Daya Tarik dan Keindahan Wisata Religi Pura Dalem Puri

Wisatawan harus melewati Pura Dalem Puri, yang terletak di kawasan wisata Besakih, sebelum memasuki Pura Agung Besakih. Umat Hindu dari berbagai daerah sering datang ke tempat ini untuk bersembahyang karena auranya yang tenang dan sakral.

Pengunjung di sarankan untuk mengenakan pakaian adat Bali saat memasuki area pura, atau minimal mengenakan kain kamen dan selendang, serta pakaian yang tertutup. Tempat yang di sakralkan ini memiliki halaman yang luas dan gapura candi bentar yang khas Bali, yang memungkinkan pengunjung untuk membuat foto Instagramable.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Pura Dalem Puri beralamatkan di Jl. Raya Menanga No.11, Besakih, Rendang, Karangasem, Bali , Indonesia, 80863. Saat mengunjungi Pura Dalem Puri, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk dan tidak ada penjaga yang memungut biaya parkir. Tempat ini adalah bangunan suci yang di sediakan untuk umum. Jadi, orang-orang dapat bebas mengunjungi tempat ini jika mereka ingin melihat keindahan.

Setiap hari, wisatawan dapat datang ke Pura Dalem Puri kapan pun mereka mau. Namun, karena banyak orang Hindu yang datang untuk bersembahyang selama hari suci dan hari besar keagamaan Hindu, tempat ini pasti akan penuh.

Daya Tarik dan Aktivitas wisata Pura Dalem Puri

Di bawah kaki Gunung Agung, tempat suci ini berada di lingkungan yang indah. Jalan menuju Pura ini lumayan menanjak, tetapi jalannya bagus dan mulus. Area pura bernuansa hijau dengan pepohonan rindang membuatnya terlihat asri.

1. Pura Tempat Berstananya Dewi Durga

Dalam kepercayaan Hindu, Dewi Durga di anggap sebagai pelebur kejahatan dan pelindung manusia dari malapetaka. Dia sering di gambarkan dalam wujud mengerikan dengan lidah panjang yang menjulur. Sebab tempat suci ini berfungsi sebagai bagian dari upacara kematian di Bali, Pura Prajapati biasanya di letakkan di hulu kuburan, tetapi di Bali, Pura Dalem Puri tidak dekat dengan kuburan.

2. Persinggahan Roh Leluhur

Tidak ada bedanya dengan Pura Dalem Puri di Bali, tempat para keluarga menuntun roh yang telah meninggal untuk disucikan. Setelah jenazah di bakar, upacara di lanjutkan di situs ini. Biasanya, keluarga almarhum datang ke pura ini dalam rombongan. Banyak orang juga datang untuk menghormati orang tua mereka yang sudah meninggal. Semua roh di anggap berkumpul di sini pada hari raya keagamaan untuk ngayah. Jadi, keluarga yang datang biasanya membawa sesuatu untuk dibawa, seperti makanan, rokok, buah, dan sebagainya. Itu seperti memberi buah tangan kepada orang tua, seperti tamu.

3. Penataan Pura

Dari tahun ke tahun, penataan di sekitar Pura DalemPuri meningkat. Tatanan Pura terdiri dari tiga wilayah yang semakin suci, dengan gapura yang dibangun dengan batu vulkanik hitam khas Karangasem Bali. Area di dalam disebut jeroan, dan area di luar disebut jaba sisi. Kawasan Pura tetap sejuk, bahkan di siang hari. karena pepohonan tinggi menghiasi tempat suci ini baik di dalam maupun di luar. Pengunjung akan senang berada di sini karena suasana hangat.

Fasilitas Pura Dalem Puri

Parkir adalah fasilitas pertama bagi pengunjung. Kemudian ada toilet dan tempat sampah. Selain itu, warung-warung dan pedagang asongan sudah ada di luar pura.

Baca Juga :

***