Cityawesome.comBerkunjung ke Yogyakarta tentunya tidak akan menbuat siapapun menjadi bingung. Pasalnya ada banyak tempat wisata populer yang bisa di kunjungi seperti salah satunya adalah Taman Pintar Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, Taman Pintar Yogyakarta memungkinkan kamu untuk mendapatkan beragam informasi yang edukatif di dalamnya.

Jika penasaran, simak ulasan berikut mengenai Taman Pintar Yogyakarta.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Taman Pintar Yogyakarta berlokasi di Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia , 55122. Terlebih akses perjalanannya juga cukup mudah di jangkau baik menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.

taman pintar yogyakarta

Untuk harga tiket masuk wisata ini bervariasi dengan rincian sebagai berikut :

  • Tiket Masuk
    • Zona Peraga Sains dan Teknologi Rp 12 ribu (anak-anak), Rp 20 ribu (dewasa).
    • Pertunjukan Visual Astronomi Rp 22 ribu.
    • Paud Barat/Timur (khusus usia 3 – 7 tahun) Rp 3 ribu.
    • Kapal Boat Mini dengan beban maksimal 100 Kg Rp 6 ribu.
    • Lalu lintas (khusus usia 3 – 7 tahun) Rp 12 ribu.
  • Program Kreativitas
    • Kreasi Batik (minimal 8 tahun) Rp 18 ribu
    • Kreasi Gerabah Rp 13 ribu
    • Lukis Kaos Rp 45 ribu
    • Lukis Gerabah Rp 15 ribu
    • Teater 4D Rp 15 ribu (anak-anak), Rp 20 ribu (dewasa)
    • Dino Adventure Rp 20 ribu (anak-anak), Rp 25 ribu (dewasa)
    • Hand on Science Rp 10 ribu
    • Presenter TV Rp 15 ribu

Taman Pintar Yogyakarta bisa di jadikan sebagai tujuan wisata untuk rombongan sekolah. Hanya saja pihak sekolah harus mengirimkan surat pemberitahua terlebih dahulu melalui email atau website. Selain itu untuk kuota rombongan minimal 20 orang.

Jam operasional Taman Pintar Yogyakarta di buka setiap hari kecuali senin mulai dari jam 08.30 hingga 16.00 WIB.

taman pintar yogyakarta

Fasilitas dan Wahana Taman Pintar Yogyakarta

Sebagai informasi tambahan, Taman wisata ini didirikan pertama kali pada tahun 90an. Di dalamnya terdapat berbagai wahan edukasi mulai dari Playground, kampung kerajinan, bahkan hingga bahari.

Baca Juga:  Review Lengkap La Vue Rooftop Jakarta, Bar di Ketinggian !

Taman Pintar Yogyakarta memiliki beberapa wahana edukasi yang terbagi dalam beberapa tempat. Pengunjung di kenakan tiket tambahan jika ingin menikmati wahana tersebut, karena tidak termasuk tiket masuk. Terdapat Kampung Kerajinan, Playground, hingga Wahana Bahari. Adapun beberapa fasilitas dan wahana yang paling populer di antaranya adalah :

taman pintar yogyakarta

1. Playground

Memungkinkan anak-anak untuk bermain sekaligus belajar. Pada area Playground terdapat beberapa wahana permainan mulai dari pipa bercerita, jungkat-jungkit, putaran, dinding berdendang, gong, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Kampung Kerajinan

Wahana kampung kerajinan terbilang cukup populer dan banyak di kunjungi. Nantinya di sana kamu bisa membuat beragam kerajinan tangan mulai dari gerabah, batik, hingga melukis. Menariknya lagi, anak-anak juga boleh mengunjungi dan membuat kreasi di kampung kerajinan.

3. Wahana Bahari

Wahana Bahari yang ada di Taman Pintar adalah sungai buatan dengan bentuk yang kecil dan mengelilingi area taman pintar. Lebih dari itu nantinya pengunjung bisa mengitari area taman menggunakan kapal mini.

4. Science Theater

Merupakan gedung teater audiovisual dengan kapasitas 50 hingga 60 orang. Science Theater seringkali di gunakan untuk pemutaran film khusus.

5. Gedung Kotak dan Oval

Wahana dan fasilitas lainnya yang ada di Taman Pintar Yogyakarta adalah gedung kotak dan oval. Di mana pada gedung kotak terdapat zona teknologi, KPU, hingga Nuklir.

Sedangkan pada gedung Oval di jadikan sebagai gedung khusus untuk peraga sains berupa geografi dan astronomi. Selain itu biasanya di gedung ini akan tersaji pengalaman tentang bintang secara lengkap.

Itulah ulasan mengenai Taman Pintar Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi untuk mendapatkan edukasi sekaligus informasi terbaik mengenai ilmu dan pengalaman.

Baca Juga:  Info Terbaru Puncak Sawiyah: Lokasi & Harga Tiket

Baca Juga :

***