Cityawesome.com – Wisata Puncak Mandeh. Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang bisa menjadi rekomendasi tujuan wisata. Bagaimana tidak, di sana terdapat banyak objek wisata yang populer dan sayang untuk di lewatkan. Salah satu objek wisata yang bisa di jadikan pilihan adalah wisata Puncak Mandeh. Dengan keindahan yang serupa dengan Raja Ampat Papua, objek wisata yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung baik dari lokal maupun dari luar daerah.

Tidak main-main, bahkan Presiden Republik Indonesia yakni Ir Joko Widodo pun terpukau dengan keindahan wisata Puncak Mandeh yang memanjakan mata. Jika kamu penasaran, pada artikel kali ini akan di berikan sedikit review mengenai keindahan wisata Puncak Mandeh yang membuat siapapun jatuh cinta.

Kawasan wisata Mandeh

Untuk kamu ketahui, Puncak Mandeh sendiri merupakan perpaduan antara bukit dan teluk yang di lengkapi dengan pulau-pulau kecil. Keindahan Puncak Mandeh pun terbilang cukup populer tidak hanya di Indonesia bahkan di dunia. Selain itu keindahan objek wisata yang satu ini sering di sama-samakan dengan keindahan wisata Raja Ampat Papua.

wisata puncak mandeh

Nantinya dari Puncak Mandeh, kamu akan bisa melihat gugusan pulau Traju, Sronjong Besar, Sronjong Kecil, Pulau Setan Kecil, hingga Pulau Cubadak. Lebih dari itu, gradasi warna air laut juga melengkapi keindahan objek wisata yang satu ini. Selain itu pada bagian selatan dari kawasan Puncak Mandeh, kamu akan melihat Kampung Carocok yang di sertai dengan tanjung meliuk dan serupa dengan sungai.

Sedangkan pada bagian utara dari kawasan Puncak Mandeh ini, kamu akan melihat beberapa pulau yang melingkar dan berdampingan mulai dari pulau Pagang, pulau Bintangor, pulau Ular, Pulau Marak, dan Pulau Sikuai. Lokasi Puncak Mandeh ini tepatnya berada tidak lebih dari 56km dari kota Padang dan hanya membutuhkan waktu 1 jam untuk bisa menuju lokasinya.

Baca Juga:  7 Destinasi Wisata Sejarah Terpopuler Di Indonesia

Rute wisata kawasan Mandeh

Untuk bisa masuk ke gerbang kawasan Mandeh. Nantinya kamu bisa melalui perjalanan baik lau maupun darat. Selain itu jika naik kapal atau boat, kamu bisa memulai perjalanan dari pelabuhan Bungus, Gaung, Teluk Bayur. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa memulai perjalanan dari Pelabuhan Muara Padang serta Teluk Tarusan.

wisata puncak mandeh

Namun jika ingin melakukan perjalanan via darat, kamu bisa melalui beberapa jalanan alternatif. Di mana ada sekitar 3 jalan alternatif dari 3 ruas jalan yang berbeda.

  1. Alternatif yang pertama yakni dari pasar Tarusan melalui simpang Carocok.
  2. Selanjutnya alternatif yang kedua yakni dari Bungus hingga ke sungai Pinang dan sungai Nyalo.
  3. Alternatif terakhir kamu bisa melewati Carocok dan menyusuri bibir pantai hingga perbukitan dengan jarak 12,5 KM.

Keindahan Pantai Mandeh

wisata puncak mandeh

Pantai Mandeh bisa menjadi salah satu tujuan utama saat kamu berkunjung ke wisata Puncak Mandeh. Dimana pantai ini di lengkapi dengan pasir putih yang lembut dengan air yang jernih. Selain itu nantinya kamu juga bisa melihat pulau kecil yang berjejer di seberang laut. Tidak hanya itu saja, kapal nelayan juga menjadi salah satu pemandangan indah yang bisa kamu lihat di sana.

Demikian beberapa informasi mengenai objek wisata kawasan Puncak Mandeh yang bisa menjadi pilihan untuk berlibur. Selain itu wisata Puncak Mandeh memberikan pengalaman berlibur yang berbeda sehingga kamu bisa menikmati keindahan Raja Ampat di Sumatera.

Baca Juga :

Baca Juga:  5 Tempat Wisata Glamping Terbaik Di Malang, Jawa Timur

***