Daya Tarik dan Keindahan Puncak Pegunungan Jayawijaya

Cityawesome.com – Puncak pegunungan Jayawijaya. Papua merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki sejuta keindahan. Seperti di antaranya adalah pegunungan Jayawijaya yang termasuk dalam salah satu puncak tertinggi di Dunia. Oleh karena itu tidak heran jika banyak pendaki yang tertarik untuk mencapai puncaknya.

Bagaimana tidak, di puncak Jayawijaya sendiri terdapat gletser abadi yang bahkan menjadi satu-satunya di negara Tropis. Adapun nama lain dari Gletser tersebut adalah Carstensz. Memiliki ketinggian sekitar 4884 Mdpl, ada beragam daya tarik yang bisa di rasakan oleh semua pendaki yang berkunjung.

Lokasi, dan biaya pendakian

Puncak pegunungan Jayawijaya bisa di akses dengan beberapa rute. Yakni rute pertama adalah via PT Freeport yang akan memakan waktu sekitar 2 jam lebih. Kemudian melalui rute Sugapa atau Soagama yang bisa memanfaatkan akomodasi kendaraan umum.

Bahkan untuk biaya pendakian sendiri terbilang tidak sedikit karena harus memenuhi beberapa prosedur yang sudah di tetapkan oleh pengelola demi keamanan bersama.

Daya tarik puncak pegunungan Jayawijaya

Seperti pada penjelasan sebelumnya, ada beragam daya tarik dari puncak pegunungan Jayawijaya. Berikut ini beberapa di antaranya :

1. Gletser di Pulau Tropis

Menjadi salah satu pegunungan tertinggi di Indonesia, Jayawijaya memang terkenal akan aktivitas yang tidak biasa. Selain itu di sanalah kamu akan menemukan gletser abadi yang banyak didengungkan. Hanya saja seiring berjalannya waktu, beberapa lapisan gletser sendiri sudah mulai terkikis akibat pemanasan global. Namun tidak perlu khawatir karena keindahan alamnya bisa di katakan cukup memukau.

Sebagai informasi tambahan, pegunungan Jayawijaya sendiri pertama kali di daki oleh pendaki asal Belanda tepatnya pada tahun 1909.

2. Puncak Tertinggi di Papua

Pegunungan Jayawijaya menjadi puncak tertinggi di Papua. Bahkan saat kamu mendaki hingga atas, maka kamu akan menemukan salju di sana. Namun ada beberapa waktu di mana pendaki di larang untuk mendaki karena alasan cuaca dan keamanan.

Meskipun begitu, mencapai ke lereng pegunungan di sana sudah cukup membuatmu terpukau dan masih alami. Oleh karena itu tidak heran jika pegunungan Jayawijaya sendiri banyak di minati oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

3. Seven Summit

Karena ketinggiannya yang mencapai lebih dari 4 ribu Mdpl sekaligus menjadi puncak tertinggi yang ada di Indonesia. Ada salah satu spot di bagian puncak yang masuk dalam seven summit dunia. Di mana sirkuit tersebut tidak lain adalah komunitas bergengsi dalam dunia mountaineering.

Adapun untuk Seven Summit sendiri ada sekitar 7 untuk total keseluruhan yang ada di dunia seperti Everest, Gunung Denali, Vinson, dan lain-lain.

Aktivitas seru di Puncak pegunungan Jayawijaya

Ada beberapa aktivitas seru yang bisa di lakukan saat sudah mencapai puncak pegunungan Jayawijaya. Adapun salah satu yang tidak boleh di lewatkan adalah pendakian sekaligus menyusuri Lembah Baliem.

Pendakian sendiri menjadi aktivitas paling favorit dan sering di lakukan oleh banyak pengunjung. Meskipun begitu, dari banyaknya pendaki hanya beberapa saja yang bisa mencapai bagian puncak tertinggi. Hal ini di karenakan pendaki membutuhkan stamina dan harus menggunakan pakaian tebal karena dipuncak pegunungan Jayawijaya di selimuti oleh salju.

Namun jika tidak bisa mencapai puncak pegunungan Jayawijaya, maka kamu tidak perlu sedih karena ada beberapa aktivitas lainnya yang menarik untuk dilakukan seperti menyusuri Lembah Baliem.

Lembah Baliem sendiri berada di lereng gunung dengan dataran hijau yang cukup luas. Di sana kamu bisa menemukan beberapa penduduk dengan suku asli Papua.

Memungkinkan pengunjung tidak hanya menikmati keindahan alam saja melainkan juga belajar tentang suku dan budaya daerah Indonesia.

Demikian ulasan tentang puncak pegunungan Jayawijaya. Dapatkan keseruan dan pengalaman yang sulit dilupakan dengan berlibur sekaligus menghabiskan waktu disana.

Baca Juga :

***