Harga Tiket dan Aktivitas Wisata Watu Gunung Ungaran

Cityawesome.comMengunjungi destinasi wisata alam memang mampu membuat stress akibat pekerjaan dan aktivitas sehari-hari menjadi hilang. Nah di Semarang terdapat salah satu objek wisata alam yang menarik dan terkesan masih asri. Watu Gunung Ungaran memungkinkan kamu untuk merasakan suasana khas desa dengan kebudayaan adat Jawa.

Di mana sejarahnya adalah Watu Gunung hanyalah tanah kosong yang di tumbuhi tanaman Pala dan Cengkeh. Hingga kemudian tepatnya pada tahun 2004, di bangun sebuah Villa pribadi lengkap dengan objek wisata yang khas akan bangunan Joglo.

Jika penasaran dan tertarik ingin berkunjung ke Watu Gunung Ungaran, pada artikel kali ini akan di jelaskan secara rinci mengenai lokasi, tiket, dan aktivitas wisata di dalamnya.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Wisata Watu Gunung Ungaran beralamatkan di Lerep Satu, Lerep, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50519. Tepatnya hanya berjarak sekitar 30 KM dari pusat kota Semarang dan membutuhkan waktu 45 menit untuk bisa sampai kesana.

Untuk harga tiket masuk Watu Gunung Ungaran, pengunjung akan di kenakan biaya Rp 25 ribu saat weekday dan Rp 30 ribu saat weekend. Sedangkan jam operasional wisatanya di buka setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Daya tarik dan aktivitas wisata

Saat di perjalanan menuju wisata ini, kamu akan di sambut dengan keindahan alam yang memukau. Meskipun beberapa jalur terkesan terjal dan berlikut, namun di kanan dan kiri jalan terdapat nuansa hijau khas pedesaan. Jejeran pohon rimbun mengelilingi area wisata ini sehingga mampu membuat stress menjadi hilang. Selain itu suara gemercik air juga akan terdengar karena di sana terdapat kolam dengan air yang jernih dan kebiruan.

Lalu apa saja daya tarik yang ada di Watu Gunung Ungaran? Berikut beberapa di antaranya :

1. Nuansa khas pedesaan

Objek wisata satu ini terbilang khas dengan bangunan joglo yang lengkap dengan pernak-pernik wayang. Untuk bangunannya sendiri berdisi di setiap sudut objek wisata dengan luas 3,5 hektar. Setidaknya kamu akan menemukan sekitar 5 bangunan joglo dan 4 bangunan permanen yang salah satunya di jadikan sebagai kantor.

Menariknya dari bangunan Joglo yang ada di sana adalah penamaan di setiap rumah layaknya rumah etnik Jawa Bali yakni Progo.

Untuk bangunan yang di jadikan kantor di beri nama Griyo Progo, kemudian ada juga Rumah Panggung Walang Kakek. Adapun nama bangunan unik lainnya adalah Wono Sekar, Kemuning, Kodok Ngorek, Jeng Yuyu, dan Nyi Rumpung.

2. Kolam dan danau buatan

Daya tarik lainnya yang ada di Watu Gunung Ungaran adalah terdapat kolam dan danau buatan. Oleh karena itu tidak heran jika kamu akan mendengar suara gemercik air. Air di kolam sendiri sangat jernih dan menjadi tempat bagi ikan-ikan kecil. Kemudian di tengah lokasi wisata, kamu akan menemukan danau buatan yang terbilang cukup luas.

Bagaimana tidak, luasnya sendiri mencapai 60 meter dengan kedalaman sekitar 2 meter. Kamu bisa sekedar duduk atau bersantai di atas batu sekaligus menikmati pemandangan alam sekitar.

Fasilitas wisata Watu Gunung Ungaran

Wisata satu ini di lengkapi berbagai fasilitas wisata yang membuat pengunjung menjadi betah berlama-lama di sana. Adapun fasilitas yang tersedia di antaranya adalah :

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Gedung yang bisa di sewakan
  • Area outdoor

Nah itulah ulasan mengenai Watu Gunung Ungaran yang sayang untuk dilewatkan. Dapatkan keseruan bersama keluarga dan teman dengan menghabiskan waktu di sana.

Baca Juga :

***