wisata religi Pulau Cangkir

Masing-masing destinasi wisata pasti punya daya tarik tersendiri, termasuk tempat wisata religi Pulau Cangkir. Daya tarik inilah yang akan membuat para wisatawan ingin datang dan kembali lagi untuk berwisata di tempat yang sama. 

Pulau Cangkir juga sering menjadi tujuan wisata religi yang cukup populer. Namun, bukan itu saja daya tarik dari tempat wisata ini. Kamu juga bisa menikmati daya tarik lainnya seperti ulasan berikut ini: 

Bermain di Pantai

Belum afdol rasanya kalau kamu tidak mampir dan bermain di pantai saat ke Pulau Cangkir. Hamparan pasir putih yang ada di pantai ini yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. 

7 Masjid Termegah di Eropa untuk Tujuan Wisata Religi

Bukan cuma indah, pantai yang ada di Pulau Cangkir juga aman untuk bermain atau berenang. Arus ombaknya tidak terlalu deras dan cukup tenang untuk bermain air. Lalu, kamu juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam dari pinggir pantainya. 

Tempat Lelang Ikan Murah

Tempat lelang ikan wisata religi Pulau Cangkir

Destinasi wisata religi Pulau Cangkir bukan vuma terkenal sebagai tempat ziarah saja. Kamu juga bisa menemukan tempat pelelangan ikan yang murah di pulau ini. Kunjungi saja Tempat Pelelangan Ikan (TPI) atau Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di Pulau Cangkir untuk membeli ikan murah. 

Di tempat tersebut, para nelayan biasanya berkumpul untuk melelang berbagai jenis hasil tangkapan laut. Mulai dari ikan kembung, ikan teri, ikan pari, ikan cucut, ikan selar, dan masih banyak lagi. Bahkan, cumi-cumi, udang,dan kerang juga bisa kamu beli di sini dengan harga terjangkau. 

Seluruh hasil tangkapan laut yang dilelang masih segar. Harganya pun jauh lebih murah daripada harga yang ada di pasaran. Lalu, variasi hasil tangkapan laut yang bisa kamu pilih pun lebih banyak. Makanya, beli saja ikan di tempat pelelangan ini. 

Baca Juga:  6 Tempat Wisata Di Belitung: Negeri Laskar Pelangi

Wisata Religi Ziarah Makam di Pulau Cangkir

Pulau Cangkir memang identik dengan wisata religinya. Ada banyak situs makam kuno yang tersebar dan menjadi tempat ziarah bagi para peziarah. Salah satu makam yang terkenal untuk berziarah adalah makam ulama besar Banten, Syekh Waliyuddin. 

Makam beliau sering sekali dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai kota di nusantara. Bahkan, makam tersebut sudah menjadi ikon dan ciri khas dari Pulau Cangkir. Kondisi situs pemakaman Syekh Waliyuddin juga masih bersih dan tidak ada sampah sekalipun. 

Pemandangan Hutan Bakau

Hutan bakau

Di sekitar lokasi wisata religi Pulau Cangkir juga terdapat pemandangan hutan bakau yang cukup luas. Tanaman mangrove yang ada di sepanjang perairan bertujuan untuk mengurangi resiko abrasi pantai. 

Namun, bukan cuma itu saja yang menjadi daya tarik wisata ini. Kamu bisa berfoto di jembatan kayu dengan latar belakang hutan mangrove yang asri. Sembari menikmati semilir angin pantai, kamu juga bisa melihat beberapa jenis burung yang terbang bebas dari tempat ini. 

Wisata Religi Mata Air Keramat Pulau Cangkir

Daya tarik lain yang bisa kamu kunjungi saat berziarah ke Pulau Cangkir adalah mendatangi lokasi mata air keramat. Lokasi mata air ini berada di dekat pantai atau berjarak sekitar 5 meter sampai 10 meter dari pinggir pantai. 

Sumber mata air keramat tersebut berada dalam dua buah sumur. Makanya, tak heran kalau sumur tersebut dijuluki sebagai sumber kembar oleh warga setempat. Air yang ada di sumur ini terjamin bersih dan jernih. 

Baca Juga :

Baca Juga:  Rekomendasi Wisata di Kawasan Dataran Tinggi Dieng

***