Cityawesome.com – Oleh – Oleh khas Papua. Papua merupakan provinsi yang berada di tengah pulau Papua. Di mana pada belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini yang sebelumnya juga merupakan Irian Jaya yang mencakup seluruh wilayah Pulau Papua.

Berjalan – jalan dan berliibur ke Pappua menjadi hal yang menyenangkan. Hal tersebut di karenakan banyak nya objek wisata natural yang menampilkan keindahan alamnya.

Namun tidak hanya berbicara keindahan alam Papua yang tidak ada habisnya, kamu juga bisa membawa oleh – oleh khas Papua yang menarik dan bernilai.

Untuk kamu yang penasaran, berikut ini beberapa oleh – oleh khas Papua yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu bawa pulang setelah berkunjung ke timur Indonesia ini.

1. Kopi Papua

kopi papua

Untuk kamu pecinta kopi, jangan lewatkan untuk membeli kopi khas Pappua untuk dijadikan sebagai oleh – oleh khas. Kopi Papua sendiri memiliki cita rasa yang unik dan nikmat. Bahkan kopi khhas yang satu ini juga di tanam pada ketinggian 1.400 – 2.700 mdpl.

Kamu bisa membeli 3 kopi asli Papua terbaik yang bisa menjadi rekomendasi yakni kopi Amungme, kopi Moanemani, dan kopi Pegunungan Bintang.

2. Lukisan Kulit Kayu Kampung Asei

2. Lukisan Kulit Kayu Kampung Asei

Kamu bisa membawa lukisan kulit kayu kamapung Asei untuk dijadikan oleh – oleh saat berkunjung kesana. Sekilas seperti lukisan biasa, namun di dalamnya memiliki makna dan budaya yang bersejarah.

Lukisan ini biasannya menggunakan binatang sebagai motif. Hanya saja motif awal pada lukisan kayu Asei biasanya berupa ikan, kail, karang, dan tombak.

Selain itu, semua motif pada lukisan kulit kayu memiliki arti mengenai kehidupan masyarakat Asei terutama yang tinggak di pesisir dan memiliki mata pencaharian sebagai nelayan.

Baca Juga:  8 Kota Indah Di Dunia : Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup!

Bahkan biasanya lukisan ini menggunakan pewarna alami yakni buah – buahan, kapur dan arang dengan menggunakan batang tunas kelapa sebagai alat lukis.

3. Alat Musik Tifa

3. Alat Musik Tifa

Menjadi salah satu alat musik yang di jadikan sebagai oleh – oleh khas Papua. Alat musik Tifa bisa menjadi pajangan saat di rumah. Selaian itu kamu juga tidak perlu khawatir karena alat musik ini memiliki berbagai ukuran yang bisa kamu pilih mulai dari yang kecil, sedang, hingga besar.

4. Batik Papua

oleh - oleh khas papua Batik Papua

Pecinta batik sebaiknya tidak ketinggalan untuk berburu batik khas Papua ini. Untuk kamu ketahui, batik asal Papua terbilang unik karena memiliki motif patung khas Papua di lengkapi dengan burung Cendrawasih yang menambah keestetikan batik khas yang satu ini.

5. Tas Noken

oleh - oleh khas papua Tas Noken

Kamu bisa menjadikan tas Noken sebagai oleh – oleh khas Papua. Tas Noken sendiri merupakan tas rajut yang terdiri dari material kayu asli.

Selain itu, tas yang satu ini memiliki ukuran, warna, dan model yang berbeda – beda yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan. Nantinya kamu bisa menggunakan tas yang satu ini sekedar untuk berbelanja. Seperti halnya masyarakat Papua yang menggunakannya untuk menampung hasil belanja pasar.

6. Koteka

oleh - oleh khas papua Koteka

Oleh – oleh terbaik lainnya yang bisa kamu bawa saat berkunjung ke Papua adalah Koteka. Koteka sendiri tidak hanya di gunakan oleh masyarakat Papua sebagai aksesoris namun saat ini Koteka banyak di jadikan sebagai oleh – oleh terbaik yang banyak di cari oleh para wisatawan. Selain itu, Koteka memiliki banyak motof dan di lengkapi dengan hiasan bulu burung.

Nah itulah beberapa oleh – oleh khas Papua yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu bawa ke rumah. Tentunya oleh – oleh khas Papua ini memiliki makna dan arti yang mendalam di sertai dengan desain yang menarik.***