Daya Tarik, Aktivitas, dan Harga Tiket Wisata Embung Kaliaji

Cityawesome.com – Daya tarik Embung Kaliaji. Embung Kaliaji merupakan kawasan konservasi air yang berlokasi di Yogyakarta. Di mana untuk airnya sendiri bersumber dari air sungai atau air hujan. Bahkan Embung ini mampu menampung hingga lebih dari 54 ribu meter kubik air yang sekaligus di gunakan untuk irigasi dan pengairan.

Namun yang membuatnya menarik adalah Embung Kaliaji di jadikan sebagai salah satu destinasi agrowisata yang terbilang cukup populer. Tidak pernah sepi dari pengunjung, Embung Kaliaji sendiri di bangun pertama kali pada tahun 2012.

Penasaran dan ingin berkunjung kesana. Pada artikel kali ini akan di berikan uraiannya secara lengkap !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Embung Kaliaji berlamatkan di Sangurejo, Donokerto, , Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55551. Tepatnya berjarak sekitar 20 KM dari pusat kota Yogyakarta dan membutuhkan waktu sekitar 38 menit untuk bisa sampai kesana.

Selain itu pengunjung tidak akan di kenakan tarif tiket untuk berkunjung ke Embung Kaliaji ini. Sehingga bisa di katakan tarif tiketnya gratis.

Sedangkan jam operasional Embung Kaliaji di buka setiap hari selama 24 jam. Dengan begitu nantinya kamu bisa datang kapan saja sesuai dengan keinginan.

Wahana dan aktivitas wisata Embung Kaliaji

Bukan tanpa alasan kenapa pengunjung selalu ramai setiap harinya di Embung Kaliaji. Hal ini di karenakan tersedianya wahana sekaligus aktivitas menarik yang bisa di lakukan. Berikut adalah beberapa di antaranya :

1. Jogging

Aktivitas jogging menjadi pilihan terbaik yang bisa di lakukan di Embung Kaliaji. Terlebih lagi di pinggiran kolamnya sudah tersedia lintasan khusus. Selain itu saat pagi hari, udara sejuk menambah semangat siapapun yang ingin berolahraga.

2. Memancing

Jika kamu memiliki hobi memancing, Embung Kaliaji bisa menjadi tempat pilihan. Terlebih lagi dari waktu ke waktu memang embung ini di jadikan sebagai lokasi penebaran benih ikan. Namun karena pengelolaannya di lakukan oleh masyarakat sekitar, maka pastikan kamu melakukan izin terlebih dahulu sebelum memancing.

3. Wahana permainan air

Wisata satu ini menyediakan wahana permainan air yang tidak kalah seru. Memungkinkan pengunjung untuk berkeliling area embung dengan perahu dan bebek air.

4. Berkemah

Aktivitas lainnya yang bisa di lakukan di Embung Kaliaji adalah berkemah. Untuk areanya sendiri terbilang cukup luas sehingga pengunjung bisa mendirikan tenda di sana. Terlebih saat sore menjelang malam, keindahan pemandangan sekitar membuat Embung Kaliaji menjadi lebih menarik dengan gemerlap lampu.

5. Wisata Kuliner

Akan kurang rasanya jika kamu berkunjung ke Embung Kaliaji namun tidak berwisata kuliner. Pasalnya di pinggiran embung tersedia jejeran warung makan dan kafe. Menyediakan berbagai menu lokal mulai dari soto, bakso, pisang goreng, lele goreng, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Fasilitas wisata Embung Kalliaji

Meskipun tarif tiketnya gratis, namun pengelola di sana tetap menyediakan beragam fasilitas yang cukup lengkap. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar wisatawan merasa betah untuk datang berlama-lama. Adapun beberapa fasilitas diantaranya adalah :

  • Area parkir yang luas
  • Pendopo joglo untuk sekedar beristirahat
  • Kamar mandi
  • Panggung terbuka

Demikian ulasan mengenai daya tarik Embung Kaliaji yang bisa menjadi rekomendasi tujuan wisata saat kamu sedang berada di Jogja. Selamat berlibur !

Baca Juga :

***