tarik dan wisata Keraton Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi. Jika berada di Yogyakarta, pastikan untuk tidak melewatkan objek wisata satu ini.

Baca Juga :

***