Daya Tarik dan Aktivitas Wisata Religi Lembah Karmel

Wisata Religi Lembah Karmel – Di Desa Cikanyere, Cianjur, ada Lembah Karmel, tempat umat Katolik beristirahat dan beribadah. Selama lebih dari dua dekade, tempat ini telah menjadi tempat beribadah bagi umat Katolik dari berbagai tempat. Kawasan peribadatan ini berada di dataran tinggi Cianjur, yang terkenal dengan cuacanya yang dingin dan asri. Dengan suasana alam yang tenang dan damai, pengunjung dapat merasakan semangat ibadah yang dalam.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Wisata Lembah Kernel beralamatkan di Jl. Lembah Karmel, Cikanyere, Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43254. Tempat ini selalu terbuka untuk orang yang ingin beribadah atau retret; pengunjung tidak perlu membeli tiket untuk masuk, seperti di tempat ibadah.

Lembah Karmel selalu terbuka setiap hari dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Hari Minggu, ketika ada misa pagi, orang paling banyak datang. Toko Rohani hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu dan buka pagi hingga siang.

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata Lembah Kernel

Katolik mengenal istilah “ordo” atau “tarekat”. Salah satu ordo yang berkembang di Indonesia adalah Ordo Karmel. Lembah Karmel, rumah Ordo Karmel yang sangat terkenal, terletak di Jawa Barat. Di Desa Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, ada Lembah Karmel, tempat umat Katolik beribadah. Karena berada di tengah ketenangan alam, tempat ibadah ini juga populer sebagai tempat pertapaan Katolik.

Romo Yohanes Indrakusuma, imam ordo Karmel, mendirikan Lembah Karmel sebagai tempat ibadah dan pertapaan. Tempat ini dibangun pada tahun 1988. Dengan ketinggian hampir 900 mdpl, perbukitan di utara Cianjur melingkari asrinya. Tempat ibadah ini lebih tenang dari yang lain karena berada di ketinggian. Udara lebih sejuk dan dingin. Selain itu, ada hutan di sekitarnya.

Tidak mengherankan jika pengunjung datang silih berganti saat melewati tempat ini. Kawasannya benar-benar menciptakan suasana yang lebih tenang. Ini semua hasil dari alam di dataran tinggi Kabupaten Cianjur.

Rasa damai yang ada di sini sangat dipengaruhi oleh pepohonan dan flora yang menghiasi area. Area ini seringkali diselimuti kabut tipis di pagi hari, membuatnya lebih tenang. Di depan Gedung St. Theresia yang megah, panorama Kabupaten Cianjur terlihat dari balik pepohonan.

1. Goa Maria

Selain kapel, ada Goa Maria di dalam area. Lokasinya tidak jauh dari kapel utama, sehingga mengingatkan pada Gua Maria di Kuningan. Tempat lain di mana pengunjung dapat berhenti dan berdoa adalah tempat ini. Goa ini berada di atas beberapa anak tangga dan dihiasi semak-semak. Selain itu, ada air suci yang dapat Anda minum langsung. Disarankan agar pengunjung melepaskan alas kaki mereka sebelum berdoa di Goa Bunda Maria ini.

Goa Maria memiliki ketenangan yang sama seperti kapel. Selain itu, lokasi ini berada di luar dan terbuka. Selama mereka berdoa, mereka akan ditemani oleh suara alam, seperti suara burung dan angin. Suara-suara ini akan meningkatkan kesyahduan dan kekhusyukan.

2. Toko Rohani

Kebutuhan rohani terletak di Lembah Karmel. Toko tersebut terletak di lantai dasar Gedung St. Paulus. Lokasinya berdekatan dengan fasilitas kantin. Kedua lokasi terhubung melalui jendela kaca yang memungkinkan pengunjung melihat ke seberangnya. Toko rohani ini menjual berbagai kebutuhan ibadah dan barang-barang rohani untuk orang Katolik. Pengunjung dapat mendapatkan berbagai buku dan CD lagu rohani, serta barang lain seperti patung-patung, salib, dan rosario.

Setelah Anda selesai membeli semua perlengkapan ibadah yang Anda butuhkan, jangan lupa untuk mengunjungi kantinnya. Kantin ini buka secara teratur dan menawarkan berbagai pilihan menu, jadi orang-orang yang ingin makan apa yang mereka butuhkan sebelum pulang.

Fasilitas Wisata Religi Lembah Karmel

Lembah Karmel memiliki fasilitas pendukung seperti area parkir yang luas dan Wisma Philipus. Fasilitas utamanya termasuk kapel, aula utama, toko rohani, dan biara. Selain itu, terbuka untuk retret dan misa rutin diadakan di sini.

Baca Juga :

***