Lokawisata baturaden

Ada banyak spot wisata menarik yang ada di Yogyakarta, termasuk salah satunya adalah lokawisata Baturaden. Bagi kamu yang tertarik liburan kesini, informasi seputar sejarah, harga tiket, dan spot wahana yang tersedia akan sangat berguna. Makanya, cek info lebih lengkapnya berikut ini! 

Sejarah Singkat Lokawisata Baturaden

Sejarah baturaden

Sebelum terkenal menjadi destinasi wisata di Yogyakarta, lokasi Baturaden dulunya telah menyimpan banyak cerita. Konon katanya, tempat wisata Baturaden merupakan sebuah tempat yang lekat dengan cerita legendanya. 

Pada zaman dahulu kala, tempat ini menjadi saksi dari kisah cinta seorang penjaga kuda dengan seorang tuan putri. Karena perbedaan status sosial, hubungan cinta mereka pun harus kandas akibat larangan sang raja. 

Bukan cuka itu saja, menurut legendanya, sang penjaga kuda sempat masuk penjara akibat mencintai tuan putri. Namun, ia berhasil kabur dari penjara setelah tuan putri membantunya diam-diam. 

Kemudian, mereka berdua pun pergi dari lingkungan istana dan menetap di sekitar bibir sungai. Si penjaga kuda itu pun akhirnya menikahi sang tuan putri dan hidup bahagia bersama anak-anak mereka. 

Nah, tempat tinggal si penjaga kuda dan tuan putri itulah yang hingga sekarang dikenal sebagai Baturaden. Nama ini memiliki makna khusus yang berarti pelayan yang mulia. Hingga sekarang, tempat ini berkembang menjadi wisata alam yang patut kamu kunjungi. 

Harga Tiket Masuk (HTM) ke Lokawisata Baturaden 

Loket wisata baturaden

Rata-rata destinasi wisata yang ada di Yogyakarta menawarkan harga yang cukup terjangkau. Sama seperti lokasi wisata di Jogja pada umumnya, lokawisata Baturaden ini juga membanderol harga tiket yang lumayan murah. 

Cukup dengan membayar tiket senilai 20 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa menikmati fasilitas dan wahana yang ada di Baturaden. Dengan harga segitu per orangnya, kamu nggak akan terkena biaya tambahan lagi. 

Baca Juga:  Oleh - Oleh Khas Lampung Yang Bisa Kamu Beli Setelah Berwisata

Sebab, dengan membayar sebesar 20 ribu rupiah, kamu sudah bisa mengakses seluruh spot wahana wisata yang ada di Baturaden. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo liburan ke destinasi wisata Baturaden yang ada di Jogja. 

Wahana Spot Wisata Menarik di Lokawisata Baturaden

Wahana baturaden

Masing-masing tempat wisata oastinpunya wahana yang menjadi andalan untuk menarik para wisatawan. Entah itu wisatawan lokal atau dari mancanegara. Oleh sebab itu, lokawisata Baturaden Jogja ini juga menyediakan lahan khusus yang menjadi andalannya. 

1. Wahana Pemandian Air Belerang 

Sempatkan waktumu untuk mampir ke wahana wisata pemandian air panas ini untuk sekedar relaksasi. Lemaskan otot-ototmu yang kamu setelah seharian liburan berkeliling di Baturaden. 

Supaya tubuhmu semakin hangat, kamu juga bisa memesan secangkir minuman jahe hangat. Seduh minuman tersebut sambil berendam di air panas dan menikmati pemandangan alam Kebun Raya Baturaden yang menyejukkan. 

2. Wahana Danau Air Mancur

Wisatawan bisa menikmati salah satu spot pemandangan alam yang indah dengan melipir ke danau air mancur. Danau yang ada di Baturaden ini memiliki air mancur juga. Dengan begitu, kamu bisa menikmati dua pemandangan alam sekaligus dalam satu tempat yang sama. 

3. Wahana Ayunan dan Sepeda Gantung 

Kalau kamu berani melakukan kegiatan yang cukup ekstrim, maka cobalah untuk menaiki ayunan dan sepeda gantung. Di spot wahana Baturaden ini kamu bisa tantang adrenalinmu sendiri dengan mencoba aktivitas seekstrim ini. 

Tempat Wisata di New Zealand yang Paling Spektakuler

Meskipun menyeramkan, tapi keamanan dirimu akan terjamin selama bermain di wahana ini. Ketika mencoba wahananya, kamu akan dilengkapi pula dengan seutas tali panjang sebagai pengamannya. Selain itu, kamu juga akan selalu terpantau dari jauh oleh para penjaga yang ada di wahana ini.